Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puncak Suroloyo, Spot Kece Untuk Menanti Indahnya Sunrise Dan Sunset Di Kulonprogo

 Kita oke kalau Kabupaten Kulonprogo di Jogja merupakan Kabupaten yang mempunyai banyak w Puncak Suroloyo, Spot Kece Untuk Menanti Indahnya Sunrise dan Sunset di Kulonprogo

Updated -. Kita oke kalau Kabupaten Kulonprogo di Jogja merupakan Kabupaten yang mempunyai banyak wisata pegunungan, salah satu perbukitan paling terkenal di Kulonprogo ialah perbukitan Manoreh, nah berbicara mengenai tempat wisata disana, ada satu tempat yang cukup menarik untuk kita kunjungi

 Kita oke kalau Kabupaten Kulonprogo di Jogja merupakan Kabupaten yang mempunyai banyak w Puncak Suroloyo, Spot Kece Untuk Menanti Indahnya Sunrise dan Sunset di Kulonprogo
sunset indah di puncak suroloyo. foto : fahmiatmadja

Yaitu Puncak Suroloyo, sebuah tempat wisata yang berada di puncak tertinggi perbukitan Manoreh, dengan ketinggian sekitar 1017 Mdpl menciptakan Puncak Suroloyo mempunyai pemandangan yang sangat indah.

Apa yang Menarik di Puncak Suroloyo ?

Walaupun tidak terlalu tinggi, tapi Puncak Suroloyo memperlihatkan pemandangan alam Kabupaten Kulonprogo yang sangat manis dan sayang untuk kita lewatkan.

 Kita oke kalau Kabupaten Kulonprogo di Jogja merupakan Kabupaten yang mempunyai banyak w Puncak Suroloyo, Spot Kece Untuk Menanti Indahnya Sunrise dan Sunset di Kulonprogo
sunrise di puncak suroloyo. foto IG https://www.instagram.com/damartrijati/

Ketika kau berkunjung di siang hari, mungkin kau hanya menemukan pemandangan biasa layaknya wisata perbukitan lainnya, keindahan Puncak Suroloyo mulai nampak ketika fajar dan senja datang.

Ketika fajar, kita sanggup melihat indahnya sunrise dari Puncak Suroloyo ini, luasnya Kabupaten Kulonprogo yang sedang diselimuti kabut di pagi hari membuatmu berdecak kagum dengan keindahannya.

Tak terlepas juga dengan pemandangan dikala senja, Puncak Suroloyo juga sangat cocok untuk menanti terbenamnya matahari loh, perlahan lahan matahari mulai terbenam diantara pebukitan Manoreh yang menciptakan mata dan badan tidak mau beranjak.

baca juga :
daftar spot keren di Jogja untuk melihat sunrise dan sunset
daftar wisata anti mainstream di Jogja, yuk coba!

Di Puncak Suroloyo kita juga sanggup melihat gugusan gunung besar menyerupai Gunung Merbabu, Merapi, Sumbing, Sindoro dan Andong yang nampak gagah berdiri, tak hanya pemandangan gunung-gunung saja, tapi kita juga sanggup melihat kurang jelas Candi Borobudur yang diselimuti kabut ketika pagi lho.

Selain itu, pada setiap tanggal 1 Syura di Puncak Suroloyo juga sering diadakan Upacara Jamasan Pusaka, upacara ini dimaksudkan semoga masyarakat mendapat keselamatan, dukungan dan ketrentaman yang diadakan oleh Keraton Yogyakarta.

Upacara Jamasan Pusaka juga menjadi daya tarik lain dari objek wisata Puncak Suroloyo ini, tak jarang pula wisatawan yang ingin tau dengan upacara Jamasan Pusaka memutuskan untuk berkunjung ke Puncak Suroloyo.

Tapi tunggu dulu, untuk hingga di puncak kita harus melewati ratusan anak tangga terlebih dahulu, ada lebih dari 200 anak tangga yang akan mengantarkan kita ke Puncak Suroloyo, menyerupai biasa rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan alam di puncaknya.

 Kita oke kalau Kabupaten Kulonprogo di Jogja merupakan Kabupaten yang mempunyai banyak w Puncak Suroloyo, Spot Kece Untuk Menanti Indahnya Sunrise dan Sunset di Kulonprogo
view dari puncak suroloyo kulonprogo. foto IG https://www.instagram.com/triwahyu_wr/


Sejarah dan Misteri Puncak Suroloyo

Menurut cerita, suatu hari pada zaman dahulu Raden Mas Rangsang (Sultan Agung Hanyokrokusumo) mendapat ilham untuk berjalan dari Keraton menuju kearah barat, kemudian Raden Mas Rangsang mengikuti perintah ilham tersebut dan hasilnya ia hingga di tempat yang kini berjulukan Puncak Suroloyo.

Saat Raden Mas Rangsang tertidur, ia kembali mendapat ilham untuk membangun pertapaan di daerah Suroloyo ini, hingga hasilnya Raden Mas Rangsang mulai membangun pertapaan di daerah Puncak Suroloyo.

Di daerah Puncak Suroloyo sendiri terdapat tiga pertapaan yang terkenal, yaitu Pertapaan Suroloyo yang berada paling bawah, kemudian naik lagi terdapat pertapaan kedua berjulukan Pertapaan Sariloyo, dari sini kita sudah sanggup melihat pemandangan gunung-gunung, kemudian naik keatas lagi terdapat pertapaan ketiga berjulukan Pertapaan Kaendran.

baca juga :
bosan dengan wisata itu saja di Jogja? yuk coba wisata keren di Kulonprogo ini saja
daftar tempat wisata terkenal di setiap Kabupaten di Jogja

Puncak Suroloyo terbilang tempat wisata yang masih sepi pengunjung. Tidak banyak wisatawan yang menyebabkan Puncak Suroloyo sebagai salah satu destinasi wisatanya ketika berlibur di Jogja. Tapi tidak ada salahnya apabila kau mencoba berlibur di objek wisata satu ini.
 Kita oke kalau Kabupaten Kulonprogo di Jogja merupakan Kabupaten yang mempunyai banyak w Puncak Suroloyo, Spot Kece Untuk Menanti Indahnya Sunrise dan Sunset di Kulonprogo
nyantai di puncak suroloyo. foto IG https://www.instagram.com/okifetaliawati/



Fasilitas :
Fasilitas di objek wisata Puncak Suroloyo masih sederhana, namun cukup memadai.

Harga Tiket Masuk Puncak Suroloyo :
Rp. 5.000/orang

Jam Buka :
24 Jam

Akomodasi (Penginapan)
Sejauh ini belum terdapat penginapan di sekitar tempat wisata Puncak Suroloyo, untuk itu silahkan kau mencarinya di sentra Kota Jogja.



Lokasi Puncak Suroloyo:

  • Alamat ; Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta
  • 34 km dari sentra Kota Yogyakarta melalui Jl. Godean (1 jam 18 menit)
  • 26 km dari sentra Kota Magelang melalui Jl. Soekarno Hatta (54 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh kalau tidak ada kendala)




Rute Menuju Ke Puncak Suroloyo

Untuk aksesnya sanggup dibilang cukup mudah, namun jalan yang harus kita lewati merupakan jalan menanjak dan berkelok-kelok, jadi kau harus berhati hati.

Dari Yogyakarta : Jalan Godean – Kenteng – Naggulan – Kalibawang – Suroloyo
Dari Semarang/Magelang dan sekitarnya : Magelang – Muntilan – Jalan Wates – Kalibawang – Suroloyo.




Tips Saat Berlibur Ke Puncak Suroloyo :

  • Waktu terbaik berkunjung ke Puncak Suroloyo ialah dikala pagi hari (sebelum matahari terbit) dan dikala sore hari, sebab tempat wisata Jogja satu ini terkenal sebagai spot kece untuk melihat sunrise dan sunset.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan jangan mencoret coret tembok ya.
  • Jika tidak tahu jalannya jangan aib untuk bertanya.
  • Persiapkan fisikmu terlebih dahulu sebab kita akan melewati ratusan anak tangga untuk hingga di puncaknya.
  • Gunakan bantalan kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor.
  • Lebih disarankan untuk memakai kendaraan pribadi.
  • Jika males naik ke puncak, kau sanggup menikmati kopi khas suroloyo di warung-warung akrab parkiran.




Lihat peta cara menuju ke Puncak Suroloyo




Wisata Terdekat Dari Puncak Suroloyo (-1 Jam):

Punthuk Setumbu (33 menit)
Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit di Kabupaten Magelang yang terkenal sebagai spot terbaik untuk melihat megahnya Candi Borobudur dari ketinggian, selain itu Punthuk Setumbu juga sangat cocok untuk melihat sunrise.

Candi Borobudhur (29 menit)
Candi Borobudur ialah salah satu Candi paling terkenal di Indonesia, bahkan dunia, Candi Borobudur ialah Candi Budha terbesar di Indonesia, objek wisata ini sudah sangat terkenal di dunia.

sumber foto header:
akun IG https://www.instagram.com/kopisuroloyo/



Sumber https://www.brobali.com/