Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Print Dengan Wifi Melalui Sharing Printer

Cara print dengan wifi merupakan satu dari sekian hal yang perlu diketahui oleh para pengguna komputer. Terlebih bagi mereka yang berprofesi sebagai karyawan kantoran.

Karena pada umumnya jumlah printer jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah komputer/laptop yang dimiliki oleh karyawan pada sebuah kantor. Sehingga tidak semua meja karyawan akan dilengkapi printer

Bila di meja anda telah disediakan sebuah printer maka sudah seharusnya anda berbangga. Tidak semua pegawai seberuntung anda. Meski demikian tidak perlu berkecil hati bila memang di meja anda tidak terdapat printer.

Anda tidak perlu menyalin file ke dalam flashdisk atau mengangkat laptop untuk mendatangi kabel printer dikala ingin melaksanakan print. Ada cara yang lebih gampang yaitu print dengan wifi melalui sharing printer.

Saat ini hampir sebagian besar kantor mempunyai setidaknya satu buah saluran point wifi. Ini biasanya dipakai untuk membagi koneksi internet yang ada kepada seluruh staf.

Apabila laptop anda terhubung pada saluran point tersebut maka anda sanggup melaksanakan print dengan wifi melalui sharing printer. Atau dengan kata mudahnya menyebarkan printer melalui wifi.

Pada intinya, kita akan memfungsikan komputer atau laptop yang terhubung dengan printer sebagai server. Selanjutnya server inilah yang akan mengatur semoga printer sanggup dipakai juga oleh pengguna lainnya yang berada dalam satu jaringan yang sama.

Ada banyak sekali cara untuk menyebarkan printer. Namun berdasarkan saya, cara sharing printer di bawah ini merupakan cara yang tergolong gampang untuk melaksanakan print melalui wifi. Walaupun printer anda meskipun printer anda belum mempunyai akomodasi wifi.

Sebelum kita sanggup melaksanakan print dengan wifi, ada beberapa tahapan pengaturan yang harus dibuat terlebih dahulu.

Dan anda setidaknya telah mempunyai beberapa persyaratan dasar untuk kebutuhan pengaturan. Beberapa kebutuhan dasar untuk pengaturan sharing printer yaitu:

  • Satu buah saluran point Wifi
  • Sebuah komputer/laptop yang terhubung eksklusif dengan printer (berfungsi sebagai server).
  • Satu buah printer.
  • Satu buah komputer/laptop (sebagai Client)

Jika semuanya telah tersedia, maka langkah selanjutnya ialah mempersiapkan beberapa hal penting di bawah ini :

1. Persiapan Koneksi ke Akses Point Wifi

Hampir sebagian besar kantor biasanya mempunyai koneksi internet. Satu koneksi internet tersebut dibagikan keseluruh staf melalui wireless yang berfungsi sebagai saluran point. Koneksi wifi inilah yang akan kita manfaatkan untuk menyebarkan printer.

Agar sanggup saling terhubung, koneksikan semua komputer atau laptop ke dalam satu saluran point wifi yang sama. Itu artinya kalau ternyata terdapat lebih dari satu saluran point, maka koneksikan semuanya (server dan client) pada saluran point wifi dengan nama yang sama.
Penting untuk diperhatikan bahwa ketika anda mengkoneksikan laptop ke saluran point maka anda harus menentukan Home network pada cuilan Set Network Location.
Dengan cara tersebut nantinya kita dapat menciptakan sebuah jaringan Homegroup melalui mediator saluran point wifi.

Dan selanjutnya, Homegroup tersebutlah yang akan mengatur kekerabatan dan komunikasi antara semua perangkat yang terhubung.

2. Persiapan Printer dan Komputer untuk Server

Dalam artikel ini, Komputer atau laptop yang bertindak sebagai server ialah komputer pembuat Homegroup. Agar lebih gampang dimengerti dan gampang dibedakan, kita namakan saja dengan istilah komputer server.

Makara nantinya kita akan menciptakan Homegroup melalui komputer server dan kemudian membagi printernya ke seluruh Client (perangkat yang terhubung ke dalam jaringan Homegroup).

Sebenarnya pada jaringan Homegroup semua komputer atau laptop yang terhubung, sanggup melaksanakan sharing printer. Namun semoga tidak membingungkan, kita hanya akan menyebarkan printer yang terhubung pada komputer server.

Sebelum melanjutkan pengaturan sharing printer, pastikan anda telah mempersiapkan beberapa hal berikut ini :

  • Driver printer telah terinstall dengan baik pada komputer server.
  • Kabel usb printer telah terhubung dengan baik pada komputer server.
  • Komputer server sanggup melaksanakan print.
  • Komputer  / Laptop server sanggup terkoneksi dengan saluran point wifi.

Apabila semuanya telah siap, kita akan melanjutkan ke tahapan berikutnya.

3. Membuat Homegroup dan Sharing Printer

Agar sanggup melaksanakan print dengan wifi maka tahapan selanjutnya ialah menciptakan Homegroup serta mengatur sharing printer.

Pada cuilan ini terdapat dua pengaturan yang harus dilakukan, yaitu :

- Pengaturan pada komputer server (warna merah)
- Pengaturan pada komputer client (warna biru)

Pada artikel ini, saya memakai sistem Windows 7. Jika anda memakai Windows 8 atau Windows 10 maka caranya tidak akan berbeda jauh.

A. Pengaturan Komputer / Laptop Server

Lakukan beberapa pengaturan pada komputer/laptop server dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

- Memeriksa koneksi wifi pada komputer server
Sejauh ini, saya menganggap bahwa anda telah terkoneksi dengan baik pada saluran point. Namun untuk memastikannya lagi, lakukan langkah berikut ini :

  • Arahkan mouse pada area notifications.
  • Kemudian klik pada icon sinyal wifi.

Jika mengalami kendala, anda sanggup melihatnya pada gambar yang terdapat di poin 2).

- Mengatur Set Network Location pada komputer server
Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa, pastikan anda menentukan Home network pada cuilan Set Network Location. Untuk memastikan dan mengubahnya, ikuti langkah-langkah dengan gambar di bawah ini:

  • Klik sekali lagi icon wifi pada area notifications.
  • Kemudian klik pada Open Network and Sharing Center.

Cara print dengan wifi merupakan satu dari sekian hal yang perlu diketahui oleh para pengg Cara Print Dengan Wifi Melalui Sharing Printer

Setelah itu akan tampil jendela Network and Sharing Center. Di dalamnya terlihat Network Location yang dipakai pada koneksi wifi anda dikala ini.

Pada pola ini, Network Location yang saya gunakan ialah Public network. Agar sanggup melaksanakan sharing printer melalui Homegroup, maka kita harus berada pada Home network.

Untuk mengubah Publik network -- menjadi -- Home network, anda sanggup mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Klik pada tautan yang bertuliskan Public network (seperti terlihat di gambar).

Cara print dengan wifi merupakan satu dari sekian hal yang perlu diketahui oleh para pengg Cara Print Dengan Wifi Melalui Sharing Printer


Kemudian pada jendela Set Network Location pilih dan klik Home network.

Cara print dengan wifi merupakan satu dari sekian hal yang perlu diketahui oleh para pengg Cara Print Dengan Wifi Melalui Sharing Printer

- Membuat Jaringan Homegroup pada komputer server  
Secara default dan otomatis, anda akan di arahkan ke dalam pembuatan Homegroup. Oleh lantaran itu selanjutnya akan muncul jendela Create a Homegroup.

Dalam proses pembuatan Homegroup, anda akan diminta untuk melaksanakan pengaturan sharing di dalam Homegroup. Centang pada tanda printer dan biarkan yang lainnya kosong.

Cara print dengan wifi merupakan satu dari sekian hal yang perlu diketahui oleh para pengg Cara Print Dengan Wifi Melalui Sharing Printer

Kemudian klik Next.

Tunggu sejenak sampai proses pembentukan Homegroup selesai.

Setelah proses pembentukan selesai, anda akan mendapat sebuah password untuk Homegroup yang gres dibentuk.

Cara print dengan wifi merupakan satu dari sekian hal yang perlu diketahui oleh para pengg Cara Print Dengan Wifi Melalui Sharing Printer

Password ini yang nantinya akan dipakai oleh komputer Client dikala akan bergabung ke dalam Homegroup tersebut. Makara catatlah dengan baik password tersebut.

Sampai disini pengaturan komputer / laptop server selesai.

B. Pengaturan Komputer / Laptop Client

Selanjutnya ialah mengatur komputer client semoga sanggup memakai printer yang telah di sharing oleh komputer server. Untuk itu ikuti langkah-langkah di bawah ini :

- Mengatur Network Location Pada Komputer Client
Pertama, Samakan terlebih dahulu pengaturan Network Location yang ada di komputer client dengan Network Location yang dipakai oleh komputer server, dengan cara :

  • Klik icon Sinyal Wifi pada Notification Area di sebelah kanan taskbar.
  • Kemudian klik Open network and sharing center.

Cara print dengan wifi merupakan satu dari sekian hal yang perlu diketahui oleh para pengg Cara Print Dengan Wifi Melalui Sharing Printer

Pada jendela Network and Sharing Center, lihat dan amati pada cuilan View your active networks. Jika statusnya mengatakan Public network maka harus diubah terlebih dahulu menjadi Home network. Bisa dilihat pada gambar.

Pengubahan ini dilakukan semoga komputer server dan komputer client berada dalam satu jaringan yang sama dan sanggup berkomunikasi melalui homegroup.

Untuk mengubah Public network menjadi Home network lakukan langkah-langkah berikut ini :

Klik pada tautan Public network

Cara print dengan wifi merupakan satu dari sekian hal yang perlu diketahui oleh para pengg Cara Print Dengan Wifi Melalui Sharing Printer

Kemudian akan tampil jendela Set Network Location.

Klik Home network yang berada pada pilihan paling atas, sesuai gambar di bawah ini.

Cara print dengan wifi merupakan satu dari sekian hal yang perlu diketahui oleh para pengg Cara Print Dengan Wifi Melalui Sharing Printer

Perlu diperhatikan bahwa kalau pada koneksi wifi laptop / komputer client telah mengatakan status Home network, maka supaya lebih mudah, ubahlah dulu menjadi Publik network kemudian restart komputer client. Ini bertujuan semoga wifi sanggup mendeteksi secara otomatis Homegroup yang gres saja kita buat pada komputer server.
Setelah anda melaksanakan klik pada Home network, sistem selanjutnya akan mencari homegroup yang berada dalam jaringan.

- Pengaturan Join a Homegroup Pada Komputer Client
Tunggu sejenak sampai tampil jendela Join a Homegroup, Di dalamnya terdapat lima buah checkbox, yang sanggup anda gunakan untuk keperluan menyebarkan file dan printer.

Kosongkan saja  jika anda tidak ingin menyebarkan file dan printer ke pengguna lainnya yang ada di dalam homegroup. Namun kalau memang dibutuhkan, anda sanggup memberi tanda centang pada checkbox sesuai dengan kebutuhan.

Cara print dengan wifi merupakan satu dari sekian hal yang perlu diketahui oleh para pengg Cara Print Dengan Wifi Melalui Sharing Printer

Untuk dikala ini, biarkan saja checkbox tersebut dalam keadaan kosong. Klik Next untuk melanjutkan.

- Memasukkan Password Homegroup Pada Komputer Client
Berikutnya akan muncul jendela untuk memasukkan password Homegroup. Ketik password yang sebelumnya telah kita dapatkan pada komputer server (lihat password sebelumnya).

Cara print dengan wifi merupakan satu dari sekian hal yang perlu diketahui oleh para pengg Cara Print Dengan Wifi Melalui Sharing Printer

Klik Next untuk melanjutkan.

Sistem Windows akan menghubungkan komputer / laptop client ke dalam homegroup yang telah kita buat. Tunggulah sejenak sampai proses selesai.

Berikutnya akan tampil jendela pemberitahuan bahwa anda telah tergabung ke dalam Homegroup. Klik Finish untuk mengakhiri pengaturan.

Sejauh ini pengaturan Homegroup pada komputer client telah selesai.

C. Pengaturan Printer Pada Komputer / Laptop Client

Selanjutnya kita akan melaksanakan pengaturan printer. Untuk memastikan apakah printer pada komputer server telah terhubung, kita sanggup melihatnya di dalam Devices and Printers di Control Panel. Untuk itu lakukan langkah-langkah berikut :

  • Klik Tombol Start dibagian kanan Taskbar
  • Kemudian pilih dan klik pada Devices dan Printers pada Start Menu.

Cara print dengan wifi merupakan satu dari sekian hal yang perlu diketahui oleh para pengg Cara Print Dengan Wifi Melalui Sharing Printer

Seharusnya telah terdapat penambahan printer gres yang merupakan printer yang terhubung eksklusif dengan komputer server.

Cobalah periksa dengan seksama, apakah printer yang terhubung pada komputer server sudah terlihat dalam daftar printer?.

Pada artikel ini, saya memakai printer Canon MP230 yang terhubung pada sebuah laptop (server) dengan nama komputer PANDI-PC.

Makara pada intinya, Laptop PANDI-FC terhubung eksklusif dengan printer Canon MP230 dan membagi printernya melalui Homegroup dengan mediator saluran point wifi.

Anda sanggup melihat detailnya pada gambar di bawah ini.

Cara print dengan wifi merupakan satu dari sekian hal yang perlu diketahui oleh para pengg Cara Print Dengan Wifi Melalui Sharing Printer


Sekarang saatnya untuk melaksanakan Test print dengan wifi melalui komputer Client. Untuk melakukannya ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Klik kanan pada Printer yang ada di dalam homegroup (dalam pola ini Canon MP230).
  • Kemudian Klik pada Printer properties.

Cara print dengan wifi merupakan satu dari sekian hal yang perlu diketahui oleh para pengg Cara Print Dengan Wifi Melalui Sharing Printer

Selanjutnya akan tampil jendela Properties dari Canon MP230.

Untuk melaksanakan test print, klik pada tombol Print Test Page.

Cara print dengan wifi merupakan satu dari sekian hal yang perlu diketahui oleh para pengg Cara Print Dengan Wifi Melalui Sharing Printer


Jika berhasil, kini saatnya tersenyum. Anda telah sukses melaksanakan print dengan wifi.

4. Mengatasi Masalah dikala Sharing Printer

Apabila belum berhasil, cobalah untuk menganalisa beberapa hal di bawah ini. Mungkin salah satunya sanggup membantu anda, yaitu :

- Komputer Client Tidak Mendeteksi Adanya Homegroup.
Hal ini sanggup saja terjadi lantaran sistem masih membutuhkan waktu untuk berkomunikasi dengan komputer lainnya di dalam homegroup.

Kondisi ini juga sanggup disebabkan oleh kualitas sinyal wifi atau efek lainnya pada saluran point. Jika ini terjadi lakukan langkah langkah berikut :

  • Pastikan komputer server dan komputer client berada dalam koneksi saluran point yang sama.
  • Pastikan menentukan Home network pada cuilan active networks di komputer client.
  • Putuskan sejenak koneksi wifi pada komputer client kemudian sambungkan kembali koneksi wifi.
  • Restart komputer Client atau Server.
  • Pastikan Diagnostic Policy Service dalam status Running. Anda sanggup memeriksanya melalui MSCONFIG.

- Printer Tidak Terdeteksi Pada Devices and Printers di Laptop Client
Kondisi ini biasanya berkaitan dengan persoalan Driver. Pada proses sharing printer, sistem akan mencari tahu apakah Driver Printer telah terinstall atau belum di komputer client.

Apabila belum maka sistem pada komputer client akan terlebih dahulu melaksanakan penginstalasian driver, dengan mengambil data driver yang terdapat pada komputer server atau melalui internet. Hal ini tentunya membutuhkan waktu.

Jika printer pada komputer server tak kunjung muncul dalam Devices and Printers, maka lakukan langkah-langkah berikut :

  • Matikan terlebih dahulu printer yang ada pada komputer server, restart server kemudian hidupkan ulang printer.
  • Buka Devices and Printers, kemudian klik Add a printer yang terletak pada toolbar cuilan atas.
  • Selanjutnya klik Add a network, wireless or Bluetooth printer.
  • Lihat hasil pencarian dan pilihlah printer yang sesuai dengan printer pada server.
  • Jika anda memakai dua versi Windows yang berbeda, contohnya 32 bit dan 64 bit, sebaiknya install driver terlebih dahulu secara manual pada komputer client. Pastikan driver tersebut sesuai dengan versi Windows yang dipakai pada komputer client.

Demikianlah uraian tentang cara print dengan wifi melalui sharing printer. Saya menyertakan banyak gambar dengan keinginan sanggup membantu memudahkan bagi siapa saja yang ingin mencobanya.

Agar nantinya kita sama-sama sanggup melaksanakan print dengan wifi tanpa harus mendekatkan laptop pada printer.

Jika masih mengalami kendala, anda sanggup meninggalkan pesan pada kolom komentar yang terdapat dibagian bawah artikel.


Sumber http://www.intiter.com/