Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Bertingkat Aek Sijorni Ciri Khas Tapanuli Selatan

Air Terjun Bertingkat Aek Sijorni Ciri Khas Tapanuli Selatan, salah satu destinasi menarik yang mungkin sanggup membuatmu jatuh hati dengan kawasan asal bika ambon tersebut. Berada di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayurmatingi, Kabupaten Tapanuli Selatan, tempat ini mengatakan panorama berupa penderasan bertingkat dengan dikelilingi rapat pohon kelapa di sekitar. Dikatakan, nama tempat ini berasal dari bahasa Batak, yakni aek yang berarti air, sementara Sijorni ialah bersih. Sesuai dengan namanya, anutan air di sini katanya selalu bening, meski tengah berada di debit yang paling banyak.

Mendengarkan anutan air yang jatuh sambil menikmati sejuk sepoi angin berbelai lembut-lembut, penderasan Aek Sijorni jadi satu cara lain untuk menikmati Sumatera Utara.


Jatuhan airnya tak terlalu tinggi, hanya mempunyai sekitar 10 meter. Namun problem keindahan tak perlu ditanyakan lagi. Tingkatan penderasan mungil serta batuan serupa bukit kecil di tempat ini akan menciptakan terpesona, atau bahkan enggan pulang. Objek wisata Tapanuli Selatan ini juga mempunyai dua jeram yang berbeda arah. Sisi kiri dibiarkan jatuh untuk mengaliri parit-parit kecil. Sedangkan bab kanan dijadikan taman bermain dengan akomodasi bak ukuran cukup besar. 

Kamu sanggup berenang dengan santai alasannya ialah gerojokannya pun tak berbentuk vertikal menyerupai penderasan pada umumnya. Aek Sijorni juga mempunyai dua kolam, untuk orang berakal balig cukup akal dan anak-anak. Kolam berakal balig cukup akal mempunyai kedalaman sekitar 2 meter sehingga kau sanggup berenang sepuasnya, atau bahkan menaiki tingkatan-tingkatan air terjun. Sedangkan bak anak hanya sedalam 1 meter. Cukup kondusif untuk bermain dengan buah hati anda


Jaraknya sekitar 30 kilometer dari Padang Sidempuan dan butuh perjalanan sekitar dua jam untuk mencapai lokasi. sementara itu, dari sentra kota Medan rutenya membentang sepanjang 380 kilometer. Dengan memakan waktu sekitar 12 jam perjalanan untuk menuju penderasan aek sijorni. Anda sanggup membawa kendaraan langsung atau memakai tranportasi umum menyerupai bus mini ataupun bus lintas timur Sumatera.

Untuk sanggup menikmati keindahan Aek Sijorni ini, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah. Bagi yang membawa kendaraan langsung akan dikenakan biaya parkir lima ribu untuk motor dan 10 ribu untuk mobil. Fasilitas yang tersedia di sekitar obyek wisata sanggup dibilang tidak mengecewakan lengkap. Ada area parkir, musholla, toilet, kamar ganti, dan warung yang menjajakan aneka sajian khas, serta pondok-pondok kecil untuk beristirahat



Itulah sedikit citra mengenai pesona dan keindahan Aek Sijorni. Jangan hingga melewatkan kesempatan mengunjungi Air Terjun Bertingkat Aek Sijorni. semoga bermanfaat dan Jangan lupa selalu jaga kebersihan tempat wisata yang anda datangi dan tetap selalu berhati-hati menuju tujuan.