Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Masakan Khas Riau Yang Sanggup Dijadikan Oleh Oleh

- Berikut ini jenis kuliner Oleh-oleh ciri khas riau yang sanggup anda jadikan oleh-oleh yang sanggup dibawa pulang dari kota Pekanbaru - Riau. Sudah menjadi hal biasa, setiap orang yang melaksanakan liburan kesuatu tempat, biasanya menyempatkan diri mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang ketempat asal mereka supaya sanggup dibagikan baik itu untuk keluarga, sanak saudara, teman maupun tetangga akrab rumah.

Tak Heran, kalau setiap kota mempunyai oleh-oleh ciri khas nya masing-masing, termasuk kota Pekanbaru Riau. Untuk membantu anda dalam menentukan oleh-oleh khas riau, kali ini akan menjelaskan 5 Makanan Khas Riau Yang Dapat Dijadikan Oleh oleh, Berikut Jenis Makanan dan Penjelasanya :

1.Kacang Pukul Bagansiapiapi 

Kacang Pukul ialah salah satu oleh-oleh yang cukup dikenal dan banyak dijadikan buah tangan, terutama Kacang Pukul bermerek HH.

Kacang khas Bagan siapiapi, di mana kota yang juga terkenal dengan wisata budaya berupa ritual Bakar Tongkang ini banyak diproduksi di Jalan Perdagangan No. 45 B, Kelurahan Bagan Kota, Kecamatan Bangko. Industri berskala rumah tangga yang memproduksi kuliner ringan ini sudah ada semenjak 1950-an.

2. Bolu Kembojo 

Bolu Kemojo ialah Makan khas Melayu dari Riau. Kue ini sering disajikan pada hajatan, buka puasa, atau perayaan-perayaan hari besar menyerupai lebaran.

Pada umumnya kuliner ringan elok ini berwarna hijau kecoklatan. Kue ini mempunyai aneka macam variant rasa, mulai dari keju, coklat, kacang merah, pandan dan yang paling terkenal ialah rasa durian.
3. Lempuk Durian
Lempuk durian ini merupakan kuliner olahan tradisional andalan masyarakat Riau dan sekitarnya.


Lempuk durian ini dibentuk dengan materi dasar Durian pilihan yang diperoleh ketika isu terkini durian tiba dan durian tersebut pribadi diperoleh dari pohonnya. Lempuk durian ini juga tidak memakai tambahan buatan melainkan memakai gula pasir murni.

4. Dodol Kedongdong

Kedondong ialah buah yang gampang didapatkan di Kota Rengat, sehingga Rengat dijuluki dengan Kota Kedondong. Dodol Kedondong ialah kuliner khas Riau yang berasal dari Rengat, kuliner ini terbuat dari tepung beras ketan, gula pasir, kelapa dan buah kedondong.

Dodol kedondong berwarna cokelat  kehitaman, aromanya harum, dan rasanya tidak terlalu elok dan juga tidak terlalu asam. Harga Dodol Kedondong dari Rp.15.000,- hingga Rp.20.000,-/Kotak.

5. Kue Bangkit

Kue Bangkit merupakan salah satu kuliner makanan ringan elok yang biasanya dihidangkan pada dikala momen-momen tertentu menyerupai hari raya lebaran. Resep kuliner ringan elok berdiri ini memakai materi dasar tepung kanji dan adonan beberapa materi lainnya.

Bagi anda yang mempunya warta aneka oleh-oleh khas Riau lainya, sanggup share melalui kolom komentar di bawah ini. biar bermanfaat!!

Sumber https://infoanekawisata.blogspot.com/