Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Info Umbul Sidomukti, Rute, Lokasi, Harga Tiket Masuk, Jam Buka, Wisata Terdekat Dan Fasilitas

Jika di sentra kota Semarang lebih banyak wisata sejarahnya, berbeda dengan wisata di bab Kabupatennya, tepatnya di tempat Ungaran, wisata di daerah tersebut lebih didominasi oleh wisata alam.

 Jika di sentra kota Semarang lebih banyak wisata sejarahnya Info Umbul Sidomukti, Rute, Lokasi, Harga Tiket Masuk, Jam Buka, Wisata Terdekat dan Fasilitas

Nah, kali ini brobali akan mereview salah satu wisata unggulan di Ungaran yang berjulukan Umbul Sidomukti, yaitu sebuah wisata alam yang terletak di lereng Gunung Ungaran, gunung tertinggi di Kabupaten Semarang yang juga terkenal sebagai gunung ramah pendaki bagi pendaki pemula.




Apa yang Menarik di Umbul Sidomukti ?

Jika kita mendengar kata “Umbul” niscaya terbesit di benak kita wacana wisata Umbul Ponggok di Klaten, kemudian apakan Umbul Sidomukti Ungaran ini sama dengan Umbul Ponggok Klaten? Bisa dibilang kedua tempat wisata tersebut hampir mirip, namun  Umbul Sidomukti lebih lengkap.

Umbul Sidomukti menunjukkan banyak wahana seru, salah satu aktivitas favorit yang sanggup dilakukan di wisata Ungaran satu ini ialah berenang.

Di Umbul Sidomukti terdapat sebuah bak renang alami menyerupai di Umbul Ponggok, hanya saja bak tersebut tidak dihuni oleh ikan dan terlebih lagi ukurannya juga lebih kecil.

 Jika di sentra kota Semarang lebih banyak wisata sejarahnya Info Umbul Sidomukti, Rute, Lokasi, Harga Tiket Masuk, Jam Buka, Wisata Terdekat dan Fasilitas
ini goa tirta mulya di atas umbul sidomukti. foto : @andyiindris

Kolam renang di Umbul Sidomukti ada 3, dengan gugusan bertingkat dari atas, urutannya ialah yang paling dalam yaitu sekitar 1,5 meter, dan yang paling bawah ialah bak paling dangkal, sangat cocok untuk anak-anak.

Berada di ketinggian sekitar 1.200 Mdpl mengakibatkan air di bak renang Umbul Sidomukti sangat dingin, bahkan lebih cuek dari Umbul Ponggok.

Sambil berenang kita akan disuguhkan pemandangan alam dari Kabupaten Semarang yang terlihat sangat indah dengan perbukitan hijau menghiasinya.

Wisata Umbul Sidomukti Ungaran tak hanya menunjukkan bak renang saja, melainkan terdapat banyak wahana seru lain yang sanggup kita coba, menyerupai :

  • Berkeliling menunggangi kuda
  • Camping
  • Cafe
  • Penginapan
  • Kawasan Outbond
  • Dan masih banyak lagi

 Jika di sentra kota Semarang lebih banyak wisata sejarahnya Info Umbul Sidomukti, Rute, Lokasi, Harga Tiket Masuk, Jam Buka, Wisata Terdekat dan Fasilitas
sunrise di umbul sidomukti. foto IG https://www.instagram.com/almasfjrn/

Jika kau menyukai aktivitas memacu adrenalin, kau sanggup mencoba wahana outbond di tempat wisata Umbul Sidomukti ini. Berbeda dengan wahana outbond pada umumnya, wahana outbond di Umbul Sidomukti dibangun di atas ketinggian sekitar 70 meter lho dengan panjang lintasan sekitar 110 meter, berani mencoba?

Apabila kau takut, kau sanggup mencari alterntaif lainnya dengan beroff-road mengelilingi lokasi Desa Wisata Sidomukti dan melintasi banyak sekali macam perkebunan yang ada di sekitar memakai atv.

Umbul Sidomukti juga menunjukkan paket wisata atau paket outbond loh, diantaranya seperti:

  • Paket Halfday Rp. 250.000
  • Paket Camp Fire Rp. 130.000
  • Paket River Up Trekking Rp. 130.000
  • Paket Adrenalin Game Rp. 150.000
  • Paket Team Work Game Rp. 130.000
  • Paket Full Day Rp. 295.000
  • Paket 2 Hari 1 Malam Rp. 470.000


Puas bermain sekarang saatnya kau bersantai sambil menyantap makanan, di tempat wisata Semarang satu ini sudah dilengkapi dengan cafe yang menunjukkan pemandangan alam sangat mempesona.

Di tempat Umbul Sidomukti sendiri terdapat beberapa cafe, salah satunya yang paling terkenal ialah Pondok Kopi, untuk menuju ke Pondok Kopi dari area bak renang kita hanya perlu naik keatas lebih jauh lagi, tepatnya di akrab penginapan.


 Jika di sentra kota Semarang lebih banyak wisata sejarahnya Info Umbul Sidomukti, Rute, Lokasi, Harga Tiket Masuk, Jam Buka, Wisata Terdekat dan Fasilitas
pondok kopi. foto IG https://www.instagram.com/fahmifahimm/


Baca Juga : 
daftar tempat romantis di Semarang



Fasilitas :
  • Camping Ground
  • Outbond
  • Penginapan
  • Cafe
  • Berkeliling dengan kuda
  • Dan masih banyak lagi.


Harga Tiket Masuk Umbul Sidomukti :
Rp. 5.000

Masuk Kolam Renang
Rp. 10.000/orang

Outbond
Rp. 20.000

Sewa Kuda :
Rp. 50.000/30 menit
Rp. 100.000/1 jam

Sewa Tenda Dome :
Rp. 45.000/tenda
Rp. 5.000/matras
Rp. 8.000/sleeping bag

Jam Buka :
08:00-24:00 WIB

Kontak :
+6282892031261-62
+62298 7137009-10

Email : umbulsidomukti@gmail.com


Akomodasi (Penginapan)
Wisata Umbul Sidomukti sudah dilengkapi dengan penginapan, terdapat dua pilihan untuk menginap di tempat wisata ini.

Yaitu dengan mendirikan tenda atau menginap di Villa, kelebihan menginap di objek wisata tersebut ialah pemandangan yang ditawarkan sangat indah dengan gemerlap lampu kota Semarang yang terlihat menyerupai bintang di bumi.

Harga resort atau villa di sekitar Umbul Sidomukti juga beragam, mulai dari Rp. 280.000 hingga Rp. 1 juta. Tinggal pilih sesuai seleramu saja.




Lokasi Umbul Sidomukti:

  • Alamat ; Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • 50 Km dari sentra Kota Semarang melalui Jl. Tol Ungaran-Bawen (1 jam 15 menit)
  • 21 Km dari Tuntang melalui Jl. Raya Semarang-Solo (46 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh kalau tidak ada kendala)





Rute Menuju Wisata Umbul Sidomukti Ungaran

Jalan menuju Umbul Sidomukti Bandungan ini terbilang sangat mudah, kau sanggup mengikuti rute di bawah ini.

#Dari Arah Kota Semarang
Dari sentra Kota Semarang kau tinggal menuju ke arah Ungaran hingga kau menemukan Pom Bensin Lemah Abang di kiri jalan, kemudian beberapa meter sesudah Pom Bensin terdapat gapura di kanan jalan bertuliskan Kawasan Wisata Gedong Songo.

Nah, beloklah menuju ke gapura tersebut, ikuti saja jalan itu hingga kau hingga di Pasar Jimbaran, sempurna di depan pasar Jimbaran terdapat sebuah gang (gang ini satu jalur dengan Basecamp Pendakian Gunung Ungaran) bertuliskan Wisata Umbul Sidomukti.

Silahkan masuk ke gang tersebut kemudian ikuti saja jalan itu hingga kau hingga di lokasi parkir, tenang, sesudah masuk gang sudah terdapat banyak papan petunjuk arah jadi kau tidak perlu kawatir tersesat.


#Dari Arah Salatiga. Magelang, Solo dan Sekitarnya
Jika kau dari arah Salatiga dan sekitarnya, kau sanggup melewati Jalan Semarang-Surakarta, ikuti saja jalan tersebut hingga kau memasuki Kabupaten Semarang, tetap ikuti jalan hingga kau menemukan RS Ken Saras di kiri jalan.

Dari sini pelankan kendaraanmu dan tetap awasi sebelah kiri, nanti kau akan menemukan gapura bertuliskan Wisata Candi Gedong Songo, ditandai dengan adanya kerangka motor rusak sempurna di sebelah gapura, kemudian ikuti petunjuk menyerupai di atas tadi.

#Dari Arah Jogja
Jika kau dari arah Jogja, kau sanggup melalui Jl. Jogja-Ambarawa, ikuti saja jalan raya tersebut yang mengarah ke Kota Semarang, ikuti papan petunjuk arah menuju Bandungan (akan terlihat sesudah kau menemukan papan petunjuk arah Jimbaran).

Maka kau akan menemukan gapura dengan kerangka motor rusak di sebelahnya, silahkan masuk gapura tersebut dan ikuti petunjuk menyerupai di atas tadi (#Dari Arah Kota Semarang).

#Dari Arah Purwodadi Grobogan dan Sekitarnya
Sedangkan apabila kau dari arah Purwodadi, kau sanggup mengikuti rute Purwodadi-Godong-Gubug-Kedungjati-Tuntang-Bergas-Bandungan.

Dari pertigaan Pos Polisi Tuntang, kau sanggup belok kanan menuju Kota Semarang (melewati jembatan besi), sesudah itu silahkan ikuti petunjuk menyerupai di atas tadi.

 Jika di sentra kota Semarang lebih banyak wisata sejarahnya Info Umbul Sidomukti, Rute, Lokasi, Harga Tiket Masuk, Jam Buka, Wisata Terdekat dan Fasilitas
sunrise di pondok kopi sidomukti. foto : @umbul sidomukti



Tips Berlibur ke Umbul Sidomukti :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke wisata Ungaran satu ini ialah dikala hari biasa, lantaran ketika kau berkunjung di hari libur atau weekend, maka siap-siaplah bertemu dengan banyak sekali pengunjung yang memenuhi objek wisata tersebut.
  • Setiap wahana di tempat wisata Umbul Sidomukti mempunyai tiket sendiri-sendiri, termasuk area bak renang, namun harga tiketnya cukup terjangkau kok.
  • Lebih disarankan untuk memakai kendaraan eksklusif terutama motor, lantaran jalan menuju tempat wisata cukup kecil, dan sangat tidak disarankan untuk memakai bus wisata.
  • Bagi kau yang tidak tahan dingin, sangat tidak disarankan untuk mandi di bak renang ini.






Lihat peta cara menuju ke umbul sidomukti




Wisata Terdekat Dari Umbul Sidomukti (- 1 Jam):

Basecamp Mawar Gunung Ungaran (10 menit)
Jika kau mencari spot hunting foto keren di Ungaran, salah satu pilihannya ialah Basecamp Mawar, untuk masuk ke Basecamp Mawar sendiri kita tidak perlu bertujuan mendaki, hanya berkunjung kesanapun kita juga sanggup masuk.

Candi Gedong Songo (37 menit)
Bersama Umbul Sidomukti, Candi Gedong Songo menjadi tempat wisata paling terkenal di lereng Gunung Ungaran.

Setiya Aji Flower Farm (20 menit)
Apabila kau mencari wisata romantis di Bandungan, maka Setiya Aji Flower Farm menjadi pilihan paling atas untukmu, disini kita sanggup menemukan banyak sekali warna-warni bunga krisan yang terlihat sangat cantik.

Ngasem Park (20 menit)

sumber foto header :
akun IG @mazayagalva

Sumber https://www.brobali.com/