Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pulau Seumadu Bagaikan Manisnya Pulau Di Lhokseumawe

Pulau Seumadu Bagaikan Manisnya Pulau Di Lhokseumawe merupakan sebuah pulau yang menjadi obyek wisata di Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh dan menjadi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Dulunya tempat ini dinamakan Pantai Rancong, namun kini lebih populer dengan nama Pulau Seumadu. Asal undangan nama Seumadu sendiri sebab dulunya tempat ini sering dipakai untuk tempat tinggal istri kedua. Ada salah satu suami yang juga memiliki dua istri berjulukan Pak Jali. Pak Jali membangun sebuah warung di dekat Pantai Rancong dan warung itu merupakan warung pertama dan satu-satunya yang ada di sana. Warung tersebut berjulukan Seumadu. Sejak ketika itu warga sekitar mulai menyebut tempat ini menjadi Pulau Seumadu.

Sejumlah wisatawan lokal memadati tempat ini pada ketika tamat pekan. Puluhan pondok-pondok kecil berjejer sepanjang bibir pantai. Sebagian warung menyiapkan akomodasi karaoke untuk pengunjung. Dari warung itu terdengar aneka musik bergulir mengiringi pagi hingga petang. Di sudut lainnya, tampak belum dewasa dan kaum remaja menikmati dinginnya air laut. Bermandi ria. Berlompat-lompat dan berkejaran dengan debur ombak. Untuk menuju lokasi Pulau Seumadu, Anda sanggup memakai kendaraan pribadi. Tidak ada transportasi umum menuju Pulau Seumadu yang berjarak sekitar 5 KM arah barat Kota Lhokseumawe itu. Jika Anda hingga di depan Kompleks Perumahan PT Arun NGL, kemudian berbelok ke kiri. Ikuti jalur itu dan Anda akan menemukan Pulau Seumadu.


Untuk menuju pulau ini Anda harus melewati jembatan kayu terlebih dahulu. Jembatan ini merupakan jembatan penghubung ke Pulau Seumadu. Setibanya di Pulau Seumadu, hamparan pasir putih dan air bahari yang biru akan menyambut Anda. Bermain pasir dan berenang di air pantai yang damai niscaya akan sangat mengasyikkan. Namun bukan hanya itu saja, di sini Anda juga sanggup duduk santai sambil memancing. Ada tempat khusus yang berada di depan warung yang memang disediakan untuk memancing. Selain itu, pulau ini juga sudah memiliki akomodasi yang cukup lengkap, menyerupai rumah makan, akomodasi karaoke bagi Anda yang hobi menyanyi, serta bahtera belibis yang sanggup Anda sewa untuk berkeliling


Untuk masuk ke lokasi wisata, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per kendaraan. Lalu menyeberang jembatan kecil yang dibangun warga dengan membayar Rp 2.000 per orang, dan biaya parkir Rp 5.000 per kendaraan.




Sebagai tempat yang dikelilingi laut, Kota Lhokseumawe menyuguhkan panorama pantai sebagai wisata andalannya. Berada di lokasi strategis menciptakan tempat ini gampang dijangkau dan kerap dijadikan pilihan menghabiskan tamat pekan atau sekedar menikmati senja. Pulau Seumadu merupakan pertemuan muara sungai, sehingga untuk menuju ke bibir pantai kita harus melintasi semacam dermaga.

Dermaga-dermaga sepanjang 300-an meter dengan ketinggian 50 meter  itu mengantarkan pengunjung menengok dan menikmati wajah pantai. Tulisan ‘Di sini berlaku syariat Islam, buka pukul 8 pagi – 6 sore. Jumat buka pukul 2’ menyambut pengunjung di muka jembatan yang serupa dermaga tersebut. Pantai Pulau Seumadu diapit oleh pohon bakau dan formasi cemara. Membawa kesegaran di tengah hawa panas yang membekap pantai. Menikmati semilir angin yang melenakan yang sanggup menciptakan pengunjung lupa waktu.


Terlalu banyak kita mendengar permasalahan perihal sampah setiap tempat yang menjadi obyek wisata. Tapi kenapa ketika kita berkunjung tidak terdetak di hati kita untuk tidak buang sampah sembarang malah terkadang kita lupa asal main buang saja kesana sini. Dan karenanya pun untuk diri kita, mari kita wujudkan kesadaran diri masing-masing untuk melestarikan keindahan alam ini jangan sia-siakan begitu saja. agar sanggup di pahami dan bermanfaat, hati-hati dalam perjalanan menuju wisata. selamat berlibur