Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Info Lengkap Curug Lawe, Nirwana Tersembunyi Di Semarang

Semarang, sebuah kota yang menjadi Ibu Kota provinsi Jawa Tengah ini memang terkenal dengan udaranya yang panas, kalau kau berlibur ke Semarang siang hari dipastikan kau tidak akan merasa cukup nyaman.

sebuah kota yang menjadi Ibu Kota provinsi Jawa Tengah ini memang terkenal dengan udarany Info Lengkap Curug Lawe, Surga Tersembunyi di Semarang

Namun,  dibalik panasnya kota ini ternyata terdapat sebuah objek wisata alam yang mempunyai pemandangan keren lho.

Yaitu Curug Lawe yang terletak di lereng Gunung Ungaran, sebuah gunung yang mempunyai ketinggian 2.050 Mdpl, tak heran kalau udara di tempat wisata Semarang satu ini cukup sejuk.

Apa yang Menarik di Curug Lawe ?

Curug Lawe memang sudah cukup terkenal dikalangan para traveler, namun masih jarang yang mengetahui dimana tepatnya lokasi jeram tersebut, objek wisata Curug Lawe terletak di lereng gunung Ungaran sebelah barat, dan cukup jauh dari sentra kota.

ini beliau jembatan romantis. foto : @ramonsetyo46

Walaupun begitu, ternyata Curug Lawe memperlihatkan pemandangan alam yang sangat indah lho, Curug Lawe mempunyai karakteristik yang cukup unik, yaitu sebuah jeram yang terletak di tengah cekungan tebing.

Arus air yang mengalir di Curug Lawe juga cukup deras, jadi jangan terlalu bersahabat ya kalau tidak ingin pakaianmu basah, selain Curug Lawe di daerah ini wisata ini masih terdapat jeram lain yang tak kalah keren berjulukan Curug Benowo.

Curug Lawe dan Curug Benowo berjarak kurang lebih 1 km, untuk sanggup menuju Curug Benowo dari Curug Lawe kita harus melewati jalur naik turun dengan melalui hutan, tapi tenang, sudah terdapat petunjuk jalan kok, jadi kau tidak perlu kawatir tersesat.

Suasana di Curug Lawe dan Curug Benowo sanggup dibilang masih cukup alami, jadi sangat cocok bagi kau yang memang menyukai wisata alam, terlebih lagi objek wisata ini sudah pernah di explore salah satu program tv terkenal bertema traveling di Indonesia, menciptakan kepopulerannya semakin terangkat.

ini beliau curug benowo. foto : @baguss_dw

Nah, untuk hingga sanggup hingga ke lokasi air terjun, terutama Curug Lawe, dari tempat parkir kita masih harus berjalan kaki sekitar 1 jam dengan jalur yang cukup praktis namun tetap menciptakan lelah, terlebih lagi di beberapa penggalan jalur juga rawan longsor, jadi kau harus berhati-hati.

Selama perjalanan kita akan melihat suasana alam lereng gunung Ungaran dengan banyaknya hewan-hewan liar menyerupai burung, laba-laba dan bahkan kalau beruntung kita juga sanggup melihat lutung.

Di perjalanan kita akan melewati sebuah jembatan yang sudah cukup terkenal berjulukan Jembatan Romantis, lokasi inilah yang sering dijadikan spot foto oleh pengunjung.

Setelah sekitar setengah jam berjalan kaki kita akan melihat persimpangan jalan antara Curug Lawe dan Curug Benowo, kalau ke kiri menuju Curug Benowo dan ke kanan menuju Curug Lawe, tinggal pilih sesukamu saja, namun disarankan kalau waktumu terbatas lebih baik berkunjung ke Curug Lawe saja.

Selama perjalanan kita akan menemukan warung, tapi kalau kau tiba terlambat sanggup jadi warung-warung tersebut sudah tutup, jadi pastikan kau membawa perbekalan menyerupai air minum supaya tidak kehausan.

Waktu maksimal bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata Curug Lawe dan Curug Benowo yaitu jam 3 sore, sehabis itu wisatawan dihentikan berkunjung ke jeram lagi.

Bukan tanpa alasan, sebab suasana jeram yang masih alami jadi sehabis terlewat jam 5 jalan akan cukup gelap, namun apabila kau tiba jam 3 kau masih boleh masuk kok, kau juga boleh keluar jam 4.

baca juga :

Jam Buka :
Pagi-15:00 WIB

Akomodasi (Penginapan)
Sejauh ini belum terdapat penginapan di bersahabat wisata Curug Lawe Kalisidi, bagi kau yang ingin menginap, kau sanggup mencarinya di sekitar Alun Alun Ungaran.

Lokasi :

• Alamat ; Desa Kalisidi (Gunung Pati), Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
  • 21 km dari sentra Kota Semarang (51 menit)
  • 23 km dari Stasiun Poncol (53 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh kalau tidak ada kendala)

Rute Menuju Curug Lawe dan Curug Benowo

Akses menuju tempat wisata Curug Lawe sanggup dibilang susah-susah gampang, kau sanggup mengikuti rute dibawah ini :

#Dari Arah Kota Semarang dan UNNES
Jika kau dari sentra kota Semarang, kau sanggup mengambil jalur menuju arah UNNES (Universitas Negeri Semarang), sempurna sebelum UNNES terdapat pertigaan, ambilah jalan kekiri dan ikuti jalan tersebut hingga menemukan pertigaan lagi.

Setelah kau menemukan pertigaan lagi, ambilah jalan kekanan, ikuti saja jalan tersebut hingga kau menemukan pertigaan lagi, ambil arah kiri, tetap ikuti jalan hingga kau menemukan pertigaan dengan jalur menurun, dari situ silahkan belok ke kanan (arah Boja) sempurna beberapa meter terdapat gapura di kiri jalan.

Silahkan masuk ke gapura tersebut dan ikuti jalan hingga kau hingga di lokasi Curug Lawe, damai sebab sudah terdapat beberapa papan petunjuk jalan, kalau kau takut tersesat sanggup bertanya ke warga sekitar.

#Dari Arah Alun Alun Ungaran
Jika kau dari arah Alun Alun Ungaran, kau sanggup menuju ke arah Mapangan melalui jalan yang mengarah ke Boja. Setelah hingga di Boja, kau akan menemukan persimpangan, ambil jalan ke kiri menuju Desa Sumur Gunung.

Silahkan ikuti jalan tersebut hingga kau menemukan pertigaan lagi, dari situ ambil jalan ke arah perkebunan teh Zanzibar hingga kau menemukan pertigaan lagi, nah, dari pertigaan ini kau belok kiri dan ikuti jalan hingga hingga di lokasi.

Tips Saat Berlibur ke Curug Lawe :

• Jika kau menyukai suasana sepi, datanglah ketika hari biasa dan datanglah mepet jam tutup sekitar jam 3 sore, kau sanggup menikmati jeram tersebut sepuasnya, namun sayangnya kau tidak sanggup menikmati kedua jeram sebab terbatasnya waktu, pilihlah antara Curug Lawe dan Curug Benowo.
  • Gunakanlah bantalan kaki yang nyaman untuk acara outdoor sebab jalur cukup licin.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, dan selalu hati hati sebab jalur terletak di sebelah jurang.
  • Sangat disarankan untuk memakai kendaraan pribadi, terutama motor.
  • Jangan lupa membawa baju ganti untuk berjaga jaga.

Lihat peta cara menuju ke curug lawe

Wisata Terdekat dari Curug Lawe dan Curug Benowo (- 1 Jam):

Watu Gunung (16 menit)
Watu Gunung merupakan salah satu wisata yang cukup terkenal di Ungaran, Watu Gunung memperlihatkan wisata alam dengan suasana tradisional khas Jawa.