Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Google Drive Dan Alasan Menggunakannya

Apa itu Google Drive? Itulah yang terlintas dalam benak saya ketika pertama kali mendengar istilah Google Drive. Pertanyaan yang sama mungkin juga pernah ada di dalam benak anda.

Untuk menghapus ketidaktahuan yang mungkin sanggup menepis keraguan, ada baiknya bila kita sama-sama mencari tahu, apa gotong royong Google Drive itu?

1. Apa itu Google Drive

Google Drive ialah layanan penyimpanan file secara online yang diluncurkan oleh google semenjak 24 April 2012 lalu. Melalui layanan ini, google menyediakan media penyimpanan online yang sanggup dipakai untuk menyimpan aneka macam file sesuai dengan kebutuhan.

Kita tentunya sudah terbiasa dengan media penyimpanan konvensional ibarat hardisk atau flashdisk. Namun bagaimana halnya dengan media penyimpanan online?.

Untuk sanggup mengakses file pada media penyimpanan konvensional, anda setidaknya harus membawa hardisk maupun flashdisk kemanapun pergi.

Berbeda jikalau anda memakai layanan penyimpanan Google Drive. Cukup sekali anda menyimpan file pada Google Drive, maka file tersebut nantinya sanggup anda kanal dari mana saja, selagi masih berada dalam jangkauan jaringan internet.

Anda sanggup mengakses file yang tersimpan pada Google Drive melalui komputer, tablet, maupun ponsel cerdas yang anda miliki.

Artikel terkait  :  Cara Menggunakan Google Drive Praktis dan lengkap

2. Alasan Menggunakan Google Drive

Setelah mengetahui perihal  apa itu Google Drive, maka selanjutnya akan muncul beberapa pertanyaan lainnya.

Dari sekian banyak pertanyaan, setidaknya ada dua pertanyaan penting yang sanggup menjadi materi pertimbangan sebelum memakai Google Drive, diantaranya ialah sebagai berikut :

a. Mengapa menentukan Google Drive

Ini merupakan pertanyaan dasar dari seorang calon pengguna, ibarat saya. Adanya aneka macam kelebihan serta banyaknya fitur yang ditawarkan oleh Google Drive menjadi balasan atas pertanyaan tersebut.

Google Drive menyediakan layanan penyimpanan dengan versi gratis maupun berbayar. Jika anda ialah pengguna Google+ Foto dan Gmail, anda sanggup eksklusif memakai layanan Google Drive secara gratis dengan kapasitas sebesar 15 GB.

Pengguna Chromebook akan memperoleh kapasitas sebesar 100 GB yang sanggup dipakai secara gratis selama 2 tahun.

Artikel terkait  :  2 Chromebook Terbaik Yang Layak Anda Beli

Apabila dirasa tidak mencukupi, anda sanggup menambah kapasitas penyimpanan dengan memakai versi berbayar dari Google Drive. Terdapat beberapa paket yang sanggup dipilih jikalau anda membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Daftar paket dan tarifnya sanggup anda lihat pada tabel di bawah ini :
KAPASITASHARGAJANGKA WAKTU
15 GBGratis-
100 GB$1.991 Bulan
1 TB$9.991 Bulan
10 TB$99.991 Bulan
20 TB$199.991 Bulan
30 TB$299.991 Bulan
Dengan versi gratis sebesar 15 GB, anda sanggup mulai mecoba menyimpan file-file yang diinginkan. Google drive mendukung penyimpanan untuk bermacam-macam jenis file, mulai dari foto, presentasi, PDF, video sampai Microsoft office. Semuanya akan tersimpan kondusif di Google Drive.

 Itulah yang terlintas dalam benak saya ketika pertama kali mendengar istilah Google Drive Apa Itu Google Drive dan Alasan Menggunakannya

Tidak hanya menyediakan ruang penyimpanan secara online, Google Drive juga telah dilengkapi dengan bermacam-macam aplikasi yang sanggup anda gunakan untuk aneka macam kebutuhan.

Anda sanggup mengedit Dokumen dan Spreadsheet, menciptakan pesentasi memakai Slide, menciptakan formulir sampai mengelola gambar. Setidaknya ada lebih dari 100 aplikasi Drive yang akan membantu melaksanakan banyak hal dengan file anda.

b. Pentingnya Layanan Google Drive

Ada aneka macam alasan mengapa kita perlu mengetahui apa itu Google Drive dan mengapa harus menggunakannya. Namun dari sekian banyak, setidaknya terdapat 2 alasan utama mengapa kita memerlukan layanan Google Drive, yaitu :

- Kemudahan Akses File

Kemudahan kanal file merupakan fitur utama dari layanan Google Drive. Dimanapun berada, anda tetap sanggup mengakses, membuka, mengedit dan menyimpan kembali file-file yang sebelumnya telah anda letakkan pada layanan penyimpanan Google Drive.

Saya teringat pengalaman yang terjadi di sekitar tahun 2005 - 2006. Layanan penyimpanan online belum begitu terkenal ibarat kini ini. Saat itu Pimpinan sedang berada diluar kota untuk menghadiri rapat, dengan bahan-bahan presentasi yang telah dipersiapkan dan disimpan di dalam flashdisk.

Dan duduk perkara pun terjadi. Ketika rapat akan dimulai, sang Pimpinan gres menyadari bahwa flashdisk yang sebelum telah dipersiapkan tenyata tertinggal di kantor. Untuk mengantarkan flashdisk diperlukan waktu 8 jam.

Mengirimkan file melalui lampiran email tidak dimungkinkan mengingat lokasi kantor berada di kawasan pedalaman dengan koneksi internet yang tidak stabil. Dan kebetulan ketika itu koneksi sedang mengalami gangguan.

Lantas, apa yang akan anda lakukan? Bagaimana jikalau anda mengalami hal serupa?

Jika sebelumnya anda sudah mengenal apa itu Google Drive, mungkin anda tidak akan mengalami hal serupa.


Cukup dengan menyimpan file yang diinginkan pada Drive, maka selanjutnya anda sanggup dengan gampang mengaksesnya dari bagian dunia manapun, tanpa terbatas ruang dan waktu. Tentunya selama anda mempunyai jaringan internet.

-. Kemudahan Berbagi File

Fitur ini menjadi salah satu alasan mengapa anda perlu dan harus memakai layanan Google Drive. Dengan menyimpan file pada Google Drive, anda sanggup dengan gampang membaginya kepada orang-orang yang anda inginkan.

 Itulah yang terlintas dalam benak saya ketika pertama kali mendengar istilah Google Drive Apa Itu Google Drive dan Alasan Menggunakannya

Google Drive memungkinkan anda mengundang orang lain untuk melihat, memberi komentar atau bahkan mengedit file atau folder yang telah anda tentukan.

3. Keamanan File pada Google Drive 

Ini ialah hal utama dan paling diperhatikan oleh layanan Google Drive. Faktor keamanan merupakan bab terpenting dari layanan penyimpanan online.

Google Drive menjamin bahwa file tetap kondusif meskipun terjadi sesuatu pada komputer, tablet maupun ponsel cerdas yang anda miliki.

Tidak perlu khawatir dengan sistem keamanan. Google Drive dienkripsi dengan SSL, yaitu Protokol keamanan yang juga dipakai pada Gmail dan layanan Google lainnya.

Untuk lebih memahami sisi keamanan Google Drive, anda sanggup eksklusif mempelajarinya pada Drive Help milik Google Drive.

Itulah beberapa hal yang perlu kita ketahui perihal apa itu Google Drive dan alasan menggunakannya? Mulailah untuk mencoba Google Drive kini juga dan mudahkan aktifitas anda dengan layanan penyimpanan online dari Google.


Sumber http://www.intiter.com/