Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Melanjutkan Kuliah, Ini 8 Kota Paling Sempurna Untuk Tujuan Kuliah

Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), terutama kelas 3 sudah bersiap untuk menghadapi Ujian masuk perguruan tinggi tinggi, tapi banyak siswa yang merasa awam kemana tujuan untuk melanjutkan kuliah.

Sumber : Instagram

Mempertimbangkan banyak aspek dalam menentukan kota tujuan untuk kuliah, sangat penting. Seperti kualitas kampus, Jurusan, Biaya hidup, lingkungan dan juga tempat-tempat wisata untuk menghilangkan kejenuhan saat kuliah.

Selain menyediakan akomodasi pendidikan ibarat perguruan tinggi tinggi, kota tempat tujuan kuliah harus memenuhi kreteria lain ibarat biaya tempat tinggal terjangkau, saluran transportasi mudah, dan lingkungan yang bersahabat.

kali ini .com akan membahas kota yang layak dijadikan tujuan untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi tinggi.


1. Yogyakarta


Kota satu ini sudah tidak diragukan lagi sebagai kota favorit tujuan kuliah, bahkan dijuluki sebagai kota pelajar, yogyakarta telah melahirkan tokoh-tokoh bangsa ibarat bapak Presiden Republik Indonesia Bapak Joko widodo yang pernah mencar ilmu di Universitas Gajah Mada (UGM).

Kota ini mendukung segala aspek kenyamanan bagi mahasiswa yang ingin menuntut ilmu, banyak sekali perguruan tinggi tinggi terkenal di Yogyakarta baik swasta maupun negeri, ibarat Universitas Gajah Mada, UNY, UII, UMY, UIN Sunan Kalijaga yang menjadi alternatif pilihan perguruan tinggi tinggi. Banyak sekali mahasiswa yang melanjutkan kuliah di kota ini, dari banyak sekali tempat di Indonesia.

Aspek lainnya yaitu transportasi, yogyakarta mempunyai bandara internasional Adi sucipto yang melayani penerbangan baik domestik maupun manca negara. Selain itu Jalur bus ataupun kereta api telah terhubung keseluruh wilayah di pulau Jawa.

Lingkungan yogyakarta ialah lingkungan suku Jawa, yang terkenal halus dan penuh tata krama, aspek budaya masih kental menyelimuti masyarakat yogyakarta, jadi kenyamanan akan terjaga sebab masyarakat yogyakarta yang bertoleransi tinggi dan berprilaku lembut.

Biaya hidup di yogyakarta cukup murah dan terjangkau, selain itu banyak masakan khas ibarat gudeg yang akan menciptakan mu kangen saat berkunjung maupun menuntut ilmu di yogyakarta.

2. Malang


Malang mempunyai 4 universitas terkenal yaitu Universitas Brawijaya, Universitas Malang,  Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Islam Negeri Malang. Ke empat universitas ini menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa, tanpa mengesampingkan universitas lain di malang.

Malang mempunyai udara yang sejuk dan cukup dingin, sebab letaknya di pegunungan, saluran menuju malang sanggup di tempuh memakai bus kecil dari terminal Jombang dengan jalan yang berkelok-kelok ala jalan pegunungan. Jarak tempuh menuju universitas favorit dimalang tersebut juga tidak terlalu jauh, ibarat halnya UM dan UB yang hanya dipisahkan oleh jalan raya, jadi kalian tak usah galau jikalau sedang mengikuti test di malang. Selain itu malang mempunyai bandara Abdul Rahman Saleh yang melayani rute domestik, jadi cukup gampang bukan saluran transportasi menuju malang.

Lingkungan Malang merupakan lingkungan suku Jawa, masyarakat malang sangat baik terhadap pendatang baru, khususnya para wisatawan dan pelajar. Malang terkenal akan wilayahnya wisata, sebab letaknya dekat dengan kota batu, wisata di Malang  ibarat Jatim Park,  Musium angkut, taman bunga selecta sanggup dijadikan alternatif penghilang strees sebab kuliah.

Biaya hidup dimalang tergolong murah, kalian sanggup mencoba banyak sekali alternatif untuk ngekost sendiri atau menyewa kontrakan rumah untuk bersama-sama, banyak alternatif yang sanggup dilakukan untuk berhemat biaya.

3. Surabaya


Sebagai ibukota Jawa timur, Surabaya menjadi kota metropolitan tersibuk kedua sehabis Jakarta. Di Surabaya terdapat universitas-universitas unggulan terkenal ibarat Universitas Airlangga, Universitas Surabaya, Universitas Hang Tuah dan Institut Tekonologi Sepuluh November dan masih banyak lainnya, yang sanggup kalian pilih untuk menjadi calon mahasiswa.

Surabaya menjadi kota yang ideal untuk melanjutkan kuliah, saluran menuju Surabaya pun sangat mudah, terdapat bandara Juanda yang melayani penerbangan intenasional maupun domestik, dan jalur kereta seluruh jawa timur mengarah ke Surabaya. 

Biaya hidup di Surabaya tergolong terjangkau walupun tidak semurah di Yogyakarta dan Malang. Banyak makanan-makanan murah terjangkau yang sanggup kalian cari warung kaki lima, yang sesuai dengan kantong mahasiswa, untuk biaya kost walaupun tidak semurahkota lain, namun hal itu sebanding dengan akomodasi yang ditawarkan kota surabaya, sebagai kota metropolitan.

4. Solo


Solo ialah salah satu kota yang memperlihatkan biaya hidup murah dan amat terjangkau, harga masakan di Solo berkisar 5000-15000. Kota ini menjadi kota favorit bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi tinggi.

Universitas paling terkenal di Solo ialah Universitas Sebelas Maret ( UNS), universitas ini merupakan kampus asri dengan banyaknya pohon yang lebat dan lingkungan kampus yang bersih. Sama hal nya Yogyakarta, Solo merupakan kota budaya, dengan semboyannya spirit of java menjadikannya kota yang kental akan budaya. Masyarakat Solo merupakan masyarakat yang terkenal halus dan beretika baik, menjunjung tinggi tata krama, jadi kota ini sangat nyaman bagi mahasiswa baru.

Setali tiga uang dengan biaya masakan yang murah, biaya kost-kostsan di Solo sangat terjangkau, berkisar antara Rp.300.000- 500.000 perbulan dengan akomodasi yang memadai, murah bukan....., 

Solo mempunyai bandara Adi sumarmo yang melayani penerbangan domestik maupun internasional yang mendukung saluran yang gampang menuju Solo, selain itu jalur kereta dan bus antar kota antar provinsi gampang sekali di temui dan diakses, sebab posisi Solo di tengah-tengah pulau Jawa dilewati jalur kereta kemana saja, baik arah dari Jawa timur maupun Jawa barat.

5. Bandung


Bandung merupakan kota yang terletak di pegunungan dengan udara sejuk dan cukup dingin, Bandung mempunyai universitas-universitas tersohor di Indonesia ibarat Institut  Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjajaran, yang banyak melahirkan tokoh bangsa ibarat BJ, Habiebie. 

Bandung mempunyai Bandara Internasional Husein Sastranegara, yang mendukung transportasi udara baik domestik maupun internasional, selain itu jalur kereta juga banyak yang menuju Bandung, baik dari Jawa Timur, Jawa tengah maupun dari ibukota Jakarta.

Biaya hidup di Bandung cukup terjangkau walaupun tidak semurah di Solo. Rata-rata biaya kost di bandung ialah Rp 500.000 perbulan, selain itu biaya makan juga cukup terjangkau di bandung.  

Wisata di Bandung sanagt banyak dan variatif, seperi gunung tangkuban perahu, kawah putih, maupun alun-alun dengan desain yang sangat bagus.

6. Semarang


Kota Semarang menjadi kota favorit untuk melanjutkan kuliah baik bagi warga Jawa tengah maupun warga dari luar pulau Jawa. Banyak universitas ternama yang sanggup dijadikan alternatif untuk kuliah, ibarat Universitas Diponegoro, Universitas Semarang dan lain sebagainya. 

Alasan lain yaitu biaya hidup yang murah, rata-rata harga masakan disana berkisar antara Rp 8000-Rp 15000, selain itu biaya kost yang terrgolong terjangkau, sekitar Rp 450.000-Rp 600.000 per bulan. Kota semarang mempunyai Bandara Ahmad Yani yang tahun 2018 gres akhir direnovasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi, melayani penerbangan domestik maupun internasional, jalur kereta dan bus di Semarang cukup gampang diakses.

Semarang juga mempunyai banyak tempat wisata populer, salah satunya yang terkenal ialah lawang sewu dan kota usang semarang, jadi semarang sanggup dijadikan alternatif yang cocok untuk meneruskan kuliah.


7. Jember


Jember merupakan kota yang terletak di ujung timur sebelum Banyuwangi di pulau Jawa. kota ini dikelilingi oleh gunung, yaitu gunung argopuro dan gunung Raung, menimbulkan udara di Jember tidak terlalu panas. Jember terletak 5 jam dari ibukota Jawa timur Surabaya.

Universitas paling terkenal di Jember ialah Universitas Jember, kampusnya asri sebab banyak pohon-pohon besar yang bangun tegak. biaya hidup di Jember relatif murah sama halnya Solo, harga masakan di Jember berkisar Rp 5000- Rp10.000, sedangkan harga kost-kostsan berkisar antara Rp 300.000-Rp 500.000 Perbulan.

Jember mempunyai bandara notohadionegoro walaupun hanya melayani rute domestik Surabaya-Jember dan Sumenep-Jember saja. Jalur kereta cukup gampang diakses, baik dari Surabaya, Jogja maupun Purwokerto sudah ada rutenya. 

Suku di Jember didominasi oleh suku Jawa dan Madura yang sangat baik terhadap pendatang dari luar kota maupun luar pulau, untuk kuliah di Jember.


8. Purwokerto


Purwokerto merupakan ibukota dari kabupaten Banyumas, di Purwokerto tedapat Universitas Jendral Soedirman yang menjadi daya tarik mahasiswa gres untuk berkuliah di sana.  Purwokerto terletak di provinsi Jawa tengah dekat dengan kota semarang. 

Biaya hidup di purwokerto cukup murah, kost kostsan disana berkisar antara Rp 350.000- Rp 500.000 per bulan, selain itu sebab letaknya berdekatan dengan gunung Slamet, menimbulkan Purwokerto kota yang sejuk dan asri.


Terimakasih bagi pembaca yang telah membaca artikel dari minatmedia.com. Semoga artikel ini bermanfaat.   


Sumber https://minatpedia.blogspot.com/