Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Keindahan Pantai Tanjung Papuma ( Pasir Putih Malikan ) Kabupaten Jember

Pantai Tanjung Papuma, adalah pantai yang terletak di Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Jarak dari sentra kota Jember sekitar 1 jam 30 menit. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wajib kalau berkunjung ke kabupaten Jember. 

Sumber : Instagram

Pantai Papuma menjadi salah satu ikon dari kabupaten Jember, pantai ini terletak di sebuah tanjung (daratan yang menjorok ke laut), dan terletak di balik bukit.

Pantai Papuma termasuk dalam pantai selatan pulau Jawa, dengan ombak yang cukup tinggi, sebagai ciri khas pantai selatan, tapi jangan khawatir, ombak pantai papuma cukup hening dibandingkan pantai selatan lainnya. Air maritim di pantai Papuma berwarna biru bersih,pantainya pun tergolong pantai yang terawat dan bersih, saluran jalan menuju pantai pun tergolong mudah, untuk masuk pantai Papuma, tiket masuk pada dikala hari libu Rp. 17.500 dan untuk hari biasa Rp 15.000.

Selain pantai yang berpasir putih terdapat karang-karang disekitar pantai dan banyak biota maritim yang hidup di sekitar karang tersebut, serta udara yang tidak terlalu terasa panas alasannya yakni masih banyak pepohonan di sepanjang garis pantai, menjadikan  pantai ini daerah favorit para pelancong.

Sumber : Instagram

Rute Menuju Pantai Papuma

Dari stasiun Jember sanggup ditempuh memakai kendaraan pribadi menuju Gladak kembar kemudian menuju Kecamatan Jenggawah setalah itu menuju pasar ambulu, dari pasar ambulu lurus saja sekitar 30 menit, kemudian kanan jalan ada gapura yang bertuliskan pantai papuma, masuk ke gapura tersebut kira-kira sekitar 15 menit. perlu diperhatikan jalan masuk menuju pantai cukup curam, berupa tanjakan.

Fasilitas 

Fasilitas dipantai papuma cukup memadai, tersedia akomodasi kamar mandi, WC berbayar yang disediakan warga lokal, untuk penginapan di pantai tersebut juga tersedia, pantai papuma termasuk pantai yang kondusif untuk berenang dan camping, garis pantai yang panjang sangat rekomendet untuk camping. 

Selain itu kita sanggup menikmati pantai papuma dari ketinggian, melalui siti hinggil (tanah tinggi). Siti Hinggil yakni wahana atau spot yang dibangun diatas bukit di pantai Papuma, untuk sanggup masuk ke siti hinggil, kita sanggup merogoh kocek sekitar Rp 10.000 sekali masuk, pribadi sanggup menikmati pantai tanjung papuma dari ketinggian.

Sumber : Instagram

disarankan pada waktu sore hari untuk ke siti hinggil, alasannya yakni sanggup menikmati sunset yang indah dari ketinggian, tapi harus berhati-hati alasannya yakni disekeliling siti hinggil terdapat jurang yang pribadi ke maritim lepas. 

Pantai papuma mempunyai 2 sisi pantai alasannya yakni posisinya terletak di tanjung, namun jalan sudah terhubung mengitari setiap sisi pantai. disisi kiri dari pintu masuk biasanya terdapat perahu-perahu nelayan yang sanggup disewa untuk menikmati sekeliling pantai, sedangkan sisi bab kanan pantai terdapat spot foto yang tak kalah indah. 

Sumber : googlemaps

Di Pantai Papuma kita juga sanggup menikmati wisata kuliner, terdapat banyak warung di sisi sebelah kiri dari jalur masuk menuju pantai, warung-warung yang menyedikan banyak kuliner dan minum, sajian yang disuguhkan yakni seafood, yaitu lobster, banyak sekali jenis ikan dan lain-lain.

Terdapat banyak sekali spot foto yang indah dan instagramable banget, dan merupakan salah satu pantai terindah di pulau Jawa. Kaprikornus ayo berkunjung ke pantai Pasir putih malikan di kabupaten Jember

Sekian terimakasih, agar artikel ini menjadi acuan apabila ingin berkunjung di Kabupaten Jember. 

Sumber https://minatpedia.blogspot.com/