Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Memperbaiki Speaker Laptop Pecah Dengan Mudah

Suara pecah yang berasal dari speaker laptop tentu sangat mengganggu penggunanya. Apakah ada
cara memperbaiki speaker laptop pecah dengan gampang tanpa harus menggantinya dengan yang baru?.

Pertanyaan tersebut merupakan pengalaman pribadi, ketika saya mengalami dilema bunyi speaker laptop pecah. Ini alasannya yaitu laptop yang saya gunakan yaitu laptop lama.

Meskipun harga ganti speaker laptop tidak terlalu mahal namun ada kekhawatiran apabila suku cadangnya sulit ditemui di pasaran.

Dari hasil pencarian di Google disertai dengan kegigihan dan doa, balasannya bunyi speaker laptop pecah sanggup normal kembali, higienis menyerupai semula.

Untuk itulah saya ingin mengembangkan sedikit pengalaman mengenai cara memperbaiki speaker laptop yang suaranya pecah, melalui artikel ini.

Pengalaman ini mungkin sanggup membantu pengguna laptop lainnya, ketika menghadapi dilema yang serupa.

Sebelum lebih jauh, ada baiknya bila kita mengenal bagian-bagian speaker laptop terlebih dahulu sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini.

Suara pecah yang berasal dari speaker laptop tentu sangat mengganggu penggunanya 2 Cara Memperbaiki Speaker Laptop Pecah Dengan Mudah

Suara speaker laptop yang pecah bahwasanya terjadi alasannya yaitu membran (pengikat antara inti speaker dan dinding spiker) telah mengalami kerusakan. Hal ini terjadi alasannya yaitu membran berfungsi sebagai penahan getaran yang terjadi ketika speaker diaktifkan.

Ketika volume yang dikeluarkan oleh speaker semakin meningkat maka getaran yang terjadi pun akan semakin membesar. Dengan demikian, sisi-sisi bulat membran akan saling tarik menarik guna menahan getaran dari inti speaker.

Kondisi yang terjadi secara terus menerus sanggup merusak dan merobek membran speaker. sampai pada balasannya tidak ada lagi penahan getaran pada inti speaker.

Inti speaker tanpa membran bagaikan sampan yang terombang-ambing ditengah lautan. Tidak ada lagi penahan getaran, sehingga akan terjadi benturan antara inti speaker dan dinding speaker. Kondisi inilah yang menjadi penyebab speaker sember dan menghasilkan bunyi pecah di area speaker.

Dengan mengunci atau menutupi ruang membran memakai perekat atau lem, maka getaran yang terjadi pada inti speaker sanggup tertahan dan tidak lagi membentur dinding speaker.

Apabila terdengar bunyi kresek.. kresek pada speaker laptop yang anda gunakan, maka hampir sanggup dipastikan bahwa membran pada speaker internal laptop rusak telah mengalami sobekan.

Dari hasil penelusuran kebeberapa website, terdapat 2 (dua) cara memperbaiki speaker laptop pecah, yaitu :

  • Menggunakan LEM dan
  • Memakai DOUBLE TAPE

Meskipun memakai lem merupakan cara yang paling banyak digunakan, namun saya lebih menentukan cara kedua yaitu memakai Double Tape.

Agar terlihat perbedaannya, kedua cara memperbaiki speaker laptop pecah tersebut sanggup kita lihat menyerupai di bawah ini :

1.  Memperbaiki Speaker Laptop Pecah Menggunakan Double Tape.

Ini yaitu cara yang saya gunakan. Selain murah dan aman, double tape juga tidak menciptakan rekatan yang  permanen. Sehingga kalau suatu ketika di butuhkan anda sanggup membuka rekatannya kembali dengan mudah.

Dengan berbekal double tape dan sedikit ketelitian, anda juga sanggup mencoba memperbaiki speaker laptop pecah sendiri di rumah.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut :

a. Ketahui terlebih dahulu letak speaker.

Speaker umumnya mempunyai kawasan yang berbeda-beda pada setiap laptop. Tergantung pada desain dan ukuran speakernya. Perhatikan dengan baik dimana letak lobang speaker yang terdapat pada casing laptop.

b. Buka casing epilog Speaker.

Untuk menjangkau speaker, bukalah casing epilog speaker. Pada beberapa tipe laptop (umumnya laptop lama),  anda sanggup dengan gampang membuka casing epilog speaker alasannya yaitu mempunyai desain casing yang terpisah dari casing laptop keseluruhan.

Namun pada beberapa tipe tertentu (khususnya laptop tipe slim), anda mungkin harus membongkar casing secara keseluruhan biar sanggup menjangkau speaker.

Lakukanlah dengan hati-hati dan apabila anda tidak yakin sanggup melakukannya, mintalah pertolongan tenaga andal atau bawalah ke service center terdekat.

c. Potong double tape dengan ukuran yang sesuai.

Ukuran area membaran speaker tidaklah lebar. Oleh alasannya yaitu itu potonglah double tape dengan ukuran lebar ± 0.5 cm dan panjang ± 1 cm.

d. Rekatkan double tape.

Rekatkan satu persatu potongan double tape dengan rapat dan saling menindih satu dengan yang lainnya.

Suara pecah yang berasal dari speaker laptop tentu sangat mengganggu penggunanya 2 Cara Memperbaiki Speaker Laptop Pecah Dengan Mudah


Tempelkan pada seluruh bulat membran speaker sampai tertutup sempurna. Dan pastikan bahwa double tape merekat dengan baik.

e. Test Sound pada speaker.

Lakukan uji coba pada speaker. Mainkan salah satu file audio (lagu) kemudian naikkan volume speaker.

Apabila masih terdengar bunyi pecah atau kresek.. kresek.. pada speaker, lihatlah kembali area tutupan double tape pada membran speaker.

Jika masih ada area yng belum tertutup sempurna, tambahkan potongan double tape dan rekat dengan baik.

f. Tutup casing epilog speaker.

Setelah memastikan bunyi speaker kembali normal, tutup kembali casing epilog speaker menyerupai sebelumnya.

+ Kelebihan
  • Biaya Murah.
  • Rekatan pada speaker sanggup dibuka kembali apabila nantinya diperlukan.

⁻ Kekurangan
  • Daya rekat tidak maksimal.
  • Proses pengerjaan membutuhkan ketekunan.

2. Cara Memperbaiki Speaker Laptop Menggunakan Lem.

Proses pengerjaan relatif sama menyerupai sebelumnya. Yang membedakannya hanya pada jenis materi yang digunakan.

Pada cara yang kedua ini kita akan memakai Lem. Sebaiknya lem yang dipakai mempunyai kekentalan yang cukup dan mempunyai kelenturan ketika mengering. Contohnya yaitu Lem Castol.

Proses pengerjaannya sama yaitu dengan menutupi sekeliling area membran speaker sehingga sanggup menjadi penahan getaran ketika speaker sedang aktif.

Berhati-hatilah ketika mengaplikasikan lem pada area membran speaker. posisikan dengan baik dudukan inti speaker dan tuangkan lem dengan teliti dan perlahan.

Kecerobohan dalam menuangkan lem sanggup menutupi speaker dan mengotori bidang lainnya disekitar speaker.

+ Kelebihan
  • Daya rekat realtif besar lengan berkuasa dan tahan lama

⁻ Kekurangan
  • Rekatan bersifat permanen, sehingga sulit untuk dibuka kembali kalau nantinya diperlukan 
  • Proses pengerjaan membutuhkan ketelitian. Karena kalau terjadi kesalahan dalam proses pemasangan, maka sulit untuk dibuka kembali.


Itulah 2 cara memperbaiki speaker laptop pecah dengan mudah. Masing-masing cara mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Pilihan ada di tangan anda.

Dengan memperbaiki speaker laptop pecah maka anda sanggup kembali menikmati alunan musik yang indah pada laptop kesayangan anda.


Sumber http://www.intiter.com/