Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Shortcut Di Desktop Windows Dengan Mudah

Cara menciptakan shortcut di desktop Windows bergotong-royong tidaklah sulit. Meski demikian, pembuatan shortcut terkadang membingungkan bagi sebagian pengguna awal.

Shortcut merupakan cara pintas untuk sanggup mengakses dan menjalankan kegiatan yang telah terinstall di dalam komputer. Shortcut ditampilkan dalam bentuk icon dan biasanya terletak pada area desktop.

Pada umumnya, setiap kegiatan yang terinstall akan secara otomatis menciptakan sebuah shortcut dan meletakkannya pada area desktop. Akan tetapi ada juga beberapa kegiatan yang tidak meletakkan shortcutnya pada area desktop.

Program-program yang tidak menyediakan shortcut biasanya merupakan kegiatan dengan tujuan tertentu yang secara eksklusif terintegrasi dengan ekstensi file.

Sebagai teladan Microsoft Office. Pada versi 2013, kegiatan ini tidak secara eksklusif menyediakan shortcutnya pada area desktop.

Mengapa demikian?

Karena dikala proses instalasi selesai, Microsoft Office 2013 akan eksklusif mengintergrasikan dirinya sebagai kegiatan yang secara default menangani file-file berjenis dokumen.

Itulah mengapa Office 2013 tidak menyediakan shortcut di desktop. Ketika ingin menggunakannya, anda sanggup eksklusif membuka programnya melalui file dokumen yang diinginkan.

Microsoft Office 2013 hanya merupakan contoh. Beberapa kegiatan lainnya terkadang juga tidak menyediakan shortcut di desktop anda. Lantas bagaimana cara mengaksesnya ?.

Solusinya ialah dengan menciptakan shortcut di desktop secara manual. Di bawah ini terdapat dua cara menciptakan shortcut di desktop Windows dengan mudah, yaitu :

1. Melalui Start Menu

Sebenarnya semua kegiatan yang telah terinstall akan mempunyai shortcut. Namun tidak semua kegiatan meletakkan shortcutnya di area desktop.

Lantas dimana shortcut tersebut tersimpan?

Sebagian besar kegiatan akan menyimpan shortcutnya di dalam All Programs yang berada pada Start Menu. Untuk melihatnya anda sanggup membuka Start Menu.

Artikel Terkait  :  6 Kelebihan Windows 10 Penunjang Efektivitas Anda

Di bab inilah sebagian besar kegiatan meletakkan shortcutnya. Lihatlah satu persatu nama dari kegiatan yang anda butuhkan pada daftar yang ada.

Untuk menciptakan shortcut di desktop melalui Start Menu, lakukan langkah-langkah berikut ini ;

- Buka Start Menu, Klik tombol Star hidangan (logo Windows) pada bab paling kiri dari area Taskbar.
- Klik pada tanda segitiga kanan yang bertuliskan All Programs.
- Arahkan mouse pada nama program
- Klik kanan nama kegiatan yang diinginkan
- Pilih dan klik Send to pada contex menu
- Kemudian pilih Desktop (create shortcut)

Agar lebih jelas, kita sanggup melihat tahapan pembuatan shortcut pada gambar di bawah ini :

Cara menciptakan shortcut di desktop Windows bergotong-royong tidaklah sulit Cara Membuat Shortcut di Desktop Windows Dengan Mudah

2. Membuat Shortcut Melalui Windows Explorer

Membuat shortcut melalui Windows Explorer terbilang gampang-gampang susah. Kita setidaknya harus mengenal terlebih dahulu icon dan ekstensi dari kegiatan tersebut.

Artikel Terkait : Pengertian Ekstensi File dan Cara Praktis Memahaminya

Secara default, semua data dari kegiatan yang terinstall, akan diletakkan pada folder Program Files. Folder ini biasanya terletak pada Drive dimana system Windows berada. Dan sebagian besar instalasi kegiatan berada pada Drive C:\
Perlu diperhatikan bahwa dikala anda berada dalam folder Program Files, jangan melaksanakan perubahan apapun kalau anda tidak yakin dengan apa yang sedang dilakukan. Perubahan atau peniadaan akan menghipnotis program-program yang terinstall pada system Windows yang anda miliki.
Cara ini juga sanggup dipakai untuk menciptakan shortcut pada program-program portabel, yaitu kegiatan yang sanggup dijalankan tanpa melalui proses instalasi.

Untuk menciptakan shortcut di desktop melalui Windows Explorer, ikuti langkah-langkah berikut ini :

- Buka Windows Explorer, tekan tombol keyboard berlogo Windows dan karakter E secara bersamaan (tombol Windows + E).
- Berikutnya pilih dan klik Local Disk (C:)
- Kemudian pilih dan klik Program Files
- Setelah berada dalam folder Program Files, cari dan pilih nama folder yang sesuai dengan nama kegiatan yang anda inginkan.
Beberapa kegiatan terkadang memakai nama dari Pengembang atau Pembuat Software. Jika anda tidak menemukan nama folder yang sesuai, maka anda perlu mengetahui nama dari Pembuat Software tersebut.
- Ketika sudah berada di dalamnya, Cari dan pilihlah salah satu file yang berfungsi untuk menjalankan kegiatan tersebut.

File tersebut biasanya mempunyai nama yang sama dengan nama kegiatan serta mempunyai ekstensi file .EXE. Selain itu anda juga sanggup mengenalinya melalui gambar dari icon kegiatan tersebut.

- Setelah menemukannya, lakukan lagi langkah-langkah berikut ini:
  • Pilih dan klik kanan pada file yang diinginkan
  • Pilih Send to
  • Kemudian pilih dan klik pada Desktop (create shortcut)

Artikel Terkait  :  Manajemen File dan Folder serta Pengertian Windows Explorer

Alur proses pembuatan shortcut di desktop Windows melalui Windows Explorer sanggup dilihat pada gambar di bawah ini :

Cara menciptakan shortcut di desktop Windows bergotong-royong tidaklah sulit Cara Membuat Shortcut di Desktop Windows Dengan Mudah

Bukalah kembali desktop anda. Disana akan terlihat sebuah shortcut baru, sebagai hasil dari pembuatan shortcut yang telah dilakukan sebelumnya.

Demikianlah cara menciptakan shortcut di desktop Windows. Kita sanggup dengan cepat mengakses program-program yang sering digunakan, melalui shortcut yang terletak pada desktop.


Sumber http://www.intiter.com/