Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Info Dan Tips Lengkap Pendakian Gunung Merbabu (Semua Jalur)

Gunung Merbabu terletak di kabupaten Magelang, Boyolali dan Salatiga, Jawa Tengah, banyak pendaki yang bilang bila Gunung Merbabu merupakan gunung terindah di Jawa Tengah, bukan tanpa alasan, Gunung Merbabu memang mengatakan pemandangan yang mempesona dan terbilang cukup komplit.

banyak pendaki yang bilang bila Gunung Merbabu merupakan gunung terindah di Jawa Tengah Info dan Tips Lengkap Pendakian Gunung Merbabu (Semua Jalur)

Jika kalian pernah mendaki di Gunung Merbabu, apalagi melalui jalur selo, niscaya kalian akan mempunyai pendapat yang sama, Gunung Merbabu mempunyai ketinggian 3.142 mdpl, Gunung Merbabu juga tercatat pernah meletus tahun 1560 dan 1797.

Gunung Merbabu dikenal melalui naskah-naskah masa pra-Islam sebagai Gunung Damalung atau Gunung Pam(a)rihan. Di lerengnya pernah terdapat pertapaan populer dan pernah disinggahi oleh Bujangga Manik pada kurun ke-15. Menurut etimologi, "merbabu" berasal dari adonan kata "meru" (gunung) dan "abu" (abu). Nama ini gres muncul pada catatan-catatan Belanda.
Di Gunung Merbabu sendiri terdapat beberapa jalur pendakian yang sanggup kita gunakan, diantaranya :
Jalur Merbabu via Chuntel di Chuntel Magelang
Jalur Merbabu via Thekelan di Kopeng Salatiga
Jalur Merbabu via Selo di Selo Boyolali
Jalur Merbabu via Gancik di Selo Boyolali
Jalur Merbabu via Wekas di Wekas Magelang
Jalur Merbabu via Grenden di Pakis Magelang
Jalur Merbabu via Suwanting di Suwanting Magelang

*klik di jalur yang kau cari untuk info lebih lengkapnya.

Nah, dari beberapa jalur diatas, jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo merupakan jalur paling favorit bagi pendaki, sesudah itu disusul oleh jalur via Suwanting di Magelang.

Bukan tanpa alasan kenapa banyak pendaki lebih menentukan melalui jalur pendakian via Selo, Boyolali ketika mendaki Gunung Merbabu.

Selain treknya yang sedikit lebih gampang daripada jalur lainnya, pemandangan yang ditawarkan jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo memang sangat indah, mulai dari hutan homogen, hutan pinus, padang sabana, pemandangan gunung merapi yang sudah sanggup dilihat dari pos 3, hingga kebun bunga edelweis sepanjang jalur hingga puncak.

Gunung Merbabu mempunyai 3 puncak, yaitu Puncak Syarif (3.119 mdpl) Puncak Kenteng Songo dan Puncak Trianggulasi (3.142 mdpl), sanggup dibilang Gunung Merbabu mempunyai ketinggian sudah diatas rata-rata.

Kaprikornus bila kau baru pertama kali mendaki, terutama di Gunung Merbabu ini disarankan untuk melalui jalur Selo saja, selain jalurnya yang lebih mudah, pemandangan sepanjang jalur juga sangat indah lho.

Gunung Merbabu sendiri walaupun termasuk gunung yang berapi, hal ini terlihat dengan adanya beberapa kawah yang masih menyemburkan asap belerang, menyerupai kawah Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab, dan Sambernyowo yang sanggup kita temui bila melalui jalur pendakian via Thekelan.

view gunung merbabu dari gunung andong

Nah, bagi kau yang ingin mendaki di Gunung Merbabu, dibawah ini merupakan info mengenai semua jalur pendakian resminya :

Jalur Merbabu via Suwanting :

Basecamp Suwanting – Pos 1 (kurang lebih 30 menit)
Pos 1 – Pos 2 (kurang lebih 2,5 jam)
Pos 2 – Pos 3 (kurang lebih 3 jam)
Pos 3 – Puncak Kenteng Songo (kurang lebih 1,5 jam)
Total : 7 Jam 30 menit (tergantung kecepatanmu berjalan)

keterangan :
  • biasanya para pendaki mendirikan tenda terakhir di pos 3 sebelum melaksanakan summit attack pukul setengah 4 pagi.
  • atau bila mau lebih dekat, sanggup juga mendirikan tenda di sabana 3 namun cukup berbahaya sebab tidak ada penghalang angin.
  • terdapat sumber mata air di jalur pendakian via Suwanting ini, jadi tidak perlu kawatir.
  • kita sanggup melihat gunung merapi selama pendakian dan sanggup melihat gunung andong ketika hingga di sabana.

Cara Menuju Basecamp Gunung Merbabu via Suwanting :

Nah, dari kota Semarang, Salatiga dan sekitarnya, kau cukup mengikuti rute Kopeng-Ketep Pass saja, selama perjalanan kau akan melewati beberapa jalur pendakian lainnya, sepetri jalur via Wekas, Thekelan dan Chuntel.

Setelah kau hingga di pertigaan dimana bila kau belok kekiri akan menuju Ketep Pass dan apabila lurus menuju ke Kecamatan Candimulyo, Magelang, silahkan ambil arah menuju Ketep Pass (belok kiri).

Setelah sekitar 3 Km dari pertigaan tersebut kau akan menemukan pertigaan lagi dengan gapura kecil disamping jalan (sebelah kiri) bertuliskan “Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting”, namun sayangnya goresan pena di gapura kecil ini hanya terlihat bila kau dari arah Ketep Pass, silahkan ikuti petunjuk tersebut hingga kau hingga di Basecamp Suwanting.

Sebagai patokan, sesudah kau melewati gapura objek wisata Top Selfie yang berada di sebelah kanan jalan, beberapa kilometer lagi kau akan menemui belokan kekanan, nah, gapura kecil bertuliskan "Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting" ini sempurna sesudah belokan tersebut dengan jalan berupa cor bukan aspal.

bunga di jalur pendakian gunung merbabu via selo

Jalur Merbabu via Selo :

Basecamp – Pos 1 (kurang lebih 1,5 jam)
Pos 1 – Pos 2 (kurang lebih 45 menit)
Pos 2 – Pos 3 (kurang lebih 2,5 jam)
Pos 3 – Sabana 1 (kurang lebih 1 jam)
Sabana 1 – Sabana 2 (kurang lebih 1 jam)
Sabana 2 – Puncak Kenteng Songo/Triangulasi (kurang lebih 1,5 jam)
Puncak Kenteng Songo – Puncak Syarif (kurang lebih 30 menit)
Total : kurang lebih 7-8 Jam (tergantung kecepatanmu berjalan)

keterangan :
  • biasanya para pendaki mendirikan tenda terakhir di sabana 2 sebelum summit.
  • atau bila kau ingin lebih dekat, sanggup juga mendirikan tenda di watu lumpang, hanya sekitar 15 menit dari sabana 2 namun resiko terkena angin ribut lebih besar sebab tidak ada penghalang.
  • di jalur selo tidak ada sumber air, jadi kau harus membawa perbekalan air lebih banyak ya.
  • trek paling berat ialah pos 3 menuju sabana 1.
  • kita sanggup melihat gunung merapi sesudah hingga di Pos 3

Cara Menuju Basecamp Gunung Merbabu via Selo

Dari Semarang silahkan menuju ke Salatiga, sesampainya di bundaran Salatiga (Ramayana) kau pilih arah ke Kopeng hingga bertemu lampu merah pertama, nah di lampu merah pertama ini apabila kau belok kanan akan menuju Kopeng dan bila lurus akan menuju ke Boyolali, kau lurus saja hingga memasuki Kabupaten Boyolali.

Setelah memasuki Kabupaten Boyolali, lurus saja ikuti jalan besar tersebut, sesudah melewati beberapa Pom bensin, kau akan menemukan Pos Ojek di kiri jalan dimana di depan Pos Ojek tersebut terdapat pertigaan (jalan aspal kecil), masuklah ke pertigaan itu dan ikuti jalan hingga hingga di Basecamp Selo, sesudah masuk di pertigaan semoga tidak tersesat kau sanggup bertanya ke warga sekitar, sebab perjalanan masih sangat jauh dan tidak ada petunjuk.

Tansportasi Umum dari Magelang
Jika kau memakai transportasi umum dari Magelang, kau sanggup mengikuti rute dibawah ini :
Naik bus jurusan Yogyakarta-Semarang turun di Blabak (sebelum kota Magelang)
Bus kecil jurusan Boyolali-Selo dan turun di Polsek Selo kemudian silahkan menyewa kendaraan beroda empat sayur untuk mengantarkanmu ke Basecamp sebab lokasi Basecamp Selo masih jauh naik keatas.

Dari Semarang
Bus jurusan Semarang-Solo turun di terminal Boyolali (kota Boyolali) - naik bus ke Pasar Sapi Boyolali - naik bus kecil menuju Pasar Cepogo - bus kecil menuju Selo (turun di Polsek Selo) - naik kendaraan beroda empat sayur menuju Basecamp.

Dari Jogja dan Solo
Bus jurusan Solo-Yogya turun di Kartasura
bus Solo-Semarang turun di terminal Boyolali
naik bus dari terminal Boyolali menuju Pasar Sapi
naik bus dari Pasar Sapi menuju Pasar Cepogo
naik bus lagi dari Pasar Cepogo menuju Selo (turun di Polsek Selo)
naik kendaraan beroda empat sayur menuju Basecamp

Jalur Merbabu via Wekas :

Basecamp – Pos 2 (kurang lebih 3,5 jam)
Pos 2 – Persimpangan kedua (kurang lebih 4 jam)
Persimpangan – Puncak Syarif (kurang lebih 30 menit)
Puncak Syarif – Puncak Kenteng Songo (kurang lebih 30 menit)
Total : 8 Jam 30 menit (tergantung kecepatanmu berjalan)

keterangan :
  • Pos 1 sudah tidak dipakai lagi.
  • pos 2 – persimpangan, disini kita akan bertemu dengan jalur thekelan dan chuntel
  • terdapat jeram kecil yang sanggup dipakai untuk mengisi perbekalan air.
  • biasanya para pendaki mendirikan tenda di persimpangan.
  • terdapat trek yang disebut “jalur setan”.

Cara Menuju Basecamp Gunung Merbabu via Wekas

Dari Semarang kau tinggal menuju ke Salatiga saja, tepatnya kearah Kopeng, sesudah melewati Kopeng ikuti saja jalan tersebut hingga masuk ke Kabupaten Magelang, nah sesudah memasuki Kabupaten Magelang, ikuti jalan menuju ke Ketep Pass, Basecamp Wekas terletak di kiri jalan sebelum kau hingga di pertigaan antara Ketep Pass dan arah menuju Kecamatan Candimulyo.

Jalur Merbabu via Chuntel :

Basecamp – Pos 1 (kurang lebih 1 jam)
Pos 1 – Pos 2 (kurang lebih 1 jam)
Pos 2 – Pos 3 (kurang lebih 45 menit)
Pos 3 – Pos 4 (kurang lebih 1 jam)
Pos 4 – Pemancar (kurang lebih 1,5 jam)
Pemancar – Persimpangan (kurang lebih 1 jam)
Persimpangan – Puncak Syarif (kurang lebih20 menit)
Persimpangan – Puncak Kenteng Songo (kurang lebih 45 menit)
Puncak Syarif – Puncak Kenteng Songo (kurang lebih 1 jam)
Total : 8-9 Jam (tergantung kecepatanmu berjalan)

keterangan :
  • terdapat sumber air di jalur pendakian via Chuntel.
  • kita juga akan bertemu persimpangan jalur lainnya, yaitu via wekas dan thekelan.
  • jalur tidak berbeda jauh dengan jalur pendakian via thekelan.
  • biasanya para pendaki mendirikan tenda di pos 4 dan persimpangan.

Cara Menuju Basecamp Gunung Merbabu via Chuntel

Untuk menuju ke Basecamp Chuntel sangatlah mudah, kau tinggal menuju kearah Kopeng saja, nah Basecamp Chuntel sebelum tikungan menuju Kopeng (di kiri jalan, terdapat plang bertuliskan Basecamp Chuntel), jadi kau tidak perlu kawatir terlewat, asal fokus saja mencari papan petunjuk tersebut.

sunrise puncak kenteng songo gunung merbabu

Jalur Merbabu via Thekelan :

Basecamp – Pos Pending (kurang lebih 1 jam)
Pos Pending – Pos 1 (kurang lebih 1 jam)
Pos 1 – Pos 2 (kurang lebih 1 jam)
Pos 2 – Pos 3 (kurang lebih 1 jam)
Pos 3 – Pos 4 (kurang lebih 1 jam)
Pos 4 – Pos 5 (kurang lebih 1 jam)
Pos 5 – Puncak Syarif (kurang lebih 1 jam)
Puncak Syarif – Puncak Kenteng Songo (kurang lebih 1 jam)
Total : 8 Jam (tergantung kecepatanmu berjalan)

keterangan :
  • terdapat sumber mata air.
  • sebelum hingga di Puncak Kenteng Songo dan Trianggulasi kita harus melewati Puncak Syarif terlebih dahulu dengan jalur yang naik turun.
  • biasanya para pendaki mendirikan tenda di pos pemancar (pos 4).

Cara Menuju Basecamp Gunung Merbabu via Thekelan

Untuk menuju ke Basecamp Merbabu via Thekelan, kau sanggup mengikuti rute yang sama dengan cara menuju ke Basecamp Chuntel dan Wekas, lokasi Basecamp Thekelan berada di kiri jalan (jika kau dari arah kota Salatiga) sempurna sebelum objek wisata Kopeng (sebelah indomaret kiri jalan).

Jalur Merbabu via Gancik

Jalur pendakian Gunung Merbabu via Gancik merupakan jalur gres dimana untuk hingga di lokasi jalur pendakian kau hanya perlu menuju ke arah Basecamp Selo saja, sempurna sebelum perempatan dimana bila kau kekanan maka akan menuju ke Basecamp Selo dan bila lurus menuju Jalur Pendakian Gancik.

Jalur Gancik ini merupakan jalur gres yang akan menjadi satu dengan jalur Merbabu via Selo di Pos 3, hanya saja bila melalui Jalur Gancik sanggup lebih menghemat waktu daripada Jalur Selo, namun treknya lebih berat.

Tips Mendaki Gunung Merbabu :

• pilihlah hari yang tepat, yaitu ketika cuaca cerah pada trend kemarau, biasanya pada bulan April-Desember.
  • jika terpaksa mendaki di trend hujan, jangan lupa membawa jas hujan dan sleeping bag.
  • jika melalui jalur selo, jangan lupa untuk membawa perbekalan air minum untuk mendaki dan ketika turun sebab tidak ada sumber mata air.
  • jangan buang sampah sembarangan, selalu bawa turun sampahmu.
  • jangan melaksanakan perbuatan vandalisme dengan mencoret coret apapun yang kau temui.
  • jangan pernah memetik bunga edelweis.
  • jika naik trend kemarau, jangan lupa membawa masker sebab akan ada aneka macam debu.
  • bagi pemula sangat disarankan untuk melalui jalur Selo sebab treknya yang lebih ringan.
  • jalur pendakian gunung merbabu, terutama via Selo memang memakan waktu yang cukup panjang, namun jalur lebih didominasi dengan dataran.
  • waktu terbaik untuk mendaki di Gunung Merbabu ialah ketika siang hari pada jam sekitar 10:00-13:00 WIB.

sunrise di puncak gunung merbabu

Gunung Merbabu memang mengatakan paket lengkap bagi pendaki yang beruntung, mulai dari jalur datar, menanjak hingga cukup ekstrim, dibalik itu pemandangan yang ditawarkan juga sangat indah.

Dari puncak Gunung Merbabu ini kita sanggup melihat gunung-gunung lainnya yang menjulang tinggi, menyerupai gunung kembar sumbing sindoro, prau, andong, telomoyo, ungaran, lawu dan tentunya gunung merapi yang berada di depan mata.

Selain itu padang sabana rumput di Gunung Merbabu juga tak kalah indah lho, ditambah dengan kebun bunga edelweis yang sangat aneka macam akan menemani perjalanan kita hingga puncak, dan tak lupa juga hutan pinus yang tak kalah cantik, siapapun yang sudah pernah mendaki di Gunung Merbabu niscaya ingin kembali lagi dan lagi.

Nama: Gunung Merbabu
Ketinggian: 3.142 Mdpl (10.630 kaki)
Lokasi: Kabupaten Magelang (lereng barat), Kabupaten Semarang (lereng utara), Kabupaten Boyolali (lereng timur) , Kabupaten Salatiga (lereng Selatan), Jawa Tengah
Dikelola Oleh: Taman Nasional Gunung Merbabu
Website: http://merbabunationalpark.org
Email : info[at]merbabunationalpark.org
Flora: Pinus merkusii, Puspa, Akasia, Soro, Cemara gunung, Edelweis jawa
Fauna: elang jawa, elang hitam, alap-alap sapi, elang-ular bido, ayam hutan, tekukur, gelatik batu, kijang, landak, musang luwak, kera ekor-panjang, dan lain-lain.

jadi kapan kau mendaki ke Gunung Merbabu ?