Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Defrag Dan Bagaimana Cara Defrag Windows 7, 8 Dan 10

Apa itu defrag, bagaimana cara defrag Windows 7 serta aktivitas apa yang sebaiknya digunakan? yakni tiga pertanyaan sederhana dengan balasan yang tidak sederhana.

Sebelum melaksanakan defrag, mungkin akan lebih baik kalau kita mengetahui terlebih dahulu, mengapa hardisk perlu di defrag? dan apa penyebabnya?

Agar lebih gampang memperlihatkan citra yang detail perihal cara defrag Windows, saya memakai aktivitas Defraggler yang terinstall pada sistem Windows 7.

Apabila ketika ini anda tidak sedang memakai Windows 7, maka tidak perlu khawatir. Program Defrag bahwasanya telah tersedia pada beberapa sistem operasi Windows terbaru menyerupai Windows 8 dan Windows 10.

Selain itu, Defraggler juga sanggup diinstall dan berjalan baik pada Windows 8 dan 10. Anda tinggal menerapkan langkah-langkah yang sama pada sistem yang sedang digunakan.

Apabila ingin segera melaksanakan defrag, anda sanggup eksklusif menuju ke Poin 5 mengenai Cara Defrag Windows 7.

Namun kalau ingin mengetahui sedikit perihal apa itu defrag? maka anda sanggup memulainya dari Poin 1 di bawah ini :

1. Mengapa Hardisk Perlu di Defrag

Proses defrag sangat penting bagi media penyimpanan dengan sistem elektromagnetis menyerupai hard disk drive. Dimana? dan bagaimana? data-data tersebut diletakkan, akan sangat mempengaruhi kecepatan hard disk drive ketika melaksanakan pembacaan dan penulisan.

Artikel terkait : Manajemen File dan Folder Menggunakan Windows Explorer

Komponen hardisk yang bertugas untuk melaksanakan pembacaan dan penulisan yakni Head. Saat melaksanakan tugasnya, head pada hard disk drive akan bergerak untuk mengetahui pada penggalan mana saja data-data tersebut akan diletakkan.
Secara teori, sebelum hardisk melaksanakan proses penyimpanan, maka Head pada hard drive akan menyidik ruang-ruang yang belum digunakan. Selanjutnya, data-data tersebut akan dipecah ke dalam bagian-bagian kecil (unit alokasi) dan diletakkan pada ruang ruang yang masih tersedia.
Permasalahannya yakni apabila ruang-ruang yang tersisa pada hardisk tidak lagi berada pada jarak yang berdekatan. Kondisi ini sanggup mengakibatkan file atau data di dalam hardisk mengalami fragmentasi.

 serta aktivitas apa yang sebaiknya dipakai Apa Itu Defrag dan Bagaimana Cara Defrag Windows 7, 8 dan 10

2. Apa Itu Fragmentasi

Sebelum lebih jauh mengetahui apa itu defrag, kita perlu memahami terlebih dahulu, apa itu fragmentasi?

Data atau file sanggup diumpamakan sebagai kumpulan berkas. Apabila berkas-berkas tersebut tidak menempati ruangan yang saling berdekatan di dalam hardisk, maka sanggup dikatakan file tersebut terfragmentasi.

Data-data yang terfagmentasi sanggup memperlambat kinerja komputer termasuk Windows 7, 8 dan 10. Ketika sistem mengakses data, maka hardisk sebagai media penyimpanan akan terlebih dahulu mencari, pada penggalan mana saja data-data tersebut berada.

Artikel terkait : Mengoptimalkan Hard Disk Eksternal dengan Partisi

Apabila data tersebut berada pada jarak ruang yang saling berjauhan maka hardisk akan membutuhkan waktu lebih usang untuk melaksanakan proses pembacaan.

3. Mengapa Terjadi Fragmentasi

Proses fragmentasi sanggup disebabkan oleh beberapa kondisi, menyerupai berikut:

a. Unit alokasi terdekat tidak mempunyai cukup ruang
Ketika anda menambahkan atau menyimpan data ke dalam hardisk, sistem akan menyidik ketersediaan ruang atau unit alokasi yang saling berdekatan dan sesuai dengan ukuran data tersebut.

Apabila ternyata unit alokasi yang saling berdekatan tidak cukup besar untuk menyimpan data tersebut maka, sistem akan memecah atau membagi data tersebut ke dalam beberapa fragment. Besarnya ukuran fragment akan disamakan dengan ukuran unit alokasi.

b. Ukuran file mengalami perubahan
Ukuran file biasanya akan mengalami perubahan ketika anda melaksanakan pengeditan atau penyuntingan. Ukuran file sanggup membesar, melebihi unit alokasi yang sebelumnya telah disediakan.

Ketika ukuran file telah memakai semua unit alokasi yang disediakan, maka sistem akan mengalokasikan pemanis unit alokasi yang belum terpakai pada lokasi yang berdekatan dan mungkin berjauhan.

Apabila unit alokasi yang ditambahkan mempunyai letak yang berjauhan dari unit alokasi sebelumnya, maka file tersebut sanggup dikatakan telah terfragmentasi (lihat Wikipedia).

4. Apa itu Defrag

Defrag yakni istilah yang sering dipakai untuk proses defragmentasi, yaitu sebuah proses yang dilakukan untuk mengurangi jumlah fragmentasi.

File-file yang terfragmentasi dengan letak yang berjauhan akan diatur dan disusun ulang sehingga menempati ruang-ruang yang saling berdekatan.
Proses defrag bertujuan untuk memperoleh kawasan dengan ruang bebas yang besar memakai metode pemadatan, guna mencegah terjadinya kembali proses fragmentasi.
Defrag merupakan solusi sempurna yang sanggup dilakukan untuk meningkatkan kecepatan hardisk. Hal ini bertujuan untuk mendefragmentasi file-file yang telah terfragmentasi, sehingga Head pada hard disk drive, sanggup dengan cepat menemukan dan mengakses data-data yang telah tersimpan.

Dengan mengetahui apa itu defrag, maka kita sanggup menyimpulkan bahwa defrag merupakan salah satu cara untuk mempercepat kinerja sistem operasi komputer menyerupai Windows 7, 8 dan Windows 10. Itulah mengapa kita perlu mengetahui cara defrag Windows.

Artikel terkait : 8 Cara Mempercepat Windows 7 Dengan Benar dan Efektif

5. Cara Defrag Windows 7, 8 dan 10

Cara defrag di Windows 7, 8 dan Windows 10 sanggup dilakukan dengan gampang melalui Disk Defragmenter. Caranya tidak berbeda jauh dan hampir mempunyai kesamaan.

Namun untuk lebih memahami proses fragmentasi dan defragmentasi, ada baiknya bila kita melaksanakan defrag Windows dengan memakai Defraggler.

Defraggler yakni salah satu software terbaik, yang sanggup membantu memperbaiki fragmentasi yang terjadi di dalam hardisk, baik itu hardisk internal maupun hardisk eksternal.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, kunjungi halaman resmi Defraggler.

Untuk mulai melaksanakan defrag, buka aktivitas Defraggler dan selanjutnya akan tampil sajian utama Defraggler. Di dalamnya terdapat jumlah dan rincian Partisi/Drive yang terdapat pada hardisk di Windows 7 anda.

Untuk mengetahui berapa banyak jumlah file yang telah terfragmentasi? Pilihlah pada salah satu Drive (Partisi) kemudian klik tombol Analyze, menyerupai terlihat pada gambar di bawah ini.

 serta aktivitas apa yang sebaiknya dipakai Apa Itu Defrag dan Bagaimana Cara Defrag Windows 7, 8 dan 10

Berikutnya pada penggalan bawah akan ditampilkan hasil analisa dari drive atau partisi yang dipilih. Hasil analisa tersebut akan menampilkan rincian tantang jumlah file yang terfragmentasi, total fragmentasi dan persentase fragmentasi.

Pada penggalan tengah ditampilkan juga sebuah citra perihal kondisi fragmentasi yang terjadi di dalam hardisk.

Untuk mengetahui kondisi fragmentasi secara lebih detail, klik pada penggalan tab File list, yang terletak di penggalan bawah gambar.

Di dalamnya terlihat secara detail, file-file apa saja yang bahwasanya mengalami fragmentasi. Anda juga sanggup melihat berapa banyak fragmentasi yang terjadi pada sebuah file.

Dan bukan hanya itu, Defragler juga akan menampilkan citra fragmentasi yang terjadi pada sebuah file. menyerupai terlihat pada gambar di bawah ini:

 serta aktivitas apa yang sebaiknya dipakai Apa Itu Defrag dan Bagaimana Cara Defrag Windows 7, 8 dan 10

Dapat anda lihat bahwa, file dengan nama The Walk tidak berada pada posisi yang berdekatan dan terpecah ke dalam 3 (tiga) fragments. Kondisi di atas akan mempengaruhi kecepatan hardisk ketika mengakses file tersebut.

Untuk melaksanakan defrag pada salah satu file, klik tombol Defrag Highlighted yang terletak pada penggalan paling bawah.

Dalam referensi ini, file yang akan di defrag yakni file jenis video dengan nama The Walk. Dari hasil analisa, file The Walk terpecah ke dalam 3 (tiga) fragment, sebagaimana terlihat pada gambar di atas.

Proses defrag akan menyatukan kembali ketiga fragment tersebut ke dalam satu tempat yang saling berdekatan.

Setelah selesai, kita akan melihat perubahan kondisi dari file The Walk. Dimana pada awalnya terpecah ke dalam tiga penggalan fragment yang saling berjauhan, kini menyatu menjadi satu bagian. Kondisinya sanggup kita lihat di bawah ini.

 serta aktivitas apa yang sebaiknya dipakai Apa Itu Defrag dan Bagaimana Cara Defrag Windows 7, 8 dan 10

Dengan telah disatukannya file The Walk ke dalam 1 (satu) fragment, maka proses pembacaan terhadap file tersebut akan lebih maksimal.

Gambaran di atas hanyalah sebuah contoh. Anda tidak perlu bersusah payah untuk melaksanakan defrag terhadap masing-masing file.

Cara defrag Windows yang lebih gampang dan efektif yakni dengan menentukan salah satu partisi yang terdapat dalam sistem anda.

Pilihlah Partisi atau drive yang diinginkan. kemudian klik tombol Analyze untuk mengetahui kondisi fragmentasi.

Setelah proses analisa selesai, Anda bisa menentukan apakah ingin melaksanakan defrag atau tidak. Jika hasil analisa memperlihatkan kondisi yang baik, anda tidak diwajibkan melaksanakan defrag.

Namun apabila kondisi yang di tampilkan tidak baik maka anda sebaiknya melaksanakan defrag. Kondisi tidak baik ditandai dengan banyaknya jumlah kotak berwarna merah yang ditampilkan pada gambar.

Kondisi yang tidak sehat juga bisa diketahui dari besarnya persentase fragmentasi. Ini sanggup dilihat di penggalan bawah pada hasil analisa.

Untuk mulai melaksanakan defrag, lanjutkan dengan menekan tombol Defrag, menyerupai tergambar di bawah ini.

 serta aktivitas apa yang sebaiknya dipakai Apa Itu Defrag dan Bagaimana Cara Defrag Windows 7, 8 dan 10

Kecepatan defrag pada hard disk drive bergantung pada banyaknya file yang terfragmentasi dan besarnya ukuran file.

Apabila proses defrag pada hardisk di Windows 7 telah selesai, maka Defraggler akan menampilkan hasil defrag yang disertai citra kondisi ketika ini.

Anda sanggup membandingkan hasil dari proses defrag dengan hasil analisa sebelumnya, menyerupai yang tertera pada gambar di atas.

Terlihat bahwa proses defrag telah berhasil menurunkan persentase fragmentasi hardisk sampai ke angka 0%. Meskipun masih terdapat 3 (tiga) file yang terfragmentasi, namun besarannya masih di bawah 1%.

Anda juga sanggup melaksanakan defrag pada hardisk eksternal dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas.

Demikian uraian singkat perihal apa itu defrag dan cara defrag Windows 7, 8 dan 10 yang gampang dan efektif. Lakukan defrag hardisk secara bersiklus biar file-file yang terfragmentasi sanggup segera di defragmentasi.

Selain bisa meningkatkan kecepatan hardisk ketika melaksanakan pembacaan dan penulisan, defrag juga akan memperpanjang umur hardisk anda.


Sumber http://www.intiter.com/