Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Info Pantai Baron, Rute, Lokasi, Harga Tiket Masuk, Jam Buka Dan Tips

 yang populer mempunyai gugusan pantai dengan pemandangan mempesona Info Pantai Baron, Rute, Lokasi, Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Tips

Updated -.  Gunung Kidul merupakan Kabupaten di Jogja yang populer mempunyai gugusan pantai dengan pemandangan mempesona. Bagi sebagian wisatawan, pantai di Gunung Kidul yang mempunyai pemandangan indah yaitu Pantai Indrayanti.

Padahal masih terdapat banyak sekali pantai dengan pemandangan yang tak kalah indah dari Pantai Indrayanti lho, salah satunya yaitu Pantai Baron.

Walaupun pemandangan di pantai ini masih kalah dengan Indrayanti, namun Pantai Baron mempunyai keunikan tersendiri yang memikat hati wisatawan.

 yang populer mempunyai gugusan pantai dengan pemandangan mempesona Info Pantai Baron, Rute, Lokasi, Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Tips 
pemandangan dari atas tebing. foto : @anto_njepretnyuk





Apa yang Menarik di Pantai Baron ?

Pantai Baron mempunyai karakteristik pasir coklat kehitaman mirip dengan Pantai Parangtritis, selain itu ombak di Pantai Baron juga terbilang cukup besar walaupun bentuknya ibarat teluk.

 yang populer mempunyai gugusan pantai dengan pemandangan mempesona Info Pantai Baron, Rute, Lokasi, Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Tips
mercusuar di pantai baron. foto : @acong_afit

Pantai Baron sanggup dibilang salah satu pantai unik di Jogja alasannya di tempat wisata ini kita sanggup menemukan dua jenis air, yaitu air asin dan air tawar yang berasal dari anutan sungai di pinggir pantai.

Tak sekedar anutan sungai biasa, anutan sungai ini terletak di sebelah barat Pantai Baron dimana pribadi mengalir kearah laut.

Uniknya, setiap 5 tahun sekali anutan sungai di Pantai Baron akan berubah arah, yaitu mengalir ke timur terlebih dahulu (membelah pasir pantai) sebelum bermuara di laut.

Sama halnya dengan beberapa pantai di maritim jawa, setiap hari 1 Syura di Pantai Baron selalu diadakan upacara sedekah maritim sebagai rasa terima kasih dari masyarakat setempat atas panen ikan yang melimpah.

 yang populer mempunyai gugusan pantai dengan pemandangan mempesona Info Pantai Baron, Rute, Lokasi, Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Tips 
senja di pinggir pantai. foto : @ganefdwiyudono

Selain menjadi tempat wisata favorit di Jogja, Pantai Baron juga menjadi Pusat Pelelangan Ikan (TPI) di Gunung Kidul, jadi jangan heran ketika kau memasuki daerah pantai akan terdapat banyak sekali bahtera nelayan yang terparkir.

Tak hanya itu saja, Pantai Baron juga menjadi salah satu tempat untuk berburu kuliner di Jogja, di tempat wisata Gunung Kidul ini terdapat banyak sekali warung yang berjejer memperlihatkan banyak sekali macam menu.

Makanan di daerah Pantai Baron lebih didominasi oleh seafood, sangat cocok bagi kau pecinta masakan maritim mirip lobster, kepiting, ikan dan udang.

Karena ombak di Pantai Baron terbilang cukup besar, jadi bagi kau yang ingin berenang dibutuhkan untuk tetap hati-hati ya, biar lebih kondusif kau sanggup berenang di sungai air tawar pinggir pantai.

Berbeda dengan Pantai Parangtritis, di Pantai Baron tidak mempunyai mitos wacana pakaian berwarna hijau, jadi kau tidak perlu takut apabila tiba kesini ketika menggunakan pakaian hijau.

Pemandangan di Pantai Baron terbilang cukup indah, terutama jikalau kau naik di tebing sebelah timur pantai, dari atas tebing tersebut kita sanggup melihat seluruh daerah Pantai Baron, kerennya lagi diatas tebing ini juga terdapat mercusuar lho.

Dari atas mercusuar kita sanggup melihat Pantai Baron yang terlihat kecil dengan perbukitan disekelilingnya, jikalau kita melihat ke timur, kita sanggup melihat gugusan pantai lainnya, terutama Pantai Kukup yang hanya dipisahkan oleh tebing kars saja.

Selain itu, di tebing sebelah kiri Pantai Baron juga sudah dilengkapi dengan beberapa spot foto gardu pandang, mirip gardu pandang berbentuk ujung kapal dan bentuk LOVE yang tentunya akan menciptakan fotomu semakin terlihat keren


NOTE :
Jika kita lebih teliti, ketika melihat kearah timur kita akan melihat sebuah pantai kecil sempurna diujung tebing, pantai kecil tersebut mempunyai pasir berwarna putih dengan ombak yang cukup besar, pantai kecil ini sanggup kau kunjungi dengan berjalan kaki menyusuri bukit dan ladang warga.

 yang populer mempunyai gugusan pantai dengan pemandangan mempesona Info Pantai Baron, Rute, Lokasi, Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Tips
pantai kecil di sebelah bukit.

Bukit sebelah timur Pantai Baron ini juga biasa dipakai sebagai jalur trekking dan camp ground, jadi bagi kau yang ingin menginap, sanggup mendirikan tenda diatas bukit tersebut.

Tak cuma tebing sebelah timur saja yang menarik untuk kita kunjungi, tapi tebing sebelah barat juga sangat wajib untuk kita daki.

Di tebing sebelah barat terdapat sebuah tempat yang dipakai sebagai lokasi pembangkit listrik dengan tenaga alam berjulukan Baron Techno Park.

Untuk menuju ke Baron Techno Park ini kita sanggup melalui jalur sempurna sebelum Pos Retribusi Pantai Baron, disitu terdapat pertigaan jalur menanjak, nah ikuti saja jalur tersebut hingga kau hingga di lokasi.

Atau biar tidak tersesat kau sanggup bertanya ke petugas Pos Retribusi mengenai lokasi Baron Techno Park tersebut, tapi jangan bertanya mengenai lokasi jodohmu ya, alasannya petugas itu tidak tahu.

Di Baron Techno Park kita akan menemukan banyak sekali jenis peralatan yang dipakai untuk mengubah tenaga surya menjadi listrik, mirip panel surya (solar cell) hingga jam matahari yang berfungsi sebagai penunjuk waktu dengan cahaya matahari.

Baron Techno Park juga sangat cocok untuk menghabiskan senja disekitar Pantai Baron.

 yang populer mempunyai gugusan pantai dengan pemandangan mempesona Info Pantai Baron, Rute, Lokasi, Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Tips
jam matahari di baron techno park. foto : @wahyuardian

Baca Juga :
Pantai Goa Cemara, pantai fotogenik di Jogja



Sejarah Nama Pantai Baron

Nama Baron berasal dari nama seorang darah biru asal Belanda yang berjulukan Baron Skeber. Bangsawan tersebut pernah mendaratkan kapalnya di salah satu pantai di maritim selatan tepatnya di pantai yang ketika ini populer dengan sebutan Pantai Baron.






Fasilitas :
  • Warung Makan
  • Toilet
  • Tempat Parkir
  • Camp Ground
  • Gardu Pandang
  • Mercusuar
  • Toko Souvenir
  • Dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Pantai Baron :
Rp. 10.000/orang

Mercusuar :
Rp. 5.000/orang

Naik Keatas Bukit :
Retribusi seiklasnya


Akomodasi (Penginapan)
Sudah terdapat beberapa penginapan di sekitar Pantai Baron, untuk lebih terperinci mengenai lokasinya kau sanggup bertanya ke pemilik warung atau warga sekitar, namun jikalau kau ingin yang lebih murah, kau sanggup camping di bukit sebelah timur pantai.



Lokasi Pantai Baron:

  • Alamat ; Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
  • 60 Km dari Pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Nasional III (1 jam 39 menit)
  • 60 Km dari Stasiun Lempuyangan melalui Jl. Nasional III (1 jam 39 menit)
  • 56 Km dari Bandara Int. Adisucipto melalui Jl. Nasional III (1 jam 28 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jikalau tidak ada kendala)




Rute Menuju Pantai Baron Jogja

Akses menuju Pantai Baron sanggup dibilang cukup mudah, dan sanggup ditempuh menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi.

#Transportasi Umum
Jika kau menggunakan transportasi umum, dari Terminal Giwangan kau tinggal naik bus jurusan Jogja-Wonosari, dilanjutkan dengan naik mini bus yang melewati Pantai Baron.

#Kendaraan Pribadi
Sedangkan jikalau kau menggunakan kendaraan pribadi, dari Jogja kau tinggal menuju kearah Wonosari saja, sudah terdapat banyak petunjuk arah menuju Pantai Baron, tinggal ikuti saja petunjuk tersebut.





Tips Saat Mengunjungi Baron Beach :

  • jika kau tiba disaat waktu yang tepat, 5 tahun sekali anutan sungai air tawar di pantai ini akan berubah arah dengan membelah horizontal pasir pantai.
  • karena ombaknya cukup besar jadi kau harus berhati hati ketika berenang.
  • terdapat tempat penyewaan ban dan pelampung bagi kau yang tidak sanggup berenang, jadi tidak perlu kawatir. 
  • jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan
  • lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi terutama motor alasannya jalurnya yang sempit dan berkelok-kelok.







Wisata Terdekat Dari Pantai Baron (- 1 Jam):

Pantai Kukup (4 menit)

Pantai Sepanjang (9 menit)

Pantai Drini (10 menit)

Pantai Krakal

Pantai Indrayanti

Pantai Siung

Pantai Parangtritis

Pantai Depok



Sumber https://www.brobali.com/