Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tips Menentukan Sepatu Gunung Dan Bab Apa Saja Yang Harus Diperhatikan

Mendaki gunung memang aktivitas outdoor yang cukup digandrungi kalangan anak muda, tak hanya para cowok, ternyata para cewek juga tak mau kalah loh.

 Mendaki gunung memang aktivitas outdoor yang cukup digandrungi kalangan anak muda 11 Tips Memilih Sepatu Gunung dan Bagian Apa Saja yang Harus Diperhatikan

Tentu sebelum mendaki kita harus mempunyai peralatan safety terlebih dahulu bukan, salah satu peralatan safety yang harus kau gunakan yaitu sepatu gunung.

Nah, sebelum mulai membeli sepatu gunung. Brobali.com akan memperlihatkan tips menentukan sepatu gunung yang baik untuk kakimu.

baca juga :
Rekomendasi sepatu gunung perempuan yang tak hanya kondusif tapi juga keren

Kualitas dan Bahan
Hal fundamental pertama yang harus kau catat ketika akan membeli sepatu gunung yaitu kualitas dari sepatu itu sendiri.

Nah, kualitas ini sanggup kita lihat dari materi yang digunakan, apakah materi tersebut cocok dipakai untuk mendaki, yang mana mendaki gunung merupakan aktivitas outdoor yang cukup menguras tenaga alasannya yaitu kita akan melewati bermacam-macam jalur, mulai dari bebatuan, tanah sampai pasir.

Kaprikornus pastikan materi sepatumu cocok dipakai dalam trek ibarat itu. Contohnya ibarat sanggup memperkecil risiko kulit kaki melepuh, sanggup menyerap keringat, dan lebih cepat kering ketika basah.


Ringan
Walaupun sepatu yang kau pilih cukup berpengaruh dan tahan dalam banyak sekali jalur, tapi jikalau sepatu gunungmu berat tentu akan menciptakan tenagamu semakin terkuras.

Jadi, pilihlah sepatu yang ringan namun tetap berpengaruh dalam banyak sekali jalur, yang dimaksud ringan disini adalah, ringan ibarat sepatu jogging. Walaupun tebal namun enteng ketika dipakai untuk berlari.


Nyaman dan Empuk
Selain berpengaruh dan ringan, pastikan juga sepatu gunung pilihanmu empuk dan nyaman ketika digunakan, alasannya yaitu mendaki gunung sangat melelahkan, jadi kau jangan memakai sepatu yang berbahan keras. Bisa-bisa kakimu malah jadi sakit ketika berjalan.


Pilih Sol Sepatu Sesuai Jalur
Di zaman modern ibarat sekarang, kini sepatu-sepatu gunung sudah mempunyai bermacam-macam variasi sol sepatu dengan dibagi menjadi 3 jenis, diantaranya yaitu sol soft, medium dan high.

Yang dimaksud yaitu seberapa keras sol sepatu tersebut. Jika kita melihat medan gunung di Indonesia yang memilki jalur bebatuan, tanah dan pasir, lebih disarankan untuk menentukan sol medium.

Perhatikan juga materi sol yang digunakan, pilihlah sol sepatu gunung yang berbahan karet dan bergerigi supaya tidak gampang terpeleset.

baca juga :
Daftar gunung ramah pendaki yang cocok bagi kau pendaki pemula
Daftar gunung terindah di Pulau Jawa, mana favoritmu?


Diatas merupakan hal fundamental yang harus kau perhatikan ketika ingin membeli sepatu gunung. Nah, apabila kau ingin mendapat tips yang lebih “Advanced” kau sanggup menyimak tips di bawah ini.

Ada beberapa hal yang harus kau perhatikan sebelum membeli sepatu gunung selain hal-hal fundamental diatas, ibarat :

Upper
Upper yaitu bab atas sepatu yang melindungi mata kaki termasuk engkel, bab inilah yang menciptakan sepatu gunungmu menjadi waterproof (tahan air).

Padding Engkel
Merupakan bab yang berada di engkel kaki dan berkhasiat untuk melindungi engkel kaki.

Rubber toe Bumper
Merupakan bab ujung sepatu yang berkhasiat untuk melindungi ujung kaki ketika kita menendang sesuatu secara tidak sengaja.

Backstray
Merupakan bab yang menutupi jahitan sepatu di sebelah belakang.

Insole atau Sol Dalam
Bagian ganjal kaki di dalam sepatu, pilihlah yang empuk dan nyaman.

Midsole
Midsole terletak diantara Sol dalam dan Sol luar, yang berfungsi sebagai peredam hentakan kaki dengan permukaan bumi.

Lidah Sepatu
Yaitu bab atas sepatu.

Nah, itulah beberapa tips membeli sepatu gunung yang baik, apabila kau mempunyai tips lain, sanggup share di kolom komentar.




Sumber https://www.brobali.com/