Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Error E05 Canon Mp287 Dan Cara Mengatasinya

Error E05 Canon MP287 mungkin tengah anda alami dikala ini. Printer membisu dan tidak merespon. Display pada printer hanya menampilkan E05. Apa Penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?.

Beberapa hari yang kemudian seorang sobat tiba membawa printer Canon MP287 yang mengalami error E05. Sama menyerupai anda, saya pun resah dan mencoba mencari tahu apa bekerjsama penyebabnya.

Setelah mencari banyak sekali informasi dan mencoba melaksanakan perbaikan, karenanya saya mengetahui penyebab dan bagaimana cara mengatasi error E05 Canon MP287.

Saya pun berharap anda sanggup mengatasi error E05 pada printer yang sedang digunakan, dengan mengikuti beberapa panduan di bawah ini.

1. Permasalahan Error E05 Canon MP287

Kita tentunya resah ketika akan melaksanakan print, tiba-tiba printer membisu dan tidak merespon. Hal pertama yang sebaiknya dilakukan yaitu mencari tahu permasalahan apa yang sedang terjadi.

Ketika printer Canon MP287 tidak merespon, ada dua pemberitahuan yang akan kita temukan, yaitu :

  • Tampilnya arahan Error pada layar display di printer
  • Jendela Notifikasi printer pada desktop komputer

Pada layar display printer biasanya akan menampilkan arahan error tertentu sesuai dengan permasalahan yang sedang terjadi. Dan kali ini yang muncul tentunya arahan error E05.

Untuk memudahkan penggunanya, printer akan menampilkan jendela notifikasi pada desktop komputer, mengenai permasalahan yang sedang terjadi.

Contoh jendela notifikasi dari printer yang mengalami permasalahan error E05, sanggup dilihat pada gambar di bawah ini.

 Display pada printer hanya menampilkan E Error E05 Canon MP287 dan Cara Mengatasinya

Dari pemberitahuan yang ditampilkan sanggup kita ketahui bahwa permasalahan bekerjsama terletak pada cartridge printer.

Pada goresan pena yang ditampilkan juga terdapat keterangan bahwa, cartridge tidak akui atau tidak terpasang dengan baik sehingga printer tidak sanggup mendeteksi adanya cartridge yang terpasang.

2. Penyebab Error E05 Pada Printer Canon MP287

Setelah mengetahui permasalahan yang terjadi, mungkin anda akan memikirkan dua pertanyaan berikutnya.

Mengapa cartridge tidak terdeteksi? dan apa penyebabnya?.

Cartridge tidak terdeteksi sanggup mengindikasikan bahwa terdapat penghalang antara chip yang ada pada cartridge dengan pin yang terdapat di dalam rumah cartridge.

Sehingga koneksi antara satu dengan yang lainnya tidak terjalin dan menjadi penyebab mengapa cartridge tidak dikenali.

Ada tiga kemungkinan penyebab cartridge tidak sanggup terdeteksi, yaitu :

a. Chip pada Cartridge Kotor atau Rusak

Ini merupakan penyebab pertama yang mungkin terjadi. Konektor chjp pada cartridge kotor sehingga menjadi penghambat korelasi antara chip cartridge dengan pin pada rumah cartridge.

Penyebab ini sering terjadi lantaran kelalaian pada dikala pengisian tinta. Ketika terlalu banyak menyuntikkan tinta ke dalam cartridge, maka ada kemungkinan tinta meluap dan membasahi kepingan chip yang ada pada Cartridge.

 Display pada printer hanya menampilkan E Error E05 Canon MP287 dan Cara Mengatasinya

Kotornya chip pada cartridge juga sanggup terjadi lantaran kesalahan meletakan jari dikala memegang cartridge. Sehingga kotoran dan bekas tinta yang menempel pada jari akan pindah dan menempel pada chip cartridge.

b. Stiker Cartridge Terkelupas

Masalah error 05 pada Canon MP287 juga sanggup disebabkan oleh adanya ruang kosong antara chip dan pin. Sehingga cartridge tidak berada dalam presisi yang baik.

Dengan kata lain sanggup dikatakan bahwa dudukan cartridge tidak berada pada posisi yang tepat. Hal ini menjadikan koneksi antara chip cartridge dan pin pada rumah cartridge tidak berjalan dengan baik.

Kondisi ini sanggup disebabkan oleh stiker cartridge yang terkelupas atau adanya benda lain di dalam rumah cartridge, sehingga cartridge tidak terkunci dengan baik pada posisinya



c. Pin Pada Rumah Cartridge (Carriage Unit) Kotor atau Rusak

Kotoran pada pin yang terdapat di dalam rumah cartridge juga sanggup menjadi penyebabnya.

Ketika anda meletakkan cartridge yang terkena tinta pada kepingan chipnya, maka tinta tersebut juga akan menempel pada pin di rumah cartridge.

 Display pada printer hanya menampilkan E Error E05 Canon MP287 dan Cara Mengatasinya

Masalah error 05 pada Canon MP287 juga sanggup disebabkan oleh adanya kerusakan pada kepingan pin.

Pemasangan cartridge yang tergesa-gesa dan tidak hati-hati, sanggup menciptakan mitra pin menjadi bengkok.

3. Cara Mengatasi Error E05 Canon MP287

Setelah mengetahui penyebabnya, kini kita sudah mempunyai sedikit citra mengenai cara mengatasi error E05 pada printer yang bermasalah.

Untuk memperbaiki error E05 Canon MP287, anda sanggup mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

a. Bersihkan Chip Pada Cartridge

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menyidik chip yang terdapat pada cartridge. Apakah terdapat kotoran yang menutupi permukaan chip?.

 Display pada printer hanya menampilkan E Error E05 Canon MP287 dan Cara Mengatasinya

Bersihkan kotoran berupa bubuk dan tinta pada permukaan chip dengan memakai cotton bud atau tisu halus.

Usaplah secara perlahan biar proses pencucian tidak merusak chip cartridge. Bila noda membandel, gunakan cairan pembersih yang sesuai untuk membantu proses pembersihan.

Lap dan keringkan dengan tisu halus, kemudian pasang kembali cartridge pada rumahnya. Jika belum membuahkan hasil, cobalah cara yang berikutnya.

b. Rekatkankan Kembali Stiker Cartridge

Periksa stiker pada kepingan atas cartridge. Apakah terkelupas dan terangkat ke atas. Jika terangkat, rekatkan kembali stiker pada cartridge memakai double tape.

 Display pada printer hanya menampilkan E Error E05 Canon MP287 dan Cara Mengatasinya

c. Bersihkan dan Perbaiki Pin Pada Rumah Cartridge (Carriage Unit)

Periksa pin atau kawat konektor yang terdapat pada rumah cartridge. Apabila kotor lantaran terkena tinta, bersihkan memakai cotton bud.

Namun perlu diperhatikan bahwa pencucian harus dilakukan dengan hati-hati dan dihentikan terlalu menekan pin. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada pin di dalam rumah cartridge.

 Display pada printer hanya menampilkan E Error E05 Canon MP287 dan Cara Mengatasinya

Jika anda tidak yakin untuk melakukannya, maka mintalah proteksi pada seseorang yang berpengalaman menangani printer untuk menolong anda.

Jangan menyentuh dan membersihkan pin pada rumah cartridge bila kondisinya dalam keadaan higienis dan bagus.

Lakukan pencucian hanya jikalau anda yakin bahwa ada noda tinta yang menempel pada pin

d. Menggunakan Cara Alternatif

Dari banyak sekali informasi yang saya temukan pada beberapa situs menyatakan bahwa, terdapat sebuah cara alternatif untuk mengatasi cartridge yang tidak terdeteksi.

Cara alternatif yang sanggup dilakukan yaitu dengan menambahkan lapisan tipis, memakai kertas karton pada kepingan belakang cartridge.

Hal ini bertujuan untuk memberi sedikit dorongan, biar chip cartridge sanggup menyentuh dengan baik pada pin yang ada di rumah cartridge.

Selain itu cara ini dilakukan biar cartridge sanggup terkunci pada posisi yang presisi di dalam rumah cartridge.

 Display pada printer hanya menampilkan E Error E05 Canon MP287 dan Cara Mengatasinya

Saya telah mencoba cara alternatif tersebut, ternyata memang sanggup memperbaiki duduk kasus error E05 pada printer Canon MP287.

Namun saya tidak menyarankan pada anda biar memakai cara tersebut, lantaran ada beberapa hal yang semestinya harus kita pertimbangkan terlebih dahulu, yaitu :

  • Kita tidak tahu niscaya berapa besar ketebalan lapisan yang diperlukan, biar chip cartridge sanggup menyentuh baik tanpa merusak pin di rumah cartridge.
  • Apabila ukuran lapisan terlalu tebal  maka dorongan cartridge ke arah pin akan semakin kuat, sehingga sanggup mengakibatkan kerusakan pada pin di rumah cartridge.
  • Tekananan cartridge yang terlalu besar juga sanggup menyimpangkan arah pin dan sanggup menjadikan short.

4. Saran

Dari ketiga poin utama di atas, ada beberapa saran yang mungkin sanggup membantu anda mengatasi duduk kasus error E05 Canon MP287, yaitu :

  • Coba dan test terlebih dahulu mengganti cartridge yang terpasang dengan cartridge yang masih berfungsi baik dari printer lainnya. Apabila error E05 tidak tampil lagi pada layar display printer maka permasalahannya ada pada cartridge. Gantilah cartridge dengan yang baru.
  • Apabila kondisi cartridge manis namun error E05 tetap muncul, maka permasalahannya terletak pada rumah cartridge. Gantilah dengan yang baru.

Demikianlah beberapa hal ihwal penyebab error E05 Canon MP287 dan cara mengatasinya. Periksalah denagn teliti penyebabnya dan lakukan pertbaikan dengan hati-hati.


Sumber http://www.intiter.com/