Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Menarik Pulau Pandang Di Batubara, Sumatra Utara

Wisata Menarik Pulau Pandang Di Batubara, Sumatra Utara. Pulau Pandang berada di Selat Malaka, di sebelah utara Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara.Kurang lebih 3 jam dari kota medan. Tidak banyak informasi mengenai pulau Pandang, bahkan bagi warga Sumut sendiri kebanyakan tidak mengetahui keberadaan pulau Pandang yang ternyata terletak di kabupaten Batubara. Pulau eksotis dan manis ini kolam permata mentah yang belum diasah. Keindahannya akan terus tersembunyi selama dinas pariwisata pemkab Batubara tidak berusaha mengasah potensi wisata pulau ini.

Pulau Pandang
tidak terlalu jauh dari bibir pantai. Perjalanan melalui Tanjung Tiram hanya menempuh waktu selama kurang lebih 2 jam saja. Gak menyerupai perjalanan ke pulau Berhala yang memakan waktu kurang lebih 4 jam. Dari segi keindahan, tidak diragukan lagi. Kelelahan kami sebab tersengat teriknya mentari sirna saat melihat hamparan pasir putih dan susunan kerikil yang keren abis. Belum lagi pantainya yang jernih bagai zamrud yang berkilau.


Pulau Pandang memang sangat indah. Panorama bawah lautnya sangat menawan dengan banyak sekali terumbu karang nan mempesona. Airnya pun biru toska dan bening, sehingga kita sanggup melihat terang terumbu karang yang ada di dasar lautnya. Sangat asyik bagi Anda yang menggemari mancing, diving, maupun snorkeling.

Pantai Pulau Pandang juga sangat bervariatif. Di penggalan yang menghadap negara Malaysia pantainya berpasir putih dan lembut, dengan beberapa bebatuan yang menghiasi tepian pantainya. Sedangkan pada penggalan selatan pulau, pantainya didominasi batu-batu besar. 
Pulau Pandang mempunyai dua puncak bukit. Di salah satu bukitnya terdapat kerikil belah yang berada sempurna di puncak bukitnya. Bentuk kerikil belah ini sangat unik, berbentuk persegi empat dan batunya benar-benar terbelah dengan rapi seakan-akan dipotong dengan benda tajam. 


Di puncak bukit yang satu lagi terdapat menara mercusuar setinggi 20 meter. Pemandangan dari atas mercusuar ini sangat indah. Bentang hijau hutan Pulau Pandang berpadu dengan putihnya pasir dan hitamnya bebatuan.

Selain Pulau Pandang yang luasnya sekitar satu hektar, Pemkab Batu Bara juga mempromosikan pulau kecil di dekatnya, Pulau Salah Nama, yang juga kaya terumbu karang. Pulau yang lebih luas dari Pulau Pandang ini, 2 hektar, tergolong pulau tak berpenghuni. Obyek wisata andalan sebab pulau kecil berpantai pasir putih itu punya tanaman dan fauna dasar bahari yang cantik. Selain itu, pulau penuh terumbu karang ini juga sangat disukai wisatawan sebagai arena memancing.
 

Jadi, untuk menikmati keindahan pantainya, sangat dibutuhkan bagi para wisatawan yang berkunjung untuk tetap melestarikan alamnya, sebab pulau pandang ini akan menjadi salah satu destinasi wisata pujian Sumatera Utara, dan mungkin juga untuk Indonesia. Semoga Bermanfaat dengan selalu berhati-hati dalam liburan anda dan jangan lupa selalu untuk menjaga lingkungan sekitar.