Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Printer Canon Ip2770 Lampu Kuning Berkedip 3X

Seorang teman membawa sebuah printer canon IP2770 yang sedang bermasalah. Tidak sanggup melaksanakan print dan lampu kuning berkedip sebanyak 3 kali. Bagaimanakah cara mengatasi printer canon IP2770 lampu kuning berkedip 3x?

Seperti kita ketahui bahwa produsen printer selalu menyertakan lampu indikator di setiap produk yang mereka tawarkan. Jumlah lampu indikator akan berbeda-beda pada masing-masing jenis printer.

Setidaknya terdapat dua lampu indikator pada printer Canon IP2770 yaitu; lampu hijau untuk Power dan lampu kuning (orange) untuk Resume

Meski terlihat sederhana, kedipan lampu indikator sanggup mengatakan arti tertentu. Kedipan lampu indikator berwarna kuning biasanya merupakan isyarat penanda terhadap proses atau permasalahan yang sedang terjadi.

Kedipan lampu kuning (orange) akan bervariasi tergantung pada jenis permasalahannya. Kedipan lampu orange pada printer Canon IP2770 sanggup terjadi sebanyak 3 kali, 5 kali atau bahkan 15 kali.

Dalam artikel ini, kita akan mencoba bagaimana Cara Mengatasi Printer Canon IP2770 Lampu Kuning Berkedip 3x.

Lampu kuning berkedip 3x merupakan isyarat penanda bahwa telah terjadi Paper Jam pada printer Canon IP2770.  Pengertian Paper Jam ialah kondisi dimana printer tidak sanggup menarik kertas dikala proses print sedang berlangsung.

Ada tiga kemungkinan penyebab paper jam pada printer Canon IP2770 yaitu :

  • Terdapat ganjalan atau potongan kertas yang tersangkut di area penarikan kertas.
  • Sensor penarik kertas telah rusak
  • Terdapat ganjalan pada gear penarik kertas.

Apabila salah satu dari tiga penyebab di atas terjadi, maka printer Canon IP2770 menganggap bahwa telah terjadi paper jam dan lampu kuning akan berkedip sebanyak 3 kali.

Lantas, bagaimana cara mengatasi paper jam printer canon ip 2770 (Blink 3x)?

Di bawah ini terdapat tiga cara mengatasi printer canon IP2770 lampu kuning berkedip 3x, yang sanggup diterapkan pada tiga kondisi berbeda.

Pilih cara mana saja yang sesuai dengan kondisi yang sedang anda alami, sebagaimana langkah-langkah di bawah ini :

1. Lakukan Pemeriksaan pada Area Penarikan Kertas

Ini merupakan tahap awal yang harus dilakukan. Adanya benda yang tersangkut atau terselip pada area penarikan kertas, merupakan penyebab umum terjadinya paper jam printer canon ip 2770 (Blink 3x).

Untuk melaksanakan investigasi pada kepingan dalam, setidaknya kita harus terlebih dahulu membuka casing kepingan atas printer. Untuk itu lakukan langkah-langkah berikut :

  • Buka epilog atas printer Canon IP2770
  • Lepaskan empat buah baut pengunci yang terdapat pada casing atas.
  • Tekan atau congkel sebuah penahan (pengait) yang terdapat pada kepingan belakang casing printer.
  • Angkat dan lepas casing atas printer mulai dari kepingan belakang secara pelahan dan hati-hati. 
  • Tekan atau congkel dua buah penahan (pengait casing) yang terdapat pada kepingan depan printer.
  • Lepas casing printer dari belakang ke arah depan. Lakukan dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan (patah) pada bagian-bagian pengait casing.

Agar lebih jelas, proses pelepasan casing pada printer canon IP2770 lampu kuning berkedip 3x sanggup dilihat pada gambar di bawah ini.

Seorang teman membawa sebuah printer canon IP Cara Mengatasi Printer Canon IP2770 Lampu Kuning Berkedip 3x

Langkah selanjutnya ialah menilik kepingan di sekitar area penarikan kertas. Apakah ada benda yang tersangkut di dalamnya, sehingga proses penarikan kertas tidak berfungsi dan menjadi penyebab paper jam printer canon ip 2770 (Blink 3x).

Pada kondisi yang saya alami kali ini, ternyata benar. Terdapat ganjalan berupa sepotong kertas bergambar yang sering dimainkan oleh bawah umur kecil, menyerupai yang terlihat pada gambar di bawah ini :


Seorang teman membawa sebuah printer canon IP Cara Mengatasi Printer Canon IP2770 Lampu Kuning Berkedip 3x

Ganjalan itulah yang menyebabkan anutan penarikan kertas tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Membersihkan ganjalan atau benda yang tersangkut pada area penarikan kertas merupakan salah satu cara mengatasi printer canon IP2770 lampu kuning berkedip 3x.

Apabila anda mengalami kondisi yang serupa maka bersihkan ganjalan dan benda yang tersangkut kemudian tutup casing dan nyalakan kembali printer anda.

2.  Sensor Penarik Kertas Rusak

Ini ialah penyebab kedua yang sering terjadi pada printer canon IP2770 lampu kuning berkedip 3x. Sensor penarik kertas mengalami kerusakan sehingga tidak sanggup berfungsi sebagaimana mestinya.

Rusaknya sensor penarik kertas biasa terjadi pada printer yang telah dipakai untuk waktu yang lama. Faktor usia dan banyaknya beban kerja printer sanggup besar lengan berkuasa terhadap sensor penarik kertas.

Apabila tidak ada kertas yang tersangkut dan tidak terdapat ganjalan, maka cara kedua untuk mengatasi printer canon IP2770 lampu kuning berkedip 3x ialah dengan mengganti sensor penarik kertas.

Untuk menganti sensor penarik kertas lakukan langkah-langkah berikut ini :

  • Buka casing Printer Canon IP2770 (seperti pada langkah nomor 1 di atas).
  • Periksa pada kepingan tengah atas printer, kawasan dimana sensor penarik kertas berada.
  • Angkat, lepas atau sisihkan kabel yang menutupi sensor penarik kertas.
  • Buka baut pengunci sensor penarik kertas.
  • Lepaskan rangkaian sensor penarik kertas yang terdiri dari dua board beserta kabelnya
  • Ganti dan pasang sensor penarik kertas dengan yang baru.

Proses penggantian sensor penarik kertas pada  printer canon ip 2770 (Blink 3x) sanggup dilihat pada gambar di bawah ini :

Seorang teman membawa sebuah printer canon IP Cara Mengatasi Printer Canon IP2770 Lampu Kuning Berkedip 3x

Lakukan dengan teliti dan hati-hati untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen-komponen printer yang lainnya.

3. Terdapat Ganjalan Pada Gear Penarik Kertas

Kondisi ketiga sangat jarang terjadi. Namun saya pernah menemukan video di Youtube wacana printer canon IP2770 lampu kuning berkedip 3x yang disebabkan oleh adanya selang infus yang tersangkut pada gear penarik kertas.

Apabila anda telah melaksanakan langkah Nomor 1 dan 2 namun belum membuahkan hasil, maka cobalah untuk menilik pada kepingan gear penarik kertas.

Seorang teman membawa sebuah printer canon IP Cara Mengatasi Printer Canon IP2770 Lampu Kuning Berkedip 3x

Periksa dengan seksama, apakah ada benda yang tersangkut atau terdapat ganjalan pada kepingan tersebut. Jika ada, lepas dan bersihkan ganjalan pada gear penarik kertas.


Demikianlah tiga cara mengatasi printer Canon IP2770 lampu kuning berkedip 3x. Pilihlah langkah-langkah yang paling sesuai dengan kondisi printer anda, kemudian lakukan dengan teliti dan hati-hati.

Semoga penyebab paper jam printer canon ip 2770 (Blink 3x) sanggup teratasi dan printer sanggup kembali berfungsi normal menyerupai sediakala.


Sumber http://www.intiter.com/