Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Lengkap Menentukan Tas Gunung (Carrier) Yang Baik

Tas gunung atau tas carrier merupakan belahan penting dalam acara mendaki gunung. Dengan tas ini kita sanggup menyimpan aneka macam barang bawaan sebab kapasitasnya yang lebih besar dari tas biasa.

 Tas gunung atau tas carrier merupakan belahan penting dalam acara mendaki gunung Tips Lengkap Memilih Tas Gunung (Carrier) yang Baik

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis tas carrier yang sanggup kita beli dengan mudah, tapi untuk menjamin kualiatasnya tentu diharapkan ketelitian. Nah, di bawah ini Brobali.com sudah merangkum tips membeli tas carrier atau tas gunung yang baik.




Pilih Merek/Brand yang Sudah Terjamin Kualitasnya

Semakin populernya acara mendaki gunung, sekarang juga semakin menjamurnya produsen-produsen tas gunung yang mematok harga cukup bersaing.

Tapi, semoga kau tidak menyesal, sangat disarankan untuk membeli tas gunung dari produsen yang sudah terkenal kualitasnya menyerupai Eiger, Consina, Rei, Deuter dan masih banyak lagi.

Walaupun cukup mahal, namun produk dari brand-brand diatas sudah teruji kualitasnya.




Pilih Sesuai Fungsi Utama

Apa tujuanmu membeli tas gunung ? untuk mendaki gunung atau sekedar traveling biasa ?

Sebelum memutuskan untuk membeli tas carrier, perhitungkan terlebih dahulu tujuan utamamu membeli tas carrier.

Karena setiap tas carrier mempunyai fungsi masing-masing.

Misalnya, untuk traveling 1-3 hari, memakai tas carrier 20-30L tampaknya dirasa sudah cukup, untuk perjalanan lebih usang sanggup memakai ukuran 40-50L, untuk mendaki gunung biasanya ukuran 60L keatas.






Perhatikan Juga Kapasitas Tas Carrier/Gunungmu

Selain fungsi, kapasitas tas gunung juga menjadi salah satu faktor yang harus kau perhatikan.
Kapasitas tas gunung ini akan menyesuaikan seberapa usang pendakian yang kau lakukan, jikalau cukup usang tentu kau harus mempunyai tas gunung berkapasitas besar bukan?




Perhatikan Berat Badan dan Tinggimu

Jika kau mempunyai berat tubuh dibawah rata-rata atau kurus, lebih disarankan untuk memakai tas gunung berkapasitas medium.

Walaupun hal ini tidak menjadi faktor utama, namun juga harus kau perhatikan sebab tidak semua orang mempunyai kekuatan yang sama.
Dan jikalau kau mempunyai tinggi tubuh dibawah rata-rata, pilihlah tas yang tidak terlalu tinggi juga.




Pilih Tas Carrier yang Ringan Tapi Kuat

Tidak semua tas gunung yang berpengaruh mempunyai berat yang ringan, jadi sebelum membeli tas gunung, cobalah angkat tas tersebut, apakah beratnya cukup ringan atau sudah berat walaupun tidak ada isinya.

Sebab, jikalau tas gunung tersebut cukup berat, maka akan bertambah berat jikalau sudah terisi barang. Sebaliknya, tas gunung yang ringan juga tidak selalu kuat, jadi pandai pintarlah dalam memilih.




Memiliki Fitur Cukup Lengkap

Nah, inilah salah satu faktor terpenting dalam menentukan tas gunung, selain faktor-faktor diatas, pastikan juga tas gunung yang kau pilih mempunyai fitur yang cukup lengkap.

 Tas gunung atau tas carrier merupakan belahan penting dalam acara mendaki gunung Tips Lengkap Memilih Tas Gunung (Carrier) yang Baik
fiturnya lengkap.


Beberapa fitur yang harus ada di tas gunung ialah :
Cover Bag
Tidak semua tas gunung mempunyai cover bag bawaan, walaupun kita sanggup membelinya secara terpisah, tapi alangkah lebih baik jikalau kau membeli tas gunung yang sudah lengkap dengan cover bagnya.

Memiliki Banyak Kantong
Tas gunung yang baik ialah yang mempunyai banyak kantong, kantong-kantong ini sanggup kita isi dengan botol minum atau camilan yang sanggup kita ambil sewaktu-waktu, jadi tidak perlu membuka reslesting utama.

Tali Pengatur Atas
Tas gunung yang sudah terisi penuh, belahan atasnya cenderung menggelantung ke belakang, sebab itu pastikan tas gunung pilihanmu mempunyai tali pengatur atas yang terletak diantara puncak alas pundak atas dan tubuh ransel.

Tali Bahu atau Bantalan Bahu
Pilihlah alas pundak yang empuk tapi tidak kempes jikalau ditekan, dan juga terdapat tali webbing yang dihubungkan ke belahan atas ransel.

Tali Pinggang
Tali pinggang merupakan salah satu komponen terpenting dalam tas gunung, sebab sebagian besar berat tas akan ditopang oleh tali pinggang ini. Karena itu pilihlah tali pinggang yang empuk dan nyaman.

Tali Dada
Tali dada ialah tali yang menghubungkan antara kedua alas bahu, tali ini berfungsi menjaga alas pundak semoga tetap di tempatnya.

Rangka Dalam atau Besi Alumunium
Dalam tas carrier modern, sekarang sudah terdapat besi alumunium yang menjaga bentuk tas semoga tetap tegak supaya tas tetap stabil dengan punggung kita. Pilihlah tas gunung yang mempunyai double frame atau dua besi alumunium.

Bantalan Punggung
Pilihlah alas punggung yang nyaman dikala bersentuhan dengan punggung kamu, juga pastikan alas punggung tersebut sanggup menyerap keringat dan empuk.

baca juga :
Tips menentukan sepatu gunung yang benar.
Rekomendasi sepatu gunung kece untuk wanita.

Nah, itulah tips membeli tas gunung yang baik, untuk duduk perkara style sanggup diubahsuaikan dengan selera masing-masing.
Jika kau mempunyai tips tambahan, sanggup share di kolom komentar.




Sumber https://www.brobali.com/