Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memakai Chrome Dengan Gampang Dan Efektif

Bagaimana cara memakai Chrome terkadang menjadi pertanyaan bagi sebagian penggunanya. Hal ini biasanya terjadi ketika pertama kali menjalankannya. Tampil dalam kondisi polos, tanpa Menu kafe dengan hanya beberapa Toolbar.

Apa yang harus saya lakukan? Itulah yang ada dalam benak saya ketika pertama kali melihat tampilannya.

Jika anda mengalami hal yang serupa, maka tidak ada cara memakai Chrome yang lebih gampang efektif selain mengenal terlebih dahulu User Interface (tampilan menu) yang dimilikinya.

Mengapa perlu mengenal User Interface Chrome?

Karena user interface akan membantu pengguna dan acara yang dipakai untuk saling berinteraksi dan berhubungan, antara satu dengan yang lainnya.

Secara garis besar, user interface dalam goresan pena ini sanggup diartikan sebagai cara atau bagaimana Google Chrome sanggup berinteraksi dan berkomunikasi dengan para penggunanya.

Agar gampang mengikuti artikel ini, pastikan bahwa anda telah mempunyai acara Chrome. Jika belum memilikinya, anda sanggup mengunduhnya melalui halaman resmi Google Chrome.

Apa saja kemudahan dan fungsi yang tersemat di dalam user interfacenya dan bagaimana cara memakai Chrome dan  dapat anda ketahui di bawah ini.

A. Mengenal Tampilan Dasar Chrome

Sebagai langkah awal, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu tampilan dasar (user interface) dari Google Chrome. Untuk melihatnya, klik dua kali pada icon Chrome yang terdapat di area desktop.

Selanjutnya akan muncul jendela utama dari Google Chrome. Hadir dengan dominasi warna putih pada tampilan dasar serta les berwarna abu-abu di kepingan atas.

Tidak ada Menu Bar menyerupai browser pada umumnya dan hanya terdapat beberapa toolbar sebagai pengganti menu.

Apakah hanya itu saja?

Tentu saja tidak. Apabila diperhatikan secara lebih detail, Chrome bergotong-royong menyediakan tiga area yang sanggup dipakai oleh penggunanya untuk berinteraksi.

Agar lebih gampang dipahami, saya membagi user interface (tampilan) Chrome menjadi 3 (tiga) bagian. Ketiga area tersebut terdiri dari :

  • Bagian Kiri Atas (User Interface Bagian Kiri)
  • Bagian Tengah Halaman (User Interface Bagian Tengah)
  • Bagian Kanan Atas (User Interface Bagian Kanan)

Percaya atau tidak, pada ketiga kepingan area inilah nantinya anda sering berinteraksi dengan Google Chrome.

Anda sanggup melihat citra ketiga kepingan tersebut pada gambar di bawah ini.

Bagaimana cara memakai Chrome terkadang menjadi pertanyaan bagi sebagian penggunanya Cara Menggunakan Chrome Dengan Praktis dan Efektif

Ketiga user interface tersebut bukanlah sekedar hiasan belaka. Masing-masing menyediakan kemudahan dan fungsi penting untuk memaksimalkan penggunaan Google Chrome.

Selanjutnya mari kita lihat, fungsi dan kemudahan dari ketiga kepingan dari user interface Google Chrome.

B. Mengenal dan Menggunakan User Interface Chrome Bagian Kiri

Pada kepingan kiri sebelah atas, terdapat dua Tab, tiga tombol Navigasi, sebuah kolom Address Bar dan sebuah Bar yang dilengkapi dengan satu Bookmark.

Meskipun terlihat sederhana namun mempunyai banyak sekali fungsi penting ketika sedang memakai Chrome.

Gambaran user interface Google Chrome Bagian Kiri sanggup dilihat pada gambar di bawah ini.

Bagaimana cara memakai Chrome terkadang menjadi pertanyaan bagi sebagian penggunanya Cara Menggunakan Chrome Dengan Praktis dan Efektif

Dari citra di atas terdapat tujuh kemudahan dan fungsi yang sanggup memudahkan penggunanya ketika sedang memakai Google Chrome, yaitu :

1. Tab Aktif

Ini ialah halaman aktif yang anda gunakan ketika ini. Ketika menjalankan Google Chrome, setidaknya terdapat satu tab aktif yang akan terbuka. Dan pastinya, anda sedang berada di dalam Tab aktif ketika ini

2. Tab Baru

Pada beberapa kondisi terkadang kita perlu mengunjungi website lainnya namun masih membutuhkan halaman website yang aktif ketika ini. Jika demikian, membuka tab gres ialah solusi terbaik untuk kondisi ini.

Cara membuka tab gres :
  • Klik pada kepingan tab kecil yang terletak disamping kanan dari tab aktif.
  • Selanjutnya Tab gres akan terbuka dan anda pun akan berada di dalamnya.

Di Google Chrome, anda sanggup membuka banyak tab dengan alamat yang berbeda-beda pada masing-masing Tab.

3. Tombol Navigasi

Sesuai dengan namanya tombol ini berfungsi sebagai alat navigasi. Tombol ini biasa dipakai ketika anda menjelajahi sebuah website dengan satu tab aktif.

Terdapat dua fungsi pada tombol navigasi yaitu Back dan Forward. Tombol back disimbolkan dengan tanda panah menghadap ke kiri sedangkan tombol Forward disimbolkan dengan tanda panah menghadap ke kanan.

Apabila anda telah membuka lebih dari satu halaman pada tab aktif, maka tombol Back akan diaktifkan. Dan jikalau anda kembali ke halaman sebelumnya maka tombol Forward juga akan di aktifkan.

Cara memakai tombol Navigasi Chrome yaitu :
  • Klik tombol Back untuk kembali ke halaman yang anda kunjungi sebelumnya.
  • Klik pada tombol Forward untuk maju ke halaman berikutnya.

4. Tombol Reload

Tombol Reload ialah tombol untuk merefresh atau memuat ulang sebuah halaman website. Pada beberapa kondisi, kita perlu merefresh atau memuat ulang sebuah halaman website.

Tombol reload sering dipakai untuk keperluan update pada situs layanan email atau sosial media. Tujuannya ialah untuk menyidik email terbaru atau mengetahui status terbaru dari pengguna lainnya pada situs sosial media.

Tombol Reload juga dipakai jikalau terjadi gangguan pada koneksi pada jaringan internet. Tujuannya ialah untuk memuat kembali atau menyempurnakan tampilan halaman yang sebelumnya terganggu oleh jaringan yang bermasalah.

Cara memakai tombol Reload di Chrome :
  • Buka halaman website yang ingin di muat ulang
  • Klik tombol Reload atau F5 pada keyboard untuk memuat ulang

5. Address Bar

Address Bar merupakan sebuah kolom input, kawasan dimana pengguna menuliskan alamat dari sebuah halaman website. Dengan alamat yang benar maka Chrome siap mengantarkan anda menuju ke halaman yang diinginkan.

Anda sanggup mengunjungi sebuah website dengan memasukkan alamat lengkapnya ke dalam kolom Address Bar.

Cara memakai Address Bar Google Chrome :
  • Arahkan pointer mouse pada kolom Address Bar
  • Ketik alamat website tujuan anda
  • Tekan Enter pada keyboard

Selain itu, address Bar juga menjadi sarana gosip bagi sebuah halaman website. Jika ingin mengetahui alamat lengkap dari sebuah halaman website maka anda sanggup melihatnya di dalam kolom Address Bar.

Bukan itu saja, Address Bar pada Google Chrome juga terintegrasi eksklusif dengan Google Penelusuran. Fasilitas ini akan membantu penggunanya dalam penulisan alamat website.

Meskipun anda tidak menuliskan alamat website secara lengkap dan benar, Address Bar pada Google Chrome secara otomatis akan menghubungkan instuksi tersebut pada Google Penelusuran.

Itulah sebabnya memahami penggunaan Addres Bar dengan baik, merupakan kepingan penting dari cara memakai Chrome dengan gampang dan efektif.

Sebagai contoh, jikalau anda mengetik kata intiter pada Address Bar maka Chrome akan memproses kata tersebut.

Apabila alamat website tidak lengkap menyerupai pola di atas, maka Chrome akan menghubungkannya kepada Google Penelusuran.

Selanjutnya Google Chrome akan menampilkan hasil pencarian terhadap kata intiter pada halaman Google Penelusuran.

6. Bookmarks Bar

Bookmarks Bar ialah sebuah kawasan yang disediakan oleh Google Chrome untuk meletakkan daftar bookmarks. Ini merupakan cara pintas untuk mengakses halaman website yang pernah dikunjungi sebelumnya.

Apa itu Bookmarks?

Bookmarks ialah kemudahan yang sering dipakai untuk menandai sebuah halaman website yang menarik, dianggap penting atau sering dikunjungi.

Apabila suatu ketika anda menemukan halaman website dengan artikel yang penting dan menarik, apakah anda ingin kembali mengunjunginya di lain waktu?

Jika tanggapan anda YA, maka dapatkah anda mengingat alamat lengkap dari website tersebut?

Saya yakin sebagian besar akan menjawab TIDAK.

Untuk kebutuhan itulah Bookmarks digunakan.

Apabila anda tertarik pada sebuah halaman website dan ingin mengunjunginya di lain waktu, maka anda sanggup menandai halaman tersebut dan memasukkannya ke dalam daftar Bookmark.

Cara memakai Bookmark di Google Chrome :
  • Pilih halaman website yang ingin di Bookmark.
  • Klik tombol bintang yang ada di ujung kanan kolom Address Bar atau tekan tombol Ctrl + D pada keyboard.
  • Masukkan nama untuk Bookmark.
  • Pilih Folder untuk menyimpan Bookmark.
  • Klik Selesai. 

Jika ingin mengunjunginya kembali, anda tinggal mencarinya pada Bookmarks Bar.

Bookmarks Bar terletak sempurna di bawah kolom Address Bar, dengan posisi memanjang dari kiri ke kanan. di dalamnya terdapat citra favicon atau icon beserta judul halaman dari website yang telah di bookmarks.

Apabila anda tidak menemukan Bookmarks Bar, maka ada kemungkinan pengaturan Tampilkan bilah bookmark yang ada dalam Menu - Bookmarks belum di tandai (dicentang) .

Cara menampilkan Bookmarks Bar pada Chrome, yaitu :

  • Klik tombol Menu (gambar empat titik) yang ada di Bagian Sebelah Kanan.
  • Pilih Bookmark.
  • Kemudian beri tanda centang pada Tampilkan bilah Bookmark atau tekan tombol Ctrl + Shift + B secara bersamaan.

Anda juga sanggup melaksanakan Bookmark pada sebuah halaman dengan cara yang kedua yaitu :
  • Arahkan pointer mouse pada Address Bar.
  • Klik tiga kali pada alamat website untuk memblok.
  • Seret alamat website yang telah terblok ke arah Bookmarks Bar.

Anda sanggup lebih leluasa mengelola Bookmark melalui Menu Bookmark yang terdapat pada daftar Menu

7. Apl

Apl ialah sebuah tombol semacam toolbar, yang berfungsi sebagai pintasan atau cara cepat untuk mengakses aplikasi-aplikasi milik Google.

Dengan kata lain Apl bergotong-royong ialah Bookmarks dari halaman-halaman utama aplikasi Google yang lainnya.

Ini bertujuan semoga pengguna chrome tidak perlu lagi mengetikkan alamat dari layanan Google lainnya ketika ingin mengunjunginya.

Tombol Apl ditampilkan dengan icon kotak grid berwarna-warni dan terletak pada kepingan paling kiri dari Bookmarks Bar.

Cara memakai Bookmark Apl di Chrome yaitu :
  • Klik icon Apl di kepingan paling kiri dari Bookmarks Bar.
  • Pilih dan klik pada icon Aplikasi Google yang ingin dikunjungi.

Dengan cara tersebut, anda sanggup memakai dua atau lebih Aplikasi dan layanan dari Google secara lebih efektif

C. Mengenal dan Menggunakan User Interface Chrome Bagian Tengah

Selain menyediakan banyak sekali kemudahan dan fungsi pada user interface di kepingan kiri atas. Chrome juga menghadirkan dua kemudahan di kepingan tengahnya.

Dua kemudahan yang terdapat pada kepingan tengah terdiri dari sebuah kolom untuk memulai penelusuran dan beberapa daftar situs web yang paling sering dikunjungi.

Daftar website yang paling sering dikunjungi akan ditampilkan dalam bentuk grid, menyerupai terlihat pada gambar di bawah ini.

Bagaimana cara memakai Chrome terkadang menjadi pertanyaan bagi sebagian penggunanya Cara Menggunakan Chrome Dengan Praktis dan Efektif

Kedua fungsi dan kemudahan kepingan tengah yang akan membantu pengguna ketika sedang memakai Chrome yaitu :

1. Kolom Google Penelusuran

Google sebagai pemilik Chrome mengetahui bahwa kebutuhan utama dari sebagian besar pengguna internet ialah pencarian informasi.

Untuk memberi kemudahan dan jalan masuk yang cepat terhadap pencarian informasi, Google Chrome melengkapi user interfacenya dengan sebuah kolom pencarian yang terintegrasi eksklusif dengan Google penelusuran.

Apabila anda ingin mencari sesuatu maka anda tidak perlu lagi membuka halaman Google penelusuran.

Cukup memakai Google Penelusuran yang terdapat pada user interface Chrome, maka selanjutnya anda akan eksklusif berada pada halaman Google Search.

Cara memakai fitur penelusuran di kepingan tengah user interface Google Chrome yaitu :
  • Buka satu Tab baru.
  • Klik pada kolom penelusuran yang ada di kepingan tengah halaman (di bawah logo Google).
  • Ketik sesuatu yang ingin anda cari.
  • Tekan Enter.

2. Daftar Situs Paling Sering Dikunjungi

Google juga menyadari bahwa setiap pengguna internet niscaya mempunyai daftar situs favorit yang wajib untuk dikunjungi ketika pertama kali membuka browser.

Untuk membantu penggunanya, Google Chrome akan menandai situs web yang paling sering dikunjungi dan akan diletakkan pada kepingan tengah halaman, sempurna di bawah kolom Google Penelusuran.

Anda sanggup dengan cepat mendatangi situs-situs yang wajib anda kunjungi, tanpa perlu mengetik alamat situs tersebut pada kolom Address Bar.

Jika tidak menginginkannya, anda juga sanggup menghapus daftar website yang telah ditampilkan di kepingan tengah user interface Chrome.

Cara menghapus daftar halaman yang sering dikunjungi pada Google Chrome yaitu :
  • Arahkan pointer mouse pada kepingan atas halaman website yang ingin dihapus dari daftar grid yang ada.
  • Tahan pointer mouse sampai muncul tanda silang disebelah kanan atas kotak grid.
  • Klik tanda silang untuk menghapus halaman website dari daftar grid.

Dengan cara tersebut, anda bebas menentukan, halaman website mana yang ingin ditampilkan dan halaman mana yang tidak ingin anda tampilkan.

D. Mengenal dan Menggunakan User Interface Chrome Bagian Kanan


Selain pada kepingan kiri dan tengah, Google Chrome juga menghadirkan kemudahan dan fungsi penting pada user interface kepingan kanan.

Meskipun hanya mempunyai beberapa tombol, User Interface kepingan kanan Chrome bergotong-royong justru menyajikan lebih banyak fungsi dan kemudahan  diantaranya Form Sign in, Tombol Bookmark dan tombol Menu.

Gambaran secara detail dari user interface kepingan kanan dari Google Chrome sanggup anda lihat pada gambar di bawah ini.

Bagaimana cara memakai Chrome terkadang menjadi pertanyaan bagi sebagian penggunanya Cara Menggunakan Chrome Dengan Praktis dan Efektif

Gambar di atas menawarkan bahwa terdapat enam buah tombol yang sanggup membantu anda ketika sedang memakai Chrome.

Keenam fungsi dan kemudahan pada kepingan kanan Chrome sanggup kita ketahui menyerupai di bawah ini :

1. Form Sign in

Untuk membantu penggunanya, Chrome menyediakan sebuah Form Sign in. Jika anda melaksanakan sign ini terlebih dahulu sebelum memakai Chrome, maka acara yang anda lakukan ketika itu akan tersimpan pada akun tersebut.

Aktifitas yang tersimpan meliputi; daftar Bookmarks, riwayat browsing, password maupun perubahan pengaturan yang pernah diterapkan.

Apabila di lain waktu anda memakai Chrome melalui perangkat yang berbeda, maka daftar Bookmarks, riwayat, password dan pengaturan di perangkat sebelumnya akan anda temukan kembali.

Cara Untuk Sign in memakai Chrome yaitu :
  • Klik pada icon dengan gambar user di kepingan sebelah kanan atas.
  • Klik pada Sign in to Chrome.
  • Masukkan Akun Google anda (alamat Gmail) dan klik tombol Berikutnya.
  • Masukkan password akun Google (password Gmail) dan klik tombol Berikutnya.

Agar sanggup dapat memanfaatkan fitur ini, anda harus Sign in memakai akun Google. Jika belum memilikinya, anda sanggup menciptakan email gres di Gmail.

Artikel Terkait  :  Cara Membuat Email Gmail Yang Benar dan Mudah

2. Tombol Bookmark

Tombol Bookmark pada chrome digambarkan dengan simbol bintang yang terletak di sebelah kanan kolom Address Bar.

Melalui tombol Bookmark tersebut, anda sanggup dengan gampang melaksanakan bookmark pada halaman website yang diinginkan.

Cara melaksanakan bookmark memakai tombol Bookmark sama menyerupai yang telah diuraikan sebelumnya pada kepingan Bookmars Bar.

Setelah melaksanakan bookmark pada sebuah halaman, maka simbol bintang tersebut akan mengalami perubahan warna.

Pada awalnya, simbol bintang berwarna putih. Namun sehabis anda melaksanakan bookmark pada halaman tersebut, maka simbol bintang akan berubah warna menjadi kuning.

3. Daftar Menu

Disinilah letaknya banyak sekali sajian pada Google Chrome. tombol Daftar Menu ditampilkan dalam bentuk icon dengan gambar empat titik yang tersusun secara vertikal.

Daftar Menu mempunyai banyak pilihan sajian dan sub menu. Ada banyak pengaturan yang sanggup anda sesuaikan dan terapkan di dalamnya.

Beberapa pengaturan yang sanggup diubah dan diterapkan diantaranya adalah; History, Bookmarks, Zoom, Daftar Extensions, Task Manager, Encoding serta beberapa pengaturan lainnya.

4. Pintasan Gmail

Google melalui Chromenya mengerti bahwa email merupakan kebutuhan pokok bagi sebagian besar pengguna internet. Dan untuk memudahkan penggunanya, Google melengkapi Chrome dengan sebuah link pintasan, untuk eksklusif menuju ke halaman Gmail.

Cukup dengan melaksanakan klik pada link Gmail maka anda akan eksklusif dibawa menuju ke halaman gmail dari akun google yang sedang aktif ketika itu.


5. Pintasan Penelusuran Gambar

Chrome juga dilengkapi dengan pintasan atau cara cepat mencari sebuah gambar. Di sebelah link Gmail, terdapat sebuah link gambar yang akan mengantar anda menuju Google Penelusuran Gambar.

Dengan adanya kemudahan ini, anda sanggup dengan cepat dan mudah, menemukan gambar yang anda butuhkan pada Google Penelusuran.


6. Pintasan Layanan Google

Jika anda mempunyai akun Google dan sedang dalam status login (aktif), maka ada kemungkinan bila anda memakai lebih dari satu layanan internet yang telah disediakan oleh Google.

Google Chrome menyediakan sebuah tombol pintasan untuk mengakses layanan Google yang lainnya. Dengan demikian, pengguna Google Chrome tidak perlu bersusah payah jikalau ingin memakai layanan yang lainnya.

Untuk menggunakannya, klik pada icon pintasan dengan gambar kotak-kotak yang terletak di samping pintasan gambar.

Berikutnya akan muncul sajian dropdown yang memuat daftar pintasan layanan Google dalam bentuk icon. Untuk menggunakannya klik pada salah satu icon dari layanan yang diinginkan. Selanjutnya Google Chrome akan menghubungkan anda pada layanan tersebut.


Itulah beberapa hal yang perlu kita ketahui wacana cara memakai Chrome dengan gampang dan efektif. Mengenal User interface Chrome dengan baik, akan membantu acara internet yang sering kita lakukan.


Sumber http://www.intiter.com/