Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alam Sekitar Danau Maritim Tawar Takengon Menyimpan Segudang Panorama

Alam Sekitar Danau Laut Tawar Takengon Menyimpan Segudang Panorama. Ada satu tempat wisata di Aceh Tengah yang menciptakan anda kagum melihatnya. Sebuah danau indah yang terletak di dataran tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah Provinsi AcehWisata Danau Laut Tawar. Yang mempunyai objek wisata yang lengkap, spot foto yang keren dan hitz. Danau Laut Tawar sebuah potensi wisata Aceh, tempat hunting foto yang digemari wisatawan. Digemari belum dewasa muda yang bahagia berpetualang, cocok juga buat belum dewasa hingga orang dewasa.

Takengon merupakan tempat yang dikenal sebagai salah satu penghasil biji kopi terbaik di dunia yaitu Kopi Aceh Gayo. Daerah ini memang didominasi dengan perkebunan dan lahan pertanian luas yang berada didataran tinggi. Selain terkenal dengan kopinya, Aceh Tengah nyatanya mempunyai beberapa tempat wisata yang cukup terkenal mirip Danau Laut Tawar. Danau Laut Tawar menunjukkan sensasi  yang mirip dengan lautan. Wisatawan sanggup melihat adanya ombak-ombak kecil yang sesekali menyapa tepi danau maritim tawar. Keindahan panorama alam berupa perbukitan hijau yang berada disekitar danau juga menambah suasana alami serta sedap untuk dipandang mata.


Untuk mencapai Danau Laut Tawar, wisatawan cukup menempuh jarak yang cukup bersahabat dengan perjalanan sekitar 10 menit saja dari ibu kota Aceh Tengah, yaitu Kota Takengon. Namun kalau tiba dari Kota Banda Aceh, maka wisatawan harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan dengan jarak tempuh mencapai 320 kilometer.

Tak hanya menyimpan panorama alam yang menawan, Danau Laut Tawar juga merupakan salah satu elemen penting dalam roda perekonomian masyarakat Aceh Tengah khususnya yang berada disekitar danau. Lebih dari 20 sungai bermuara di danau maritim tawar, serta air menjadi sumber irigasi utama untuk lahan pertanian dan perkebunan warga setempat. Selain itu, tempat wisata yang satu ini juga dibalut beberapa cerita misteri yang menciptakan bulu kuduk berdiri.


Danau Laut Tawar mempunyai luas yang mencapai 5.472 hektar dengan panjang sekitar 17 kilometer dan lebar 3 kilometer. Luasnya yang hampir ibarat luas lautan, maka tak heran kalau danau ini diberi nama Danau Laut Tawar alasannya yaitu memang air di danau ini tak asin tetapi tawar. Danau Laut Tawar mempunyai kedalaman bervariatif yang sanggup mencapai hingga 50 meter lebih. Wisatawan dihimbau biar selalu berhati-hati alasannya yaitu sanggup saja terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
Di Danau Laut Tawar juga terdapat banyak sekali spesies tumbuhan dan fauna yang hidup didalam dan disekitar danau. Seperti beberapa jenis plankton, ikan, moluska, dan mamalia.Ketika wisatawan berada di danau, maka akan tersaji sebuah fenomena danau yang sangat luas dengan barisan perbukitan yang nampak hijau dari kejauhan. Suasana yang asri juga sanggup dirasakan wisatawan didanau ini, angin sepoi-sepoi seolah menjadi teman setia yang selalu menemani ketika berada di danau.

Cuaca di sini memang mendukung sekali untuk bermalas-malasan, yaitu hingga 20 derajat celcius. Yah, hampir separuh cuaca Jakarta kalau lagi panas terik.  Maklum saja kalau cuaca di sini dingin, soalnya memang lokasi danau Laut Tawar di atas dataran tinggi Gayo. Sampai-sampai banyak orang yang menyebutnya sebagai danau di atas awan. Di danau Laut Tawar terdapat ikan khas yang berjulukan ikan depik. Bentuknya agak mirip mirip ikan teri tapi lebih besar. Rasanya lezat sekali ketika digoreng alasannya yaitu kriuk dan gurihnya bikin nagih. Pokoknya wajib anda coba makanan khas di sekitar Danau Laut tawar.
Terimakasih dan semoga bermanfaat, selalu berhati-hati dalam perjalanan. Jika anda kemari untuk para perempuan di haruskan menggunakan pakaian muslimah atau berjilbab bagi yang muslim di karnakan di wilayah Takengon berlaku syariat islam semoga anda sanggup mengerti dan mentaati peraturan setempat sehingga sanggup mempertahankan nilai-nilai budaya.