Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui 2 Faktor Penyebab Komputer Lambat

Apa sebetulnya penyebab komputer lambat? Pertanyaan ini biasa muncul ketika kita mencicipi adanya penurunan kinerja dari komputer yang sering digunakan. Proses booting terasa lama, loading jadwal lambat dan sistem berjalan terlalu berat. Sungguh kondisi yang sangat memprihatinkan.

Memperbaiki kinerja komputer yang berjalan lambat sebetulnya sanggup dilakukan dengan gampang apabila kita mengetahui dengan baik, bagaimana cara kerja sistem operasi komputer.

Kita tidak akan membicarakan wacana cara kerja sistem operasi komputer secara lengkap, lantaran pastinya akan sangat membosankan. Sebagian orang mungkin juga tidak akan tertarik dengan hal tersebut.

Agar tidak membosankan, artikel ini hanya memberi citra singkat bagaimana sebetulnya sistem operasi komputer bekerja. Sehingga kita sanggup lebih memahami, faktor penyebab komputer lambat dan bagaimana cara mengatasinya.

Untuk mempersempit topik, kita akan lebih mengarah kepada sistem operasi Windows sebagai contohnya. Mengingat banyak dari pengguna komputer yang masih memakai Windows sebagai sistem operasi mereka.

Bila anda bukan pengguna Windows, anda tidak perlu khawatir. Karena penyebab utama komputer menjadi lambat hampir mempunyai kesamaan pada semua sistem operasi.

 Pertanyaan ini biasa muncul ketika kita mencicipi adanya penurunan kinerja dari komputer  Ketahui 2 Faktor Penyebab Komputer Lambat


Windows, apakah itu Windows 7, Windows 8 ataupun Windows 10 hanyalah sebuah sistem operasi. Tanpa adanya hardware, sistem operasi mustahil sanggup berjalan.

Artikel terkait  :   6 Kelebihan Windows 10 Penunjang Efektivitas Anda

A. Apa Sebenarnya Sistem Operasi Itu

Sistem operasi yakni jadwal dasar komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer.

Sistem operasi merupakan komponen pengolah piranti lunak dasar (essential component) tersistem yang berfungsi sebagai pengolah sumber daya perangkat keras (hardware) dan menyediakan layanan untuk aplikasi perangkat lunak.

Pada kondisi nyata, sistem operasilah yang akan memilih jadwal mana yang akan dijalankan, kapan, dan alat mana yang akan digunakan.

Agar sanggup berjalan dengan baik, sistem operasi membutuhkan pemberian hardware dalam melaksanakan tugasnya. Lihat ilustrasi di bawah ini :

 Pertanyaan ini biasa muncul ketika kita mencicipi adanya penurunan kinerja dari komputer  Ketahui 2 Faktor Penyebab Komputer Lambat

Ilustrasi di atas menawarkan bahwa, jadwal membutuhkan sistem operasi mirip Windows. Dan untuk sanggup berjalan dengan baik Windows membutuhkan pemberian dari Hardware.

Selama melaksanakan tugasnya, Windows akan menjalankan jadwal yang dibutuhkan oleh pengguna komputer.

B. Apa Itu Program

Program atau biasa juga disebut dengan perangkat lunak (software) yakni sederatan aba-aba yang diberikan pada suatu komputer. Ketika anda memakai jadwal maka instruksi-instruksi tersebut akan diproses

Pada awalnya, tidak seluruh jadwal dimuat ke dalam memori, hanya satu kepingan saja dari jadwal tersebut yang diletakkan ke dalam memori. Bagian-bagian jadwal yang lainnya masih tersimpan di dalam harddisk.

Ketika anda menggunakannya maka jadwal tersebut akan dimuat ke dalam memori dan selanjutnya akan diproses oleh prosesor.

Dari citra di atas terlihat bahwa, setidaknya ada 3 kepingan hardware yang terlibat pada ketika Windows menjalankan sebuah program, yaitu :

- Hard Disk Drive
- Memori
- Processor

Banyaknya aba-aba yang diberikan pengguna komputer ketika menjalankan program, akan berdampak pada banyaknya proses yang harus dijalankan. Disamping itu, banyaknya aba-aba juga akan menambah jumlah data yang dibutuhkan oleh sebuah program.

Bagaimana kalau jadwal yang dijalankan lebih dari satu?

Disinilah permasalahannya.
Cepat tidaknya sistem operasi memproses aba-aba atau perintah dari pengguna komputer bergantung pada kemampuan sumber daya hardware.
Dari perkiraan tersebut, sebetulnya hanya ada 2 faktor utama penyebab komputer lambat, yaitu hardware dan pengguna komputer.

Agar tidak membingungkan, mari kita lihat mengapa hardware dan pengguna komputer menjadi faktor utama penyebab komputer lambat.

1. Komputer lambat disebabkan oleh hardware

Hardware merupakan pondasi bagi berjalannya sebuah sistem operasi mirip Windows. Cepat lambatnya kinerja komputer sangat bergantung pada tingkatan spesifikasi.

Spesifikasi sering dikaitkan dengan jenis dan tingkatan hardware. spesifikasi sebetulnya yakni komponen-komponen inti penyusun komputer.

Komponen-komponen inilah yang akan membantu sistem operasi mirip Windows untuk sanggup menjalankan fungsinya.


Setidaknya, ada 3 spesifikasi penting yang akan selalu mensugesti kinerja komputer yaitu :

a. Central Processing Unit atau Prosesor

Central Processing Unit (CPU) biasanya lebih dikenal dengan istilah processor. Sesuai dengan namanya, prosesor merupakan pengolah data yang berperan untuk memperoses perintah yang diberikan oleh pengguna komputer.

Kecepatan prosesor akan sangat mensugesti kinerja sistem operasi. Semakin tinggi kecepatan processor maka akan semakin cepat aba-aba atau perintah yang sanggup diselesaikan.

b. Memori

Memori yakni kawasan penyimpanan data sementara. Apabila komputer dimatikan dan tidak terdapat sumber daya listrik maka data-data yang terdapat di dalamnya akan terhapus.

Untuk mempercepat pemrosesan, data-data yang akan diproses oleh prosesor ditempatkan pada memori untuk sementara waktu. Sehingga pada ketika nantinya akan di proses, prosesor tidak perlu lagi mengambilnya eksklusif pada harddisk komputer.

Itulah mengapa ketika terjadi error, cara pertama yang sering dilakukan yakni dengan mematikan komputer. Ini dimaksudkan biar data-data yang tersimpan di dalam memori sanggup dihilangkan dan memori kembali dalam kondisi normal.

c. Hard Disk Drive

Hardisk yakni kawasan penyimpanan semi permanen. Artinya data-data yang tersimpan tidak akan terhapus meskipun tidak lagi mendapat pasokan daya listrik.

Semua jadwal yang terinstall dan akan dipakai berada pada media penyimpanan ini. Jika kondisi harddisk tidak optimal maka sanggup dipastikan pedoman data yang dibutuhkan oleh prosesor akan mengalami hambatan.


Dengan kata lain, untuk mendapat kinerja komputer yang baik, anda juga harus mempunyai hardware yang baik. Spesifikasi hardware biasanya bergantung pada jenis dan banyaknya jadwal yang dibutuhkan oleh pengguna.

Artikel terkait  :  10 Cara Memilih Laptop Dengan Spesifikasi terbaik

2. Komputer lambat disebabkan oleh pengguna

Faktor kedua yang menjadi penyebab komputer lambat yakni pengguna komputer itu sendiri. Minimnya pemahaman, ketidakperdulian terhadap kondisi sistem, serta memakai komputer secara tidak efektif, sanggup menjadi penyebab lambatnya kinerja sistem operasi komputer.

a. Kurangnya pemahaman

Kebanyakan komputer menjadi lambat disebabkan oleh adanya gangguan malware. Virus, spyware, trojan dan teman-temannya, sering mengelabui para pengguna komputer. Malware hadir dalam aneka macam versi, mirip file-file normal yang sering kita gunakan.

Malware tidak hanya hadir melalui mediator media penyimpanan, tapi juga sanggup masuk melalui link-link download ketika anda berselancar di dunia internet. Tidak hanya itu, malware juga bisa mengubah ekstensi file anda.

Artikel terkait  :  Pengertian Ekstensi File dan Cara Praktis Memahaminya

Dengan pemahaman yang baik wacana keamanan sistem, pengguna komputer sanggup membedakan mana file-file yang terinfeksi malware dan mana link-link yang menyesatkan.

b. Tidak perduli dengan kondisi sistem

Banyak pengguna komputer yang tidak perduli dengan kondisi sistem. Ketidakpedulian pada kondisi sistem sanggup terlihat dari:

- Sistem yang tidak terupdate,
- Anti virus yang tidak terupdate,
- file-file sampah sistem dibiarkan menumpuk
- tidak pernah mengusut kesehatan registry
- tidak perduli dengan kondisi kesehatan harddisk

Ketidakperdulian terhadap kondisi sistem justru sanggup mengakibatkan penurunan kecepatan pada sistem operasi komputer mirip Windows.

Memelihara kondisi sistem sebetulnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda bahkan sanggup melakukannya disela-sela aktifitas anda.

c. Prilaku tidak efektif

Penyebab berikutnya mengapa komputer lambat yakni sikap yang tidak efektif ketika memakai komputer.

Tujuan utama sistem operasi komputer yakni untuk membantu aktifitas anda melalui program-program yang terinstall di dalamnya. Tapi pada kenyataannya banyak dari pengguna komputer yang menginstall lebih dari satu jadwal dengan fungsi dan tujuan yang sama.

Coba kini lihat komputer anda. Ada berapa banyak jadwal pemutar musik? Ada berapa banyak jadwal pemutar video? Dan ada berapa banyak jadwal penampil gambar?

Bahkan ada yang lebih ekstrim lagi. Ada sebagian pengguna yang menginstall dua anti virus sekaligus dalam satu komputer. Katanya sih biar aman. He.he.he.

Padahal pada kondisi tertentu, ada beberapa jenis jadwal yang dihentikan diinstall secara bersamaan dalam satu komputer. Contohnya mirip Anti virus, Firewall dan jadwal Burning.

Mengapa? Karena program-program tersebut akan memakai bentuk layanan yang sama, fungsi yang sama dan akan dimuat ke dalam memori secara bersamaan. Bisa dibayangkan bagaimana terbebaninya sistem komputer anda.

Untuk menghindari terjadinya bentrokan antar program, gunakan cara efektif, yaitu dengan menginstall hanya satu jadwal untuk masing-masing fungsi yang anda perlukan.

Setidaknya dibutuhkan beberapa cara untuk meningkatkan kinerja komputer lambat. Mulai dari membersihkan malware, membersihkan file sampah, memperbaiki registry, sampai melaksanakan defrag pada harddisk.

Anda sanggup mencoba cara efektif untuk kembali mempercepat komputer yang bejalan lambat, melalui artikel saya yang lainnya mengenai cara mempercepat Windows 7.

Artikel terkait  :  8 Cara Mempercepat Windows 7 Dengan Benar dan Efektif

Meskipun di dalam judul artikel tersebut memfokuskan pada Windows 7, namun anda juga sanggup menerapkannya pada Windows 8.

Demikianlah 2 faktor penyebab komputer lambat. Anda sanggup menilai sendiri mengapa komputer anda berjalan lebih lambat. Apakah disebabkan oleh spesifikasi Hardware atau disebabkan dari cara kita memakai komputer.


Sumber http://www.intiter.com/