Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Alam Kampung Wisata Geopark Ujung Bulu Maros

Wisata Alam Kampung Wisata Geopark Ujung Bulu Maros - Wisata alam bukan lagi hal yang tersembunyi dikalangan milenial, dimana untuk mengunjungi tempat-tempat yang hits anda hanya perlu membuka instagram dan melihat aneka macam foto menarik beserta pembahasan wacana daerah menarik tersebut, temapat yang biasa dipamerkan yaitu air terjun, puncak gunung, gua, dan juga perkampungan yang asri,alami dan unik sekarang sudah dijadikan sebagai destinasi wisata. Salah satu perkampungan yang sekarang di expose sebagai daerah wisata itu berjulukan Kampung Wisata Geopark Ujung Bulu yang terletak di Dusun Ujung Bulu, Desa Bontolempangan, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.
Wisata Alam Kampung Wisata Geopark Ujung Bulu Maros Wisata Alam Kampung Wisata Geopark Ujung Bulu Maros
Pemandangan Landscape Dusun Wisata Geopark Ujung Bulu Maros
Desa Wisata Geopark Ujung Bulu ini dapat kita nobatkan sebagai nirwana tersembunyi yang menyimpan banyak sekali keindahan. Apa yang menciptakan desa wisata ini menarik ? yah desa ini menunjukkan anda banyak pengalaman yang tak terlupakan kalau anda mengunjunginya menyerupai pemandangan alami pedesaan, pemandangan tambak (empang) dan pematangnya bahkan kalau anda beruntung anda dapat melihat penduduk sekitar menangkap ikan dan udang bersama belum dewasa mereka, suasana menyerupai itu gotong royong dapat anda temui di Wisata Alam Rammang-Rammang yang juga bertetangga dengan kampung wisata ujung bulu ini.
Wisata Alam Kampung Wisata Geopark Ujung Bulu Maros Wisata Alam Kampung Wisata Geopark Ujung Bulu Maros
Papan Ucapan Selamat Datang di Desa Wisata Ujung Bulu "Lestari Alam dan Desaku"

Namun yang membedakan daerah ini dengan rammang-rammang yaitu desa wisata ujung bulu ini mempunyai labirin kerikil alami yang terbentuk dari bebatuan karst ciri khas maros, untuk mengunjungi labirin kerikil ini, anda perlu berjalan sekitar kurang lebih 5-10 menit dari daerah parkir , anda akan berjalan melalui pematang tambak (empang) kemudian menuju ekspresi gua yang di dalamnya yakni labirin indah,alami dan cocok untuk menjadi spot foto.
Wisata Alam Kampung Wisata Geopark Ujung Bulu Maros Wisata Alam Kampung Wisata Geopark Ujung Bulu Maros
Papan Penunjuk Arah ke Batu Dambo, Labirin Alam dan Istana Karst

Objek hunting lain yang dapat anda temukan di ujung bulu ini yaitu view landscape labirin gres dari depan nampak menyerupai istana karst yang megah, kalau anda berfoto sendiri di depannya anda akan nampak menyerupai raja yang menguasai istana karst tersebut.

Sekarang kampung wisata ujung bulu ini dikelola oleh masyarakat sekitar yang menamakan diri mereka "PAPA CARLOS" yang merupakan kependekan dari "Pemuda-Pemudi Pemerhati Karst Bontolempangan Maros" dan kebetulannya yang mengkoordinir seluruh aktivitas PAPA CARLOS ini juga berjulukan Carlos yang sering kami sapa sebagai Pak Carlos saat berkunjung ke desa wisata ujung bulu.
Wisata Alam Kampung Wisata Geopark Ujung Bulu Maros Wisata Alam Kampung Wisata Geopark Ujung Bulu Maros
Spot Foto di Labirin Karst di Desa Wisata Ujung Bulu Maros

Untuk berkunjung ke desa wisata ujung bulu ini darimana pun anda berada anda harus melaksanakan perjalan ke kabupaten maros, sehabis itu dari maros kota anda dapat menempuh desa wisata ujung bulu ini dengan 2 jalur. 

Jalur pertama anda dapat melanjutkan perjalanan anda ke jalur rammang-rammang, sehabis itu anda akan menemukan jalur bercabang kalau ke kiri anda akan ke dermaga 2 rammang-rammang, dan kekanan anda akan ke desa wisata ujung jalan saja terus namun perjalan disini sangat ekstrim kalau hujan sebab anda akan melewati pematang sawah, kalau anda merasa ragu dan merasa tersesat silahkan pakai GPS (Gunakan Penduduk Sekitar) tanyakan jalurnya, tapi untuk menjadi patokan awal anda diatas gunung karst ada bendera merah putih yang dapat dilihat dari daerah parkir motor.

Jalur kedua dapat anda tempuh lewat jalur tonasa 1 pangkep ke jalur dusun majannang maros, jalanan disini lebih ramah motor sebab jalanan disini yakni jalan beton, patokannya yakni SD (Sekolah Dasar), kalau anda sudah menemukan gedung sekolah atau SD silahkan ikuti jalurnya yang eksklusif tembus di daerah parkir, dan sekali lagi kalau anda merasa ragu dan merasa tersesat silahkan pakai GPS (Gunakan Penduduk Sekitar) tanyakan jalurnya.

Wisata Alam Kampung Wisata Geopark Ujung Bulu Maros Wisata Alam Kampung Wisata Geopark Ujung Bulu Maros
Landscape Istana Karst Desa Wisata Ujung Bulu Kabupaten Maros
Sekedar info sebelum saya menutup goresan pena ini, wisata ujung bulu ini mempunyai nilai wisata yang sangat tinggi untuk seluruh kalangan maka dari itu admin aneka wisata nusantara yang merupakan member komunitas jalan-jalan seru & pustaka alam jjs, akan bekerja sama dengan beberapa pihak termasuk papa carlos sebagai pengelolah untuk menciptakan akomodasi yang akan membantu para wisatawan yang akan berkunjung menyerupai pembuatan camping ground, perbaikan jalan setapak menuju lokasi dan juga paling penting yaitu pembuatan wc umum yang akan diselesaikan sampai tamat tahun 2018 ini, dan kalau anda ingin berpartisipasi membantu anda dapat menunjukkan sumbangan anda dengan cara hubungi saya di halaman About atau dm di instagram saya @abdhi.

Demikian Ulasan mengenai Wisata Alam Kampung Wisata Geopark Ujung Bulu Maros, bagaimana anda tertarik untuk berkunjung ke daerah ini ?? kalau anda tertarik eksklusif saja berkunjung ke daerah ini namun kalau anda pusing dengan klarifikasi saya silahkan contact @jjs_maros di instagram untuk menemani anda. Sekali lagi jangan lupa jaga kebersihan, kata teman admin sih "Jaga Karst Jaga Kehidupan".