Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertumbuhan Dan Perkembangan Serangga Fase Emberiotik (Telur) Dan Struktur Telur Serangga Lengkap

Bentuk-Bentuk Telur Serangga
Perkembangan serangga secara embriogenesis merupakan proses yang di mulai daritelur yang di buahi, proses ini dimulai dari proses perkembangan zygote dan perkembangan individu serangga hingga menetas.

Perkembangan emberiotik pada serangga di bagi dalam berbagaicara, antara lain :
1. Oviparitas
Serangga sebagian besar mengalami perkembangan ovaparitas, serangga biasanya meletakan telur yang telah matang atau di buahi, emberio akan berkembang di luar badan induknya, makanan di sanggup dari kuning telur.

2. Ovoviviparitas
Perkembangan ini telur berkembang dan dibuahi secara normal, telur akan menetas pada badan serangga betina, biasanya serangga yang mengalami perkembanagn ovoviviparitas yaitu jenis aphis, few beetle, thysanoptera.

3. Viviparitas
emberio akan berkembang di dalam badan serangga dan memperoleh makanan pribadi dari induknya, pola : Hymenoptera, namun ada beberapa perkembangan viviparitas mempunyai beberapa bentuk yaitu :

a. Adenoptrophic viviparity
terjadi apabila perkembangan larva yang menetas kurang baik, nutrisi dari milk gland misalnya beberapa diptera.

b. Pseudoplacental viviparity.
terjadi apabila perkembangan kuning telur tidak sempurna, penyaluran nutrisi dari induk melalui placenta biasanya terjadi pada aphid, dermaptera dan psocoptera.

c. Haemocoelous viviparity
terjadi apabila emberio berkembang bebas pada haemolymp betina dengan nutrisi yang diambil secara osmosis, terjadi pada golongan strepsiptera.

4. Partenogenesis
Pada perkembangan ini, biasanya seltelur berkembvang menjadi emberio tanpa adanya pembuahan misalnya : aphid

5. Poliemberioni
perkembangan ini, sel telur berubah menjadi dua  hingga banyak emberio

6. Paedogenesis
Serangga cukup umur memeiliki alat kelamin yang telah matang dan bisa menghasilkan keturunan

7. Hermaprodit
Alat kelamin pada serangga betina dan jantan terdapat pada satu individu.

Struktur Terlur Serangga
Pada umumnya telur serangga berbentuk oval memanjang walaupun beberapa diantaranya berbentuk lain, pada terlur serangga sebagian besar terisis oelh kuning telur untuk makanan emberio, dan lainya terdiri dari cytoplasma dan nukleus. kandungan pada kuning telur  yaitu karbohidrat, protein, dan lipid. cytoplasma terletaqk pada nukleus dan periplasma. telur dilapisi oleh dua membran vetilitine membrandan chiroin. chiroin mempunyai fungsi melindungi kerusakan fisik telur,dari seranga benalu dan untuk ventilasi telur. sel cytoplasmaberupa lapisan tipis yang terletak didalam vitilinemembrane yang disebut periplasma. aeopyle pada serangga berfungsi sebagai pertukaran gas oksigen dan karbondioksida. pada anterior dari chirion terdapat mikopyle yang berdungsi sebagai daerah masuknya sperma pada prosese pembuahan.




Sumber https://minatpedia.blogspot.com/